Mindffulness Challenge: Tanpa Gadget Selama Dua Jam

Bismillahirrahmanirrahim

Tanpa Gadget Selama Dua Jam

Mindfulness challenge yang belakangan ini saya coba terapkan adalah mencoba tanpa gadget selama dua jam--hal ini lumayan challenging untuk saya. Mindfulness challenge tanpa gadget rupanya merupakan cara yang cukup efektif dalam menciptakan kesadaran diri dan terkoneksi dengan lingkungan sekitar dengan baik.

Manfaat Melakukan Mindfulness Challenge: Dua Jam Tanpa Gadget

Dengan melakukan mindfulness tanpa gadget selama dua jam. Insyaa Allah kita akan mendapatkan beberapa manfaat, diantaranya:

Produktivitas Meningkat

Karena kita sedang masuk dalam mode "tanpa gadget", maka kita akan fokus pada tugas yang penting saja dan membutuhkan perhatian penuh. Pada saat itu kita akan akan dapat menyelesaikan pekerjaan rumah dengan jauh lebih efektif, membaca buku dengan tenang atau melakukan banyak hal yang dulunya tertunda karena kesibukan dengan gawai yang melalaikan.

Kualitas Tidur Lebih Baik

Kita mungkin sudah tahu kalau terlalu banyak terpapar cahaya dari gadget dapat menganggu pola tidur kita, dengan meninggalkan gadget selama dua jam sebelum tidur, Insyaa Allah akan sangat membantu tubuh kita dalam belrsiap-siap tidur dengan lebih baik, sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan kualitas tidur kita.

Terciptanya Quality Time yang Lebih Baik

Dengan mindfulness challenge tanpa gadget selama dua jam, maka kita akan menciptakan interaksi dengan jauh lebih baik terhadap orang-orang di sekitar kita. Kita dapat mengobrol dengan keluarga secara langsung, melakukan kegiatan yang lebih baik bersama atau menjalankan aktivitas lainnya yang secara langsung dapat memperkuat ikatan kita dengan orang lain secara lebih baik.

Meningkatkan Kreativitas

Ketika kita tidak bergantung pada gadget, pikiran kita akan memiliki kesempatan untuk berekembang dengan cara yang berbeda. Kita akan menemukan diri kita menjadi lebih kreatif dan lebih terbuka terhadap ide-iede baru. Selama dua jam itu kita mungkin bisa melakukan aktivitas yang meningkagtkan kreativitas seperti menggambar, menulis atau hal lainnya.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Tanpa gadget selama dua jam dapat mengurangi paparan terhadap konten negatif yang ada di media sosal dan internet, sehingga dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan mental kita. Dengan mengambil jeda dari gadget, kita akan dapat mengurangi tingkat stress, meningkatkan suasana hati dan memperkuat kemampuan untuk bisa "hadir" secara penuh dalam setiap moment.

Meningkatkan Kesadaran Diri

Tanpa gadget selama dua jam dapat membuat kita lebih banyak dalam mengintrospeksi diri dengan melakukan refleksi. Kita akan dapat lebih banyak mengamati diri sendiri, pikiran dan perasaan yang kita miliki tanpa gangguan yang datang dari luar. Ini akan sangat membantu dalam memahami diri sendiri dengan lebih baik dan membangun kesadaran diri yang lebih mendalam.

Langkah Menerapkan Mindfulness: Tanpa Gadget Selama Dua Jam

Adapun cara yang bisa kita lakukan untuk menerapkan mindfulness challenge ini adalah:

Menemukan Lingkungan yang Tenang

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mencari tempat yang tenang di dalam rumah ataupun di alam yang memungkinkan kita untuk dapat fokus dan rileks, satu hal yang menjadi hal penting dalam pemilihan tempat ini adalah haruslah bebas dari gangguan gadget atau hal yang membuat suara bising.

Atur Waktu

Tetapkan waktu yang tepat untuk melakukan mindfulness challenge ini, saya sendiri menerapkannya selama satu kali dalam sepekan--tepatnya setiap hari Jum'at sore. sehingga dalam pelaksanaanya kita tidak terburu-buru atau terganggu dengan tanggung jawab lain.

Matikan Gadget dan Jauhkan dari Jangkauan

Hal yang paling penting adalah MATIKAN GADGET--HP, komputer atau alat elektronik lainnya. Simpan HP di tempat yang tidak terlihat atau yang gampang kita ambil sehingga kita tidak mudah tergoda selama dua jam ini.

Fokus pada Hal yang Kita Lakukan

Dalam dua jam tanpa gadget ini, silahkan pilih kegiatan yang akan kita lakukan--saya biasanya memilih untuk mengalokasikan dua jam itu untuk membaca buku dengan fokus. Kita bisa melakukan kegiatan lain yang menjadi hobi kita atau mencari kegtaian yang dapat mengasah keterampilan baru kita, seperti menggambar, merajut, atau hal lainnya.

Nikmati Setiap Moment

Jangan terburu-buru! Ambil waktu selama dua jam ini untuk menikmati moment yang sedang kita lakukan tanpa gangguan gadget. Rasakan ketenangan, kehadiran dan kebebasan dari gangguan teknologi.

Penutup

Jadi, dengan menghindari gadget selama dua jam, kita dapat mengalami manfaat seperti peningkatan produktivitas, kesehatan mental yang jauh lebih baik, kesadaran diri yang lebih mendalam dan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan baru. Selama dua jam itu, kita akan merasakan pengalaman dan perubahan yang mungkin terjadi dalam pikiran, perasaan atau persepsi. Mindfulness challenge ini akan membantu kita untuk lebih menghargai kehadiran kita di dunia ini tanpa ternagtung pada gadget.

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕