Perpustakaan Ibu dan Anak Pertama di Indonesia

Bismillahirrahmanirrahim

Mengunjungi Perpustakaan Pertama di Indonesia

Salah satu upaya yang bisa dilakukan orang tua dalam meningkatkan minat baca anak selain dengan menyediakan bahan bacaan/buku di rumah adalah dengan memperkenalkan perpustakaan kepada mereka. Salah satu perpustakaan ramah anak yang ada di Makassar adalah Perpustakaan Ibu dan Anak yang beralamat di Jl. Lanto dg pasewang no 1, disamping hotel Sahid Makassar. Dan dari informasi yang saya baca perpustakaan ini adalah perpustakaan ibu dan anak pertama di Indonesia.


Perpustakaan ini mulai beroperasi pada tanggal 18 Desember 2020 yang lalu. Buka setiap hari Senin-Jum'at dari jam 08.00-16.00 WITA. Saya sendiri berdomisili di Kab Mamasa Sulawesi Barat, lalu pada kepulangan saya ke Makassar beberapa bulan yang lalu saya menyempatkan diri dan anak-anak saya mengunjungi perpustakaan ramah anak ini.

Pertama kali membuka pintunya, kita di sambut ramah sama pustakawannya dan menuntun kami untuk mengisi buku tamu dalam komputer yang ada disamping kanan pintu masuk. 

Perpustakaan Ibu dan Anak

Setelah mengisi buku tamu, saya, suami dan anak-anak menitipkan tas di tempat penitipan yang ada. Lalu anak-anak dengan semangat masuk kedalam ruang perputakaan yang lebih seperti taman bermain anak.
Anak-anak pasti akan betah sekali disini, pertama kali yang diserbu oleh anak-anak saya adalah beragam permainan yang ada dalam perpustakaan ini, segala macamnya mereka coba mulai dari permainan puzzle hingga seluncurannya. Ada banyak jenis permainan dalam perpustakaan ini mulai dari seluncuran, mini rock climbing, trampolin, alat musik, dll. 

Lalu rak-rak buku disini dirancang dengan bentuk yang lucu, seperti bentuk jerapah dan gajah. Adapun buku-bukunya sangat bervariasi, mulai dari buku hard cover yang cocok untuk anak balita, hingga ensiklopedi untuk anak sekolah dasar. Ragam bacaannya juga banyak mulai dari buku anak islami hingga buku sains dan buku berbahasa inggris.

Salah satu rak buku dalam perpustakaan

Lalu untuk ibunya juga disediakan banyak jenis bacaan dari Al-Qur'an hingga novel. Pokoknya perpustakaan ini adalah paket lengkap perpustakaan sesuai dengan namanya Perpustakaan Ibu dan Anak, jadi bukan cuma memanjakan anak-anak tetapi juga memanjakan ibunya. Sambil menemani anak main dan membaca ibunya juga bisa metime dengan bacaan berkualitas. 

Setelah puas bermain, anak-anak mulai tertarik dengan buku-buku yang ada perpustakaan ini. Mereka mulai bereksplorasi dengan buku. Memilih banyak buku, walaupun mereka belum mampu membaca tetapi mereka tertarik dengan gambar yang ada dalam buku yang mereka pilih.

Beberapa buku dalam perpustakaan

Perpustakaan ini memberi ruang kepada anak-anak untuk bebas bermain dan dekat dengan buku. Dengan segala jenis buku yang ada disini membebaskan anak untuk memilih buku yang menarik perhatian mereka. Tenang saja anak-anak tidak harus dapat membaca untuk masuk kedalam perpustakaan ini. 

Perpustakaan ini selain nyaman untuk ibu dan anak juga memberi ruang kebebasan kepada anak dengan bermain sambil belajar. Pantaslah jika perpustakaan ini sejak dibuka menjadi primadona baru ibu-ibu di Kota Makassar. 

Sudah tempatnya nyaman, seperti tempat bermain, penuh buku bermanfaat yang bikin anak-anak pintar, gratis pula. Masyaa Allah, terima kasih kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan yang telah menyediakan perpustakaan ini.

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕