Kaleidoskop 2022 dan Menyusun Resolusi 2023

Bismillahirrahmanirrahim

Kaleidoskop 2022 dan Menyusun Resolusi 2023


Tahun 2022 akan segera berakhir, tak lama lagi kita telah menyambut tahun yang baru, tahun 2023. Bagaimana refleksi akhir tahunmu? Adakah resolusimu di tahun 2022 telah berjalan dengan baik?

Saya sendiri merasa kalau tahun ini berjalan sangat cepat. Perasaan kita baru saja berada di bulan Januari ehh ... tiba-tiba tahun ini sudah mau berakhir. hikss... time flies so fast.  

Kaleidoskop

Sebelum mengakhiri tahun ini, ada baiknya kita membuat daftar kaleidoskop kehidupan kita di satu tahun belakang ini. Adalah moment yang spesial yang terjadi di tahun ini? Ada tidak kejadian yang mengubah hidup kita baik secara emosional maupun secara fisik?. Tuliskan semuanya, rangkum semuanya dalam satu kaleidoskop tersendiri, kaleidoskop tahun 2022. 

Kaleidoskop Tahun 2022

Kaleidoskop 2022

Sebagai Ibu Rumah Tangga

Tahun ini tidak banyak momen spesial yang terjadi, tidak ada masa kehamilan dan menyusui seperti tahun sebelumnya, hehehe. Tahun ini saya menikmati peran saya sebagai ibu dari 2 balita yang sedang aktif-aktifnya. Menikmati riwehnya rumah dengan teriakan anak-anak yang sedang berebut mainan, tidak mau makan, dll, wkwkwk .... Masyaa Allah D SAFku yang membawa kebahagiaan bagi saya.

Di bulan November kemarin saya sempat menitipkan anak-anak di Makassar sementara saya dan suami di Mamasa. Satu bulan masa yang menyedihkan bagi kami karena tidak bisa berkumpul dengan mereka, tapi Alhamdulillah moment LDR dengan anak hanya berlangsung selama 1 bulan saja, saya tidak bisa lagi untuk berpisah dari D SAF.

Sebagai Guru Kelas

Selain itu, kesibukan saya masih sama yaitu mengajar di SDN 003 Balla, tapi di bulan Juli yang lalu saya mendapatkan amanah kelas yang baru, jika sebelumnya saya mengajar di kelas 3 SD, saat ini saya menghadapi anak-anak di kelas 5 SD. Masyaa Allah .... saya masih selalu di buat takjub sama segala macam karakter dari semua anak didik saya.

Dengan anak-anak di sekolah saya merasakan banyak keseruan, banyak moment di mana saya masih marah-marah juga, hahahah ... Pe-Er besar bagi saya agar bisa menambah stock sabar saya. Dan lebih banyak lagi moment penuh kebahagiaan dengan mereka. Terlebih saat saya mendapatkan begitu banyak surat cinta dari dari mereka. Lovee


Sebagai Blogger Pemula

Tahun ini juga menandakan keaktifan saya kembali ke dunia blogging yang telah begitu lama saya tinggalkan. Ada banyak yang berubah dari sisi ini, dari mulai kembali aktif, terus gabung menjadi kompasianer di portal kompasiana, membeli domain pribadi [dot] com untuk blog ini, keterima google AdSense dan bergabung dengan beberapa komunitas blogger. Pengalaman yang sangat menarik untuk saya pribadi. Tahun ini sepertinya menjadi tahun kebangkitan saya dari kematian suri di dunia blogging.

Resolusi Tahun Baru

Ada yang sudah punya resolusi untuk tahun baru 2023? Biasanya menyambut tahun baru semua orang berbondong-bondong menyusun rencana baru mereka atau resolusi mereka di tahun yang akan datang. 

Tetapi biasanya, resolusi yang kita buat hanya bertahan beberapa minggu, atau bahkan hanya bertahan beberapa bulan, heheheh. 

Resolusi ini bukan hanya tentang bagaimana mengembangkan potensi diri, tetapi juga menyangkut resolusi kita dalam beribadah, resolusi kita dalam profesi dan tanggung jawab kita sebagai ibu, istri, dan sebagai pekerja profesional.

Resolusi juga menyangkut tentang keuangan kita, tabungan, impian, dll. Resolusi ini bersifat luas dan bisa kita kembangkan sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing.

Resolusi Tahun Baru

Merencanakan dan menyusun resolusi tahun baru

Ada beberapa tips yang bisa kita terapkan dalam membantu kita merencanakan dan menyusun resolusi tahun baru. 

Metode SMART

Cara pertama yang bisa kita terapkan adalah dengan menggunakan metode SMART. SMART merupakan singkatan dari:

Metode SMART

  • Spesifik
Spesifik artinya jelas, maksudnya kita harus memperjelas tujuan yang akan kita capai. Alih-alih menuliskan "saya ingin menjadi guru yang berguna", sebaiknya kita menuliskannya lebih jelas menjadi "saya ingin menjadi guru yang ceria dan membawa keceriaan"

  • Measurable
Measurable artinya terukur, maksudnya tujuan yang ingin kita capai hendaknya bisa terukur dengan baik. Alih-alih menuliskan "saya ingin kurus" sebaiknya kita menuliskannya lebih terukur menjadi "saya ingin berat badan saya turun sebanyak 25kg"

  • Achievable
Achievable artinya dapat dicapai, maksudnya tujuan yang akan kita capai itu realistis, tidak terlalu meng-awang-awang, tidak terlalu tinggi, tetapi sesuaikan dengan kemampuan yang dapat kita capai. Alih-alih menulis "saya ingin punya roket ke luar angkasa" waahh ... tinggi banget yah, dan mustahil bisa dicapai dalam setahun, sebaiknya kita tulis "saya mau punya mobil avansa di tahun ini"

  • Relevant
Relevant arinya cocok dengan apa yang memang kita butuhkan, bukan hanya ingin ikut-ikutan trend yang ujung-ujungnya tidak sesuai dengan kepribadian kita, tidak sesuai dengan tujuan yang hendak kita capai.

  • Time-Bound
Time-bound disini artinya berikan waktu yang masuk akan dalam mencapai tujuan yang hendak kita capai. Misalnya nih kita mau menurunkan berat badan 25 kg, jangan malah tulis "saya mau menurunkan berat badan 25kg dalam sebulan" Duh ... kagak bisa kalau gitu furgozo, sebulan 25 kg sampai kiamat pun tidak akan bisa kita capai. Tetapi berikan waktu yang realistis sesuai dengan jangkauan tujuan itu, 25 kg berarti mungkin bisa kita capai 6-12 bulan.

Masukkan hal yang disukai

Dalam membuat resolusi tahun baru, sebaiknya kita memasukkan hal yang kita sukai, hal menjadi passion kita. Berikan kesempatan untuk diri kita agar berkembang dengan baik di bidang yang menjadi kesukaan kita.

Antisipasi Tiap Halangan dan Rintangan

Dalam mencapai tujuan yang menjadi resolusi kita, akan banyak muncul tantangan dan rintangan di tengah jalan yang akan melemahkan semangat kita. Maka ada baiknya, di awal tahun saat merencanakan dan menyusun resolusi tersebut, kita bisa men-gantisispasi terlebih dahulu setiap rintangan dan halangan tersebut.

Sehingga kedepannya semangat kita terus terbarui dalam mengeksekusi resolusi yang telah kita buat.

Berikan Penghargaan Untuk Diri Sendiri

Saat salah satu resolusi kita telah sampai kepada tujuannya, berikan penghargaan kepada diri sendiri. Pemberian penghargaan terhadap diri sendiri ini dapat memotivasi diri kita agar bisa konsisten dalam menjalankan resolusi yang kita miliki.

Tuliskan Semua Resolusi kita dalam sebuah jurnal

Hal yang sangat penting dalam merencanakan dan menyusun rencana ini adalah MENULISKANNYA. Tuliskan semua resolusi yang telah kita rancang. Dan ada baiknya jika kita dapat menuliskannya dalam sebuah jurnal khusus tahunan yang dapat membantu kita agar bisa terus konsisten.

Jurnal yang baik, juga bisa di bagi kedalam resolusi tahunan, resolusi bulanan, resolusi mingguan, dan resolusi harian.

Sehingga resolusi yang kita buat bisa tetap realistis dan terukur pencapaiannya. Biasakan diri dalam menulis jurnal setiap hari bisa di pagi hari saat bangun tidur ataupun di malam hari sebelum tidur.

Penutup

Jadi mumpung tahun 2022 ini masih menyisakan beberapa hari lagi. Jadikan hari-hari terakhir di tahun ini sebagai hari refleksi akan semua pencapaian kita di tahun 2022. Dan pergunakan juga akhir tahun ini sebagai awalan dalam merencanakan kehidupan yang lebih baik di tahun depan dengan merencanakan dan menyusun resolusi tahun baru. Selamat berakhir tahun semuanya, yuk menjadi lebih baik lagi di tahun selanjutnya!

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕