Berkunjung ke Gedung Layanan Perpustakaan Umum Kab Gowa

Bismillahirrahmanirrahim

Berkunjung ke Gedung Layanan Perpustakaan Umum Kab Gowa

Salah satu upaya kami untuk meningkatkan minat baca sekaligus ketertarikan anak-anak pada dunia literasi adalah dengan mengenalkan mereka pada tempat dimana ilmu itu berada, salah satunya adalah dengan mengenalkan mereka pada perpustakaan dengan bersama-sama mengunjungi gedung perpustakaan.

Setelah pada bulan November yang lalu, kami mengajak D SAF--kedua anak kami ke Perpustakaan Ibu dan Anak yang berada di Kota Makassar, kali ini kami membawa anak-anak ke Perpustakaan Umum Kab Gowa. Perpustakaan ini berada di pusat Kabupaten Gowa, di sekitar kantor daerah dan pusat perkantoran lainnya.

Dari luar gedung perpustakaan ini sangatlah estetik dengan nuansa warna coklat bata yang kental. Gedung ini diresmikan pada bulan November 2022 kemarin dan diresmikan langsung oleh Bapak Bupati Gowa. Perpustakaan ini terdiri atas 4 lantai, dimana lantai pertama digunakan sebagai lahan parkir dan pertemuan, lantai kedua merupakan lantai utama perpustakaan dengan koleksi bahan pustaka, layanan keanggotaan perpus dan internet publik, lantai tiga terdiri dari ruang baca anak dan teras baca, sedangkan lantai ke-empat terdiri atas rooftop untuk bersantai--yang sayangnya waktu kami kesana lantai empatnya tidak boleh diakses karena dilantai tersebut sering dijadikan tempat anak muda untuk berpacaran dan menggunakan wifi perpustakaan untuk memainkan game online.

Kunjungan SAF Family ke Perpustakaan Umum Kab Gowa

SAF Family sendiri adalah sebutan untuk keluarga kami, hehehe. Jadi pada hari Jum'at tanggal 28 April 2023 kemarin, kami sekeluarga--Saya, Abah, Kk Fatih dan Adek Fayyad, menyempatkan untuk mengunjungi salah satu perpustakaan di Kab Gowa ini. Kami sampai di perpustakaan sekitar pukul 10.00 WITA, lalu langsung naik lantai dua dimana koleksi buku berada. 

Saat sampai, seperti pada perpustkaan lainnya, kami diarahkan untuk mengisi buku tamu melalui komputer di perpustakaan tersebut lalu menaruh semua barang-barang  yang kami bawa di loker yang disediakan oleh pihak perpustakaan--kebetulan saat itu kami membawa banyak barang karena dari perpustakaan tersebut kami berencana untuk langsung ke rumah neneknya anak-anak untuk menginap.

Saat sampai kami sudah mendapati beberapa pengunjung tengah asik dengan bukunya masing-masing pada tempat yang disediakan oleh perpustakaan di lantai dua ini, tempatnya berupa anak tangga besar dengan masing-masing memiliki meja untuk belajar--penggunaan meja ini dengan lesehan.

Perpustakaan Umum Kab Gowa

Karena kami membawa anak-anak, jadi kami langsung beralih ke lantai tiga yang memang di peruntukkan untuk ruang baca anak, ternayata saat itu ruang baca anak sedang sangat ramai karena kunjungan dari salah satu TK yang ada di Kab Gowa. 

Di ruang baca anak ini, Kk Fatih yang memang sedang semangat untuk belajar membaca mengambil beberapa buku bacaan dan kami mengajarkannya untuk membaca buku tersebut. Setelah puas membaca--mungkin bisa dikatakan bosan membaca, wkwkwk, anak-anak kami tertarik dengan mainan yang juga disediakan di perpustakaan ini, dan mainan yang paling membuat D SAF--kedua anak kami tertarik adalah mainan kuda lumpingnya.

Perpustakaan Umum Kab Gowa

Saya sendiri setelah anak-anak asyik bermain, mulai menjelajah setiap sudut dari perpustakaan tersebut dan mendokumentasikannya, karena saya memang berniat untuk memasukkan menjadi salah satu tulisan di blog ini, hehehe. 

Ruang Multimedia Perpustakaan Umum Kab Gowa
Ruang Multimedia Perpustakaan Umum Kab Gowa

Setelah puas menjelajah dan mendokumentasikan, saya akhirnya memilih satu buah buku yang berjudul "Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat" untuk dibaca di teras baca perpustakaan ini. Saya larut dalam bacaan hingga Masjid Raya Gowa yang berada di sekitar perpustakaan berbunyi yang menandakan waktu kami untuk segera pulang karena suami hendak melaksanakan sholat Jum'at.

Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat
Buku yang saya baca di Perpustakaan Umum Kab Gowa


Kesan Kami Setelah Mengunjungi Perpustakaan Umum Kab Gowa

Perpustakaannya sangat bersih dan layanan perpustakaannya sangat lengkap, sayangnya saya tidak bisa menjadi anggota perpustakaan karena salah satu syarat untuk menjadi anggota perpustakaan adalah menjadi penduduk kab Gowa dibuktikan dengan KTP Gowa atau setidaknya berdomisi di Kab Gowa--dan saya tidak memenuhi kedua persyaratan tersebut karena KTP dan domisili saya keduanya di Kab Mamasa, huhuhu.

Ruang baca anaknya juga lumayan bagus, walau permainannya tidak selengkap yang ada di Perpustakaan Ibu dan Anak--karena memang perpustakaan ini adalah perpustakaan umum. Tapi so far perpustaakaan ini tetap ramah anak, dan anak-anak kami tetap nyaman berada berlama-lama di perpustakaan ini. Satu hal lagi yang hampir lupa untuk kusampaikan adalah adanya wifi gratis untuk pengungjung perpustakaan ini, sayangnya wifinya tidak terlalu menjangkau ke bagian ruang baca anak, heheheh. Next time jika kami kembali ke Makassar, Insyaa Allah kami akan mengagendakan kembali untuk berkunjung ke perpustakaan keren ini.

Salam Literasi

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕