Pengalaman Mendaftar Google AdSense

Bismillahirrahmanirrahim

Pengalaman Mendaftar Google AdSense


Mendaftar ke Google AdSense adalah pengalaman berharga untuk saya dalam merekam jejak saya di dunia blogging. Walau saya sudah memasuki dunia blog sejak 2011, tetapi saya tidak begitu serius dengan dunia ini. Saya hanya aktif di tahun 2012, lalu hiatus hingga tahun 2018 bahkan pernah lupa dengan email dan pasword yang saya gunakan untuk membuat blog ini. Dari tahun 2018 sampai 2022 saya hanya beberapa kali membuat postingan, sama sekali tidak produktif.

Mendaftar Google AdSense di tahun 2012

Sepanjang tahun 2012 saya cukup aktif dalam dunia blogging. Saya sudah lupa tepatnya kenapa saya bisa mengenal AdSense tetapi seingat saya di tahun 2012 inilah pertama kali saya mendaftarkan blog ini ke google. Tetapi seperti yang dapat di tebak saya mengalami penolakan.

Penolakan dari google adsense
Situs saya belum siap menampilkan iklan


Seperti yang dilihat di atas, saya sudah memiliki akun di google AdSense tetapi situs saya yang saat itu masih bersubdomain blogspot, fitrah-istiqomah.blogspot.com masih dalam peninjauan google dan belum siap dalam menayangkan iklan. 

Akun Google AdSense saya Dibatalkan di tahun 2016

Tahun 2014 hingga 2018, saya hiatus dari dunia blogging. Ada banyak faktor yang membuat saya akhirnya hiatus, kesibukan sebagai mahasiswa dan sekaligus mengambil pekerjaan tambahan sebagai seorang guru privat, saya lupa dengan email dan pasword yang saya gunakan dalam memmbuat blog ini, dan terakhir karena saya sudah tidak memiliki akses yang leluasa dengan jaringan internet saat itu.


Akun Google Adsense di batalkan
Akun Google AdSense saya dibatalkan


Di tahun 2016 saya sudah berada di Kab Mamasa, sudah sibuk dengan dunia baru saya sebagai ASN di kabupaten ini, lalu karena hiatus selama bertahun-tahun dari dunia blogging jadi saya sudah lupa kalau saya pernah aktif di dunia ini dan pernah memiliki akun google AdSense. Maka saya menganggap pengalaman ini sebagai pengalaman yang terlupakan, hehehe.

Kembali mendaftarkan situs ke Google AdSense di tahun 2022

Tahun ini tepatnya di awal bulan Oktober saya kembali aktif menulis di blog ini, kemudian mencoba peruntungan kembali dalam mendaftarkan blog ini ke Google AdSense, tetapi karena blog ini adalah blog yang lama nganggur maka dapat di pastikan jawaban dari google AdSense pastilah penolakan.

Penolakan dari Google AdSense
Penolakan kesekian kalinya dari Google AdSense

Saya mendaftarkan blog ini masih menggunakan subdomain, sepertikupukupu.blogspot.com. Setelah penolakan terakhir ini sebenarnya saya sudah ingin menyerah sama si Google AdSense ini. Tetapi saat itu semangat saya dalam dunia blog saya tinggi sehingga saya menulis dan mempublish tulisan hampir setiap hari.

Beralih ke domain pribadi [dot]com

Sebenarnya tidak ada perbedaan antara subdomain dan domain pribadi dalam mendaftarkan Google AdSense, semua situs mempunyai peluang yang sama dalam mendapatkan kesempatan ini. Tetapi saya hanya ingin menuliskan step by step perjuangan saya dalam mendaftar ke Google AdSense

Sebelumnya saya tidak pernah kepikiran untuk memiliki domain pribadi, karena saya merasa tidak memerlukan itu, berhubung saya juga masih menjadi blogger amatiran yang moodnya dalam menulis kadang ada kadang menghilang dan lebih banyak menghilangnya, wkwkwkw.

Tetapi setelah mengikuti kompasiana event di hari Blogger Nasional tanggal 27 Oktober 2022 kemarin, entah kenapa semangat saya dalam kembali aktif di dunia blogger sangat membuncah. Sepertinya ada bom semangat yang sedang meledak dalam diri saya. 

Mulailah saya berselancar mencari penyedia domain terpercaya di Indonesia, setelah menimbang dan mempertimbangkan harga dan melihat komentar dari konsumennya, akhirnya saya memutuskan untuk membeli domain pribadi saya ke Niagahoster. 

Domain pribadi saya

Proses beralih dari subdomain dan domain peribadi ini terbilang cukup singkat, kendala yang saya alami tidak terlalu berarti karena dalam pemasangan domain ini saya sangat terbantu dengan customer service dari Niagahoster yang sangat sigap dalam membantu. Pengalaman saya beralih dari subdomain ke domain pribadi pernah saya ceritakan [disini].


Mencoba peruntungan kembali dengan mendaftarkan blog dengan domain yang baru

Tepat di tanggal 31 Oktober 2022 saya kembali memberanikan diri mendaftarkan situs ini dengan domain yang baru [dot]com ke Google AdSense. Pendaftaran kali ini sudah memakai mode pasrah, dan mencoba menyakinkan diri bahwa bukan google AdSense tujuan utama saya dalam dunia blogging, tetapi semata-mata hanya ingin menuliskan apa yang menjadi opini, perasaan dan catatan saya.

Setelah 2 pekan berlalu belum ada notifikasi dari google perihal pengajuan AdSense kali ini. Saya sudah mulai berpikiran kalau sepertinya kali ini saya akan menerima "penolakan" kembali seperti pengajuan sebelumnya. Tetapi saya di kejutkan oleh notifikasi gmail di tanggal 16 November 2022 bahwa pengajuan saya di terima dan saat ini situs saya sudah siap menayangkan iklan.

Notifikasi Situs Siap Menayangkan Iklan dari Google AdSense
Notifikasi Bahwa Blog ini siap menayangkan iklan


Saat menerima email ini saya dilanda keharuan yang berkepanjangan, sambil mencoba mempelajari bagaimana cara memasang iklan di blog saya berkali-kali mengucap syukur ketika akhirnya iklan dari Google AdSense telah bisa saya lihat di dalam blog saya. 

Pe-Er besar menunggu setelah pemasangan Google AdSense

Dulu saya pikir setelah pemasangan iklan dari Google AdSense ini maka penghasilan saya akan lancar terus mengalir ke dashboard AdSense saya, ternyata tidak begitu alurnya Furgoso, wkwkwkw.

Saya yang notabene masih buta dalam dunia blog ini, masih meraba-raba dunia AdSense dibuat terkaget-kaget dengan realita menjadi blogger dengan monetisasi blog. Kalau saya mau fokus memonetisasi blog maka PR saya masih sangat banyak.

Trafik blog ini masih memprihatinkan, dulu artikel yang di index oleh google hanya ada 6 artikel, saya harus berpayah-payah mendaftarkan 1 per satu artikel yang saya buat agar bisa di index manual oleh google. Tidak sampai di situ, saya juga harus belajar tentang sitemap yang jujur membuat saya puyeng dan mendaftarkannya ke google search, dan sampai sekarang saya masih tidak tahu apakah sitemap yang saya daftarkan sudah betul atau masih keliru.

Sebenarnya saya butuh sekali dengan seorang guru yang bisa mengajarkan saya masalah perindexan google ini, selama ini saya hanya belajar dari grub facebook dan itu masih sangat kurang, ada banyak hal yang masih tidak saya mengerti.

Belum lagi PR saya di masalah SEO yang masih harus saya pelajari dengan baik, agar dapat memaksimalkan dan mengoptimalkan trafik di blog ini. Tetapi perjalanan saya masih sangat panjang, walau blog ini sudah berusia 11 tahun, tetapi pengalaman menulis saya masih sangat premature, boleh di bilang ke aktifan saya di blog ini masih kurang dari 2 tahun, karena kebanyakan hiatus, wkwkwk.

Saya tidak tahu butuh berapa lama hingga saya bisa merasakan "gajian" dari google AdSense, tapi saya berjanji akan menikmati setiap proses dan pembelajaran yang saya dapatkan dari pengalaman monetisasi blog ini. Semoga kelak blog ini akan berbuah manis.

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕