Tempat Wisata Favorit di Kota Makassar dan Sekitarnya

Bismillahirrahmanirrahim

Tempat Wisata Favorit di Kota Makassar dan Sekitarnya
Balik Kampung ... Oh .. Oh ... Balik Kampung

Heheheh ... entah kenapa beberapa postingan terakhir-terakhir ini saya suka menjadikan part lagu sebagai opening tulisan. Ada yang tau itu dari lagu apa? Yups ... Lagunya si Upin dan Ipin, hehehe. Saya adalah orang Makassar sedangkan Pak Suami adalah orang Gowa, Alhamdulillah sejak tahun 2015 yang lalu, saya menjadi perantau di Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat, sejak menikah Pak Suami juga akhirnya ikut merantau bersama saya di Mamasa.

Biasanya kami baru pulang kampung---mudik, jika ada acara keluarga, atau orang tua sakit atau jika sedang ada urusan di Makassar, dan yang pasti momen yang paling utama untuk kami mudik adalah di momen liburan Idul Fitri, untuk Idul Adha sendiri kami baru akan mudik kalau jadwal libur panjang bertepatan dengan Idul Adha, mengingat biasanya libur Idul Adha hanya berlangsung singkat.

Momen mudik saat liburan idul fitri yang panjang seperti sekarang ini---kami baru akan balik ke Mamasa di tanggal 15 April---biasanya kami jadikan sebagai momen yang tepat untuk berwisata bersama keluarga besar di Makassar dan Gowa. Ada banyak destinasi wisata yang biasanya menjadi destinasi wisata favorit keluarga kami.

Tempat Wisata Favorit di Kota Makassar

Mungkin karena kami berdomisili di Kabupaten Mamasa yang notabene adalah daerah pegunungan dan tidak ada pantai barang sebiji, maka saat kami pulang kampung ke Makassar, hal yang paling pertama untuk kami jadikan destinasi wisata adalah pantainya, heheheh. Anak-anak bahkan seringkali menagih untuk bisa berenang di pantai.

Pantai Losari

pantai losari
Duo SAF Berpose di salah satu spot foto Pantai Losari | Sumber: Pribadi

Landmark dari Kota Makassar adalah pantai losari, dan ini memang menjadi salah satu tujuan wisata kami sekeluarga jika sedang berada di Makassar. Pantai losari adalah tempat yang tepat jika kami ingin menghirup udara laut dan ingin memanjakan mata dengan pemandagan pantai yang indah. Ada banyak spot foto yang instragramable yang bisa dijadikan tempat untuk mengukir kenangan, hehehe.

Pantai Angin Mammiri

Pantai angin mammiri
SAF Family di Pantai Angin Mammiri | Sumber: Pribadi

Dasar anak gunung, maka tujuan wisatanya rata-rata yah pantai, hehehe. Tujuan destinasi kedua yang kami datangi jika anak-anak ingin berenang di lautan adalah pantai anggin mammiri. Tempat wisata ini tidak jauh dari pantai losari dan tempatnya lumayan ramai dengan tiket masuk yang lumayan murah yaitu hanya sekitar Rp.2000/motor dan Rp.5000/mobil. Hanya saja seringkali pantai ini sedikit kotor oleh sampah dari para pengunjung, hehehe.

Playground untuk Duo SAF (Kakak Fatih dan Adek Fayyad)

Bermain di Play 'N' Learn Mall Ratu Indah Makassar

Saya tidak tahu, apakah playgorund termasuk tempat wisata atau tidak, tapi saya ingin memasukkannya disini karena setiap ke Makassar kami pasti akan membawa anak-anak kesini, hehehe. Playground ini menjadi salah satu list andalan Duo SAF untuk berwisata ala mereka. Tidak lengkap rasanya jika kita ke Makassar tanpa menginjakkan kaki di playground---playground yang biasa kami kunjungi adalah playground yang ada di Ramayanana atau pernah kami juga ke Play N Learn Mall Rau Indah Makassar.

Tempat Wisata Favorit di Kabupaten Gowa

Wisata Kebun Gowa

Wisata kebun gowa
Duo SAF berfoto bersama Dato' di salah satu spot foto Wisata Kebun Gowa | Sumber: Pribadi

Salah satu tempat yang sering kami jadikan tempat wisata di Kabupetan Gowa adalah Wisata Kebun---jadi wisata kebun adalah tempat wisata berbasis kebun buah tetapi punya banyak kolam renang yang biasanya menjadi favorit anak-anak, selain kolam renang dengan berbagai fasilitasnya ada juga tempat bermain seperti mini roolel coaster, mobil-mobilan, kereta mini, dll. Juga ada banyak spot foto di tengah kebun yang sangat instragramable buat si pecinta foto yang ingin merekam kenangan.

wisata kebun gowa
Salah satu kolam renang di wisata kebun Gowa | Sumber: Pribadi

Malino Kota Bunga

malino kota bunga
Malino Kota Bunga | Sumber: Pribadi

Salah satu tempat wisata yang sangat populer di Kabupaten Gowa adalah Malino. Malino sendiri adalah tempat di kabupaten Gowa yang berada di dataran tinggi aka pegunungan jadi mempunyai udara yang sejuk. Ada banyak tempat wisata di sana seperti air terjun, kebun teh, hutan pinus, dll. Sayangnya anak-anak tidak terlalu antusias saat dibawa ke Malino karena suasananya yang sama persis dengan tempat tinggal kami di Mamasa, sekali lagi dasar si anak gunung, heheh.

Puncak Bollangi

puncak bollangi
Duo SAF Berpose di Puncak Bollangi Kabupaten Gowa | Sumber: Pribadi

Puncak Bollangi ini sering kali disebut sebagai Raja Ampatnya Kabupaten Gowa karena menyajikan pemandangan yang sangat luar bisa indah seperti pemandangan di Raja Ampat Papua. 

Wisata Literasi ala SAF Family

Satu lagi yang tidak pernah absen dari agenda wisata keluarga kami adalah wisata literasi di beberapa perpustakaan yang ada di Makassar dan Gowa.

Perpustakaan Ibu dan Anak

perpustakaan ibu dan anak
Perpustakaan Ibu dan Anak | Sumber: Pribadi

Perpustakaan ibu dan anak ini berada di Kota Makassar tepatnya di Jln. Lanto dg Pasewang di samping hotel Sahid Makassar. Ini adalah perpustaakan ibu dan anak pertama yang ada di Indonesia dan memang tempatnya sangat luar biasa nyaman untuk ibu dan anak-anak, karena tidak hanya menyediakan buku-buku layaknya perpustakaan umum tetapi juga menyediakan banyak permainan seperti boneka, lego, ayunan, seluncuran, dll yang membuat anak-anak betah berada di dalam perpustakaan.

Pespustakaan Daerah Kabupaten Gowa

Berkunjung ke Gedung Layanan Perpustakaan Umum Kab Gowa

Satu lagi destinasi wisata literasi kami saat pulang kampung ke Gowa adalah Perpustakaan Daerah Kabupatan Gowa yang juga ramah anak, karena disediakan satu ruangan khusus untuk anak-anak dengan dilengkapi oleh buku-buku anak, aneka permainan yang sangat disenangi anak dan juga tempat yang nyaman untuk orang tua yang ingin mendampingi anak-anak di perpustakaan.

Penutup

Sebenarnya masih ada banyak tempat wisata yang menarik yang ada di Kota Makassar dan Kabupatan Gowa seperti Gowa Discovery Park,  Bugis Water Park, Pantai Akkarena, dll. Sayangnya kami belum pernah mengunjungi tempat tersebut, sehingga saya tidak bisa menuliskannya disini, heheheh. Doakan saya punya banyak rezeki sehingga bisa menjajal berbagai destinasi wisata di kampung halaman saya di Makassar dan Gowa, Aamiin.

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕