Didengar, Mendengar dan Hikmah di Tiap Kisah

Bismillahirrahmanirrahim

Mendengar, didengar dan hikmah di tiap kisah

Di kehidupan ini kita berjumpa dengan banyak orang, masing-masing manusia punya kisahnya masing-masing, dengan perjalanan hidup mereka masing-masing. Pernah tidak saat mendengarkan kisah orang lain, kita lalu membandingkan hidup kita? 

Atau saat mendengar kisah orang lain, kita merasa "ahh ... saya tidak sendiri" atau "saya rasa hidup saya seperti dia"? 

Sama ... saya juga begitu, ketika mendengar kisah hidup atau perjalanan hidup orang lain, maka secara otomatis otak saya membandingkannya dengan kisah saya sendiri. Apakah ini egois? saya rasa tidak. Saya rasa kita sebagai manusia memang punya kecenderungan dalam membandingkan apapun milik kita dengan milik orang lain.

Tetapi sebagai manusia kita sangat membutuhkan orang lain yang bisa mendengarkan kisah atau cerita kehidupan kita. Kita membutuhkan orang yang bersedia menjadi pendengar setiap kisah dan cerita yang kita miliki.

Saat kita dipercaya oleh seseorang, baik itu teman, keluarga atau siapapun sebagai pendengar dari uneg-uneg yang ingin mereka keluarkan dari pikiran mereka, upayakan agar kita bisa memposisikan diri dengan baik sehingga mereka bisa merasa lebih baik setelah bercerita dengan kita.

Sikap Kita Saat Mendengar Cerita/Kisah Orang Lain

"Manusia membutuhkan orang yang mau mendengarkan dirinya"
"Manusia membutuhkan orang yang mau mendengarkan dirinya"


Menjadi Pendengar yang Baik

Saat orang lain memulai cerita mereka, upayakan agar kita memposisikan diri sebagai pendengar yang baik, sebaiknya kita diam mendengarkan selagi ia menceritakan kisah yang mereka alami, jangan mencela atau memotong pembicaraan serius yang mereka mulai.

Berempati dengan Perasaan Mereka

Saat mendengarkan kisah yang mereka ceritakan, usahakan agar memahami setiap kisah yang mereka ceritakan, posisi-kan diri kita berada di posisi yang mereka alami. Ber-empati dengan apapun perasaan yang mereka rasakan. Jika kisah yang ia ceritakan menyedihkan, rasakan kesedihan mereka, dan jika kisah yang mereka ceritakan membahagiakan, rasakan kebahagian mereka.

Berikan Respon yang Mereka Perlukan

Setelah mereka selesai dengan kisah yang mereka ceritakan kepada kita, saatnya kita memberikan respon yang mereka perlukan dari diri kita. Berikan nasehat ber-empati akan apa yang mereka rasakan, berikan sanjungan membahagiakan untuk mereka.

Mengambil Hikmah dari Kisah Orang Lain

Saat kita mendengar kisah atau cerita orang lain, hal pertama yang pastinya ada di benak kita biasanya adalah membandingkan diri kita dengan kisah mereka. 

Tetapi hal yang seharusnya bisa kita lakukan adalah mengambil hikmah yang bisa kita ambil dari kisah atau cerita yang baru saja kita dengar. 

Tiap Kisah Memiliki Hikmah

Pikirkan solusi yang tepat saat kita ada di posisi kisah tersebut

Pikirkan solusi yang sekiranya bisa kita ambil saat kita berada pada posisi yang sama dengan posisi yang mereka alami. Pikirkan solusi yang paling mungkin atau paling bisa kita lakukan. Solusi yang solutif agar kita bisa memecahkan masalah yang seandainya kita alami.

Ambil hikmah yang bisa kita jadikan pelajaran

Apapun kisah tersebut pasti ada hikmah yang bisa kita ambil sebagai pelajaran dalam kehidupan kita. Hikmah tersebut dapat berupa hal positif maupun hal negatif. Hal positif biasanya kita dapatkan dari kisah yang penuh inspiratif, dan hikmah negatif biasanya kita dapatkan dari kisah yang kurang mengenakkan.

Termotivasi dan beryukur dengan hidup yang kita miliki

Jika kita mendengarkan kisah kesuksesan dan kebahagiaan yang memberikan motivasi bagi diri kita agar bisa seperti mereka, maka tugas kita bukan malah iri dengan kebahagiaan mereka tetapi jadikan kebahagiaan itu sebagai motivasi untuk kita agar bisa meraih kesuksesan dan kebahagian yang sama dengan mereka.

Jika kita mendengarkan kisah yang menyedihkan, maka tugas kita setelah berempati dan memberikan penghiburan adalah bersyukur dengan kehidupan yang kita miliki sekarang, karena kita tidak merasakan kesedihan yang sama dengan mereka.

Dengarkan dan ambil pelajaran yang berharga

Saat mendengarkan kisah orang lain, biasanya kita langsung membadingkannya dengan kehidupan pribadi yang kita jalani. Tidak masalah, tidak ada yang salah. Tetapi ada baiknya jika orang tersebut secara pribadi bercerita kepada kita atau istilahnya curhat kepada kita maka ambil posisi yang bisa membuat dia nyaman bercerita. Jangan langsung menjudge dan merendahkan perasaaan yang dia miliki.

Lalu yang tak kalah penting adalah ambil hikmah dari apa yang kita dengar. Jadikan kisah orang lain sebagai pelajaran berharga yang dapat kita jadikan pedoman dalam kehidupan kita kelak. Setiap manusia punya kisahnya dan setiap kisah punya hikmah yang berharga.

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕