Skin Aqua UV Whitening Milk: Sunscreen yang Merawat dan Melindungi Kulit

Bismillahirrahmanirrahim

Skin Aqua UV Whitening Milk: Sunscreen yang Merawat dan Melindungi Kulit

Satu hal yang paling saya sesali di masa remaja adalah saya belum mengetahui ilmu tentang pentingnya penggunaan sunscreen untuk kesehatan kulit, sehingga di usia 30 tahun sekarang ini kulit wajah saya memiliki noda hitam yang sangat sulit untuk dihilangkan.

Saya sendiri baru mulai rutin menggunakan sunscreen di tahun 2019 yang lalu, saat itu usia saya sudah menginjak 26 tahun, usia yang sangat terlambat untuk mulai rutin menggunakan sunscreen, tapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, heheheh. 

Setalah beberapa kali mencari sunscreen yang sekiranya cocok untuk kulit saya--sempat beberapa kali berganti-ganti sunscreen, akhirnya sejak tahun 2021 kemarin saya memantapkan hati dengan sunscreen dari Rohto yaitu Skin Aqua. Varian Skin Aqua pertama yang saya gunakan yaitu Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++. Lalu sejak tahun lalu saya akhirnya memutuskan untuk beralih ke Skin Aqua Whitening Milk SPF 50 PA++++.

Pentingnya Penggunaan Sunscreen Untuk Kulit

Sebelum saya membahas mengenai suncreen Skin Aqua ini, ada baiknya jika kita tahu terlebih dahulu mengapa kita sebaiknya merutinkan penggunaan sunscreen. Penggunaan sunscreen untuk kulit kita sangatlah penting untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari yang dapat merusak kulit dan menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti penuaan dini, kanker kulit, noda hitam pada wajah dan kerusakan pada sel-sel kulit. Adapun alasan mengapa sunscreen sangat penting untuk kulit kita adalah:

Melindungi Kulit dari Sinar UV

Sinar UV dari matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit yang serius, seperti kulit yang terbakar dan penuaan dini. Merutinkan penggunaan sunscreen dapat melindungi kulit dari efek buruk sinar UV.

Mencegah Kanker Kulit

Paparan sinar UV yang berlebihan dapat menyebabkan kanker kulit. Dengan menggunakan sunscreen secara teratur dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker kulit.

Mencegah Penuaan Dini

Serinngnya kulit terkenan paparan sinar UV dapat menyebabkan kerusakan pada kulit yang dapat menyebabkan penuaan dini. Dengan menggunakan sunscreen secara teratur kulit kita dapat terlihat lebih muda dan sehat.

Mencegah Noda Hitam

Paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan noda hitam pada kulit, dan jika noda hitam ini sudah timbul akan sangat susah untuk menghilangkannya, dengan rutin menggunakan sunscreen dapat membantu kita mencegah noda hitam muncul pada wajah kita.

Kandungan Pada Sunscreen Skin Aqua UV Whitening Milk SPF 50 PA++++

  • Improved Hyaluronic Acid (AcHA): Yang mampu meningkatkan hidrasi kulit lebih tinggi dibanding Hyalurnic (HA) biasa.
  • Tranexamic Acid: Mampu mencerahkan warna kulit.
  • SPF 50: Perlindungan 50x lebih lama terhadap sinar UV-B yang dapat menyebabkan kulit merah karena terbakar sinar matahari dibanding kulit yang tidak terlindungi.
  • PA++++: Perlindungan optimal terhadap sinar UV-A yang dapat menyebabkan penuaan dini yang menimbulkan kerutan halus, noda hitam dan penggelapan warna kulit.
  • Water Based Formula: Sehingga tidak lengket dan dapat cepat meresap sehingga terasa ringan di kulit.
  • Kelebihan Lainnya: Sunscreen ini tidak menambahkan pewarna dan parfum sehingga sangat aman untuk kulit yang sensitif, selain itu sunscreen ini juga dapat digunakan sebagai dasar make up dan sangat cocok dengan kulit orang Asia.

Cara Pakai Sunscreen Skin Aqua UV Whitening Milk SPF 50 PA++++

  1. Bersihkan wajah dengan sabun wajah, kemudian keringkan. Kocok terlebih dahulu sebelum dipakai. Tuangkan sunscreen pada tangan--sebanyak 2 jari, kemudian aplikasikan pada wajah secara lembut hingga merepak. Setelah itu baru deh kita gunakan make up seperti biasa.
  2. Reaply kembali sunscreen tiap 2 hingga 3 jam sekali untuk hasil perlindungan yang optimal.

Review Pribadi Setelah Penggunaan Kurang Lebih Setahun

Seperti yang saya jelaskan diatas, bahwa saya sudah menggunakan sunscreen ini selama kurang lebih setahun. Dan sejauh ini--setelah gonta ganti sunscreen, ini adalah sunscreen teringan yang pernah saya gunakan--berasa tidak menggunakan suncreen karena teksturnya yang seperti krim wajah.

Suncreen Skin Aqua
Tekstur ringan seperti air yang cepat meresap dan gampang di blend pada wajah

Tekstur dari sunscreen ini sangat ringan, mungkin karena sunscreen ini water based formula, sehingga sangat mudah di aplikasikan dan cepat meresap pada kulit wajah, selain itu juga tidak menimbulkan rasa panas pada kulit dan tidak membuat wajah kelihatan berminya--karena ada beberaoa sunscreen yang pernah saya gunakan yang apabila telah diaplikasikan pada kulit jadinya wajah seperti kilang minyak, heheheh. Sejauh ini sunscreen Skin Aqua ini adalah sunscreen terbaik yang pernah saya gunakan.

Penutup

Jadi, menggunakan sunscreen ini sangat penting setiap kali kita keluar rumah, terutama saat berada di luar ruangan atau melakukan aktivitas di bawah sinar matahari selama lebih dari 30 menit. Bahkan pada beberapa literatur mengatakan bahwa penggunaan sunscreen ini juga sangat penting walau kita hanya berada dalam ruangan karena sinar UV juga dapat merambat sampai kedalam ruangan walau dalam ruangan tersebut tidak terpapar sinar matahari. 

Dan satu hal lagi, sebaiknya kita juga rutin mere-aplay kembali sunscreen yang kita gunakan, sebaiknya kita rutin re-aply tiap 2-3 jam sekali. Pastikan juga kita memilih sunscreen yang benar0benar cocok dengan jenis kulit yang kita miliki.

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕