Memantapkan Diri Beralih dari Blogspot ke Domain Pribadi

Bismillahirrahmanirrahim

domain dot com

Setelah pemikiran panjang, akhirnya saya memutuskan untuk memberikan domain pribadi dot com ke blog ini. Awalnya saya berpikir tidak membutuhkan domain ini dan cukup puas dengan sub domain blogspot yang selama 11 tahun membersamai blog ini. Tapi saya merasa perlu untuk mengupgrade blog dengan memberi domain pribadi sebagai pembuktian keseriusan saya dalam menulis di blog ini. 

Saya juga menyisipkan motivasi kepada saya sendiri agar lebih bersemangat dalam memperhatikan blog ini, minimal dengan pemberian domain peribadi ini saya sedikit merasa bertanggung jawab. 
Awalnya saya ingin membeli domain di situs blogger sendiri, tetapi sistem pembayaran google yang menggunakan GPay menjadi hambatan saya, kemudian bertanya ke om google dimana saya bisa membeli domain pribadi, diarahkan lah saya dengan beberapa tempat membeli domain yang legal di Indonesia. Setelah membandiangkan harga akhirnya saya mantap memilih niagahoster.

beranda niagahoster

Saya hanya ingin membeli domain saja, karena niat saya hanya ingin mengalihkan blog ini ke domain dot com yang terkesan lebih serius dan profesional. Setelah dilanda kegalauan memilih nama domain, karena melihat banyak blogger senior yang menggunakan nama mereka sebagai domain. Saya kepikiran untuk menggunakan nama saya juga, terpikirlah domain www.fitrayanti.com tapi saya merasa nama ini terlihat sangat umum. Kemudian tercetus menggunakan nama pena saya www.fitrahalimuddin.com, kebetulan nama domain ini tersedia dan hampir saja saya membeli domain dengan nama ini.

Tetapi saya merasa sedikit risih menggunakan nama saya sebagai domain, rasanya bukan saya sekali. Dan takutnya kedepan saya agak sedikit malu mengshare tulisan-tulisan saya jika domain webnya adalah nama saya. Akhirnya saya memutuskan untuk tetap setia menggunakan nama blog ini Seperti Kupu-kupu sebagai alamat domain pribadi saya. 

Dengan Bismillahirrahmanirrahim .... saya membeli domain www.sepertikupukupu.com. Alhamdulillah proses pembeliannya dan pengaktifan domain ini sangat cepat. Setelah domain aktif, berbekal tutorial yang diberikan oleh niagahoster saya memulai penambahan DNS blogspot saya ke domain ini dan menyambungkannya ke blog ini. 

masalah DNS yang saya hadapi

Sempat ada masalah sedikit karena kegabtekan saya dalam menambahkan DNS, tetapi saya sangat terbantu dengan admin dari niagahoster yang dengan cepat membalas pesan yang saya kirimkan dan membantu saya mengatasi masalah yang saya hadapi.

admin niagahoster yang sigab membantu permasalahan yang saya hadapi

Setelah domain baru ditambahkan di blogspot, saya sebenarnya siap menunggu hingga 1 x 24 jam dalam menunggu kesiapan domain baru blog ini, tetapi alhamdulillah tidak sampai 24 jam tepatnya hanya sekitar 3-4 jam domain blog saya yang baru telah siap digunakan dan telah bisa dilacak oleh google.

peralihan dari blogspot ke domain pribadi

Ketika membuka blog ini dengan domain yang baru, saya sedikit merasa terharu rasanya seperti melihat anak bertumbuh menjadi dewasa. Beralihnya domain blog ini juga menandakan keseriusan saya dalam menjalankan kegiatan tulis-menulis ini. 
Tidak hanya mengubah domain, saya lagi-lagi mengubah tampilan blog ini dengan template baru yang lebih cantik setidaknya menurut saya.

Tampilan dan domain baru blog

Akhirkata, terima kasih untuk kalian yang selalu mengunjungi blog saya yang masih terus berkembang dan menemukan jati diri ini, sejujurnya sebagai author saya sedikit bingung ini mengarahkan blog ini ke blog yang bagaimana. Mau mengejar adsense juga rasanya masih jauh panggang dari api. Tapi bismillah keseriusan niat dan tekad tidak boleh dipandang remeh. Anggaplah ini sebagai batu loncatan agar bisa menjadi blogger yang profesional.

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕