Every Child Is Spesial

40 comments
Bismillahirrahmanirrahim

Berawal dari melihat dan membaca postingan dari Mbak Cii' Yuniaty, yang lagi Nobar salah satu Film india yang judulnya TAARE ZAMIEEN PAR (Every Child is Spesial) Aku sendiri belum pernah nonton filmnya, tapi aku tertarik sama judulnya "Every Child Is Spesial". Sampai beberapa hari ini kalimat itu tanpa sadar selalu terlontar dari mulutku, entah kenapa aku seperti terhipnotis dengan kalimat itu ^^

Every Child Is Spesial

Kalau teman- teman mendengar kalimat ini apa yang ada dalam pikiran teman- teman? Aku yakin pikiran kita sama. Setiap Anak itu terlahir dengan bakat dan kemampuan mereka masing- masing. Akan salah jika kita berpikir setiap anak itu sama baik dari segi intelektual, psikomotor dan juga afektifnya (Bukan Cuma Anak, tapi semua orang pun begitu, tapi kali ini aku membahas tentang anak- anak)

Terkadang, seseorang baik itu guru maupun orang tua anak itu sendiri belum mengerti betul tentang kemampuan yang dimilki anak, tentang pola pemikiran seorang anak, sehingga pendidikan yang diterapkan juga akan sedikit salah, dan alih- alih mengembangkan potensi anak malah membuat anak jadi lebih terpojok.

Setiap anak itu berbeda, mungkin ada yang jago dalam hal matematika, yang lain belum tentu bisa... nah jangan langsung menjudge anak sebagai anak yang bodoh, mungkin saja keahliannya ada di bidang lain, sisa tugasnya kita sebagai orang yang lebih paham untuk menggali dan melihat kemampuan yang dimilki oleh anak tersebut. Kasian kan anaknya kalau dikatakan bodoh? bisa drop nanti jiwa dan semangatnya. Kalau ada yang punya definisi lain, boleh yah bagi ilmunya.

Every Child Is Spesial

NOTE :
Untuk Mbak Cii, makasih yah atas postingannya yang menginspirasi diriku. Doakan yah semoga Fitrah juga bisa menjadi Guru yang Propesional beberapa tahun kedepan. Aamiin.
Fitrah Alimuddin
Seorang Istri, Ibu dan Pendidik yang akan senantiasa belajar.

Related Posts

40 comments

  1. ehmm....kupas tuntas disini tow... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kupas tuntas??
      Bukan mba'e ^^
      Ini ma cuma mengeluarkan opini saja :)

      Delete
    2. opini yg sangat bagus.....^^
      stiap anak punya potensi masing2...tinggal ortunya sadar/ga pd potensi anaknya tsb.

      ayo tonton film'y.....hihihi :D

      Delete
  2. betul sekali... >.<
    jangan langsung men"judge" anak.
    Karakter itu bisa dibentuk kok. :p tentu dengan pengaruh ortu dan lingkungan.

    ReplyDelete
  3. Iya hihi,
    masing-masing anak pasti ada potensinya masing2 :D

    ReplyDelete
  4. setiap anak memang unik, spesial ... jadi jangan pernah memperbandingkan mereka, memaksa jadi sama ;)

    ReplyDelete
  5. ..every children are born geniouses..

    ReplyDelete
  6. semua anak terlahir dalam keadaan bersih, tergantung orang tua dan lingkungan yang membentuknya, mau jadi majusi, nasrani, yaahudi, orang tua yang bertanggung jawab

    ReplyDelete
  7. sepakat! namanya juga anak-anak, perlu bimbingan dan arahan. dituntut sebuah kesabaran dalam mendidik anak!

    ReplyDelete
  8. Setiap anak terlihat spesial karena memiliki bakat yg berbeda2. Mengenali bakat dan memberikan support penuh adalah tanggung jawab orang tua. Dan, meskipun orang tua selalu mengatakan bahwa mereka tidak pilih kasih, tetap saja anak yang terlihat lebih menonjol dlm suatu bidang akan mendapat lebih banyak perhatian. Itu yang belum disadari banyak orang tua bahwa setiap anaknya memiliki keistimewaan dan rasa spesial yang berbeda2 :)

    ReplyDelete
  9. setuju banget, every child is special! every child has strength and weakness. Tinggal bagaimana si orang tua terutama mencoba semakin menguatkan si kekuatan/kelebihan tadi dan mengusahakan agar 'kelemahan/kekurangan bisa diperbaiki atau jika tak bisa optimal ya dipahami dan dimengerti tanpa harus menjudge si anak memang lemah, karena tindakan spt itu justru akan menjatuhkan mental si anak....

    ReplyDelete
  10. iya emang setiap anak itu adalah spesial, yang sepesial. dia tuh ga pernah membedakan, mau orantuanya kaya ataupun miskin, namanya anak anak ketawa aja... ga pernah dia murung, itu baru satu sisi. di sisi lain, munkin filem itu lebih bisa menyampaikan pesan daripada saya.

    ReplyDelete
  11. stiap anak punya potensi masing2 kalau ortunya gk dukung sama ajh :D, kebanyakan ank yg sukses ank yg ngeyel walau ortu gk mendukung dia sikat terus hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi, doa orang tua juga perlu loh....
      Aku yakin, kalau orang tua yang berdoa insya Allah doanya akan terijabah...
      Sisa, tugas dari anaknya, bagaimna caranya agar orang tuanya bisa mengerti apa yang dia cita- citakan, tentunya dengan cara yang baik ^^

      :: Terima kasih telah berkunjung ::

      Delete
  12. setiap pribadi memang unik :)
    banyak-banyak bersyukur ^^

    ReplyDelete
  13. wah, aku tadinya mau postingan yg ini ttg disleksia kan? yg susah dalam mmembaca?

    aku nnton kok filmnya, yg jadi Amir khan. kerenz deh aku sampe nangis. Pokoknya filmnya beda dari india2 yg ada jogedannya.

    ketika aliran berdeguk berbuih tertawa, itu kata2 yg bagus dilagunya, pengen seh bagi2 filmnya, cuma caranya pie? aku gak tw itu jga dapat dri temn hhee... pokoknya bgus..
    mengajrkan kpda ortudan smwnya agar bisa membuka mata..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya membuka mata atas semua potensi yang dimilki sama anaknya ^^

      Delete
  14. oia,gurunya cakep bgd,,, mringis sambil mlongo..

    Amir khan drdulu ampe skrnag gak keliatan tua, ttep deh suka hihii...
    ngebayangin dlu klo aku segede ini diajar guru yg cakep kayak dia.. huhhuhuuuuhuhuu... dasar hi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi....betul pdhl umur amir khan skrg 48th...tp ttp aja keliatan muda....^^

      Peran Pak Ram cocok banget bwt amir khan....salut^^

      Delete
    2. 48 tahun?? Lebih tua dari mamaku :)
      bisa jadi bapakku kayaknya dia ... hehehe... ^^

      Delete
  15. wah, aku tadinya mau postingan yg ini ttg disleksia kan? yg susah dalam mmembaca?

    aku nnton kok filmnya, yg jadi Amir khan. kerenz deh aku sampe nangis. Pokoknya filmnya beda dari india2 yg ada jogedannya.

    ketika aliran berdeguk berbuih tertawa, itu kata2 yg bagus dilagunya, pengen seh bagi2 filmnya, cuma caranya pie? aku gak tw itu jga dapat dri temn hhee... pokoknya bgus..
    mengajrkan kpda ortudan smwnya agar bisa membuka mata..

    ReplyDelete
  16. Hoo baru tau ada filmnya hehe. Tapi setuju banget kalau setiap anak (& setiap orang) itu spesial. Bakat & minat anak kan beda-beda, yang kurang minat & bakat di matematik mungkin minat & bakatnya di seni atau yang lain. Hmm... jadi inget multiple intelligence :)

    ReplyDelete
  17. Kunjungan spesial untuk postingan spesial "Every child is special"

    Profesi Guru adalah profesi yang tidak boleh berhenti untuk belajar. Mengajar dan belajar dua hal yang tidak bisa dipisahkan bagi seorang pendidik.

    So... Selalu bersemangat untuk mewujudkan impiannya menjadi pendidik profesional. SEMANGAAAAT!!!

    Lam kenal ya ^_____^

    ReplyDelete
    Replies
    1. :)
      Jadi terharu.... di kunjungi sama mbak Cici...

      Insya Allah Mbak... ^^

      Semangaaaaat!!!!

      Aduh, senangnya :)

      Delete
  18. Wahhh.. mba suka nonton film idia yah...

    Bener banget ba, pikiranku denganmu sama :)

    ReplyDelete
  19. Postingan Mbak menginspirasi postinganku yang ini hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, sudah baca ^^
      di tunggu yah mbak postingan selanjutnya :)

      Delete

Post a Comment