Merancang Rutinitas Harian untuk Meningkatkan Produktivitas

Bismillahirrahmanirrahim

Merancang Rutinitas Harian untuk Meningkatkan Produktivitas

Sejak kembali mengaktifkan diri dengan kegiatan menulis, saya menemukan kembali diri saya dan kembali membangkitkan semangat saya untuk terus melakukan hal-hal produktif--dalam hal ini melalui tulisan. Tapi hal tersebut juga membuat tugas harian saya rasanya semakin bertambah, karena selain harus mengurus rumah sebagai seorang istri dan ibu, saya juga harus tetap bekerja di ranah publik dengan mengajar dan selain itu juga harus tetap memberikan waktu untuk tetap menulis di sela-sela kesibukan harian tersebut. Tentunya dengan bertambahnya rutinitas harian membuat saya harus memutar otak untuk mengatur waktu dengan lebih baik lagi, sehingga tidak ada yang luput dari semua peran tersebut.

Kunci yang terpenting yang saya pelajari selama kurang lebih 7 bulan ini dalam menyeimbangkan aktivitas sebagai ibu rumah tangga, ibu bekerja sekaligus memberikan waktu khusus untuk menulis adalah dengan merancang rutinitas harian sehingga kita bisa mencapai segala tujuan yang telah kita tetapkan dan dapat meningkatkan efisiensi sehingga dengan segala peran tersebut bisa seimbangkan dalam kehidupan sehari-hari.

Panduan Membuat Rutinitas Harian

Adapun berikut adalah langkah-langkah yang bisa kita ambil untuk merancang rutinitas harian kita sehingga bisa menjadi lebih efektif, memaksimalkan waktu yang kita miliki serta mencapai produktivitas kita sehingga bisa lebih tinggi.

Tentukan Tujuan

Langkah pertama yang harus kita tetapkan sebelum mulai merancang rutinitas harian yang produktif adalah menetapkan tujuan utama kita. Sebelum menentukan tujuan hendaknya kita menanyakan kembali dalam diri kita sendiri tentang apa sebenarnya yang menjadi tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang kita. Apa goals kita kedepannya? goal short term dan long term kita apa? Dengan menuliskan tujuan tersebut kita bisa memiliki panduan yang lebih jelas saat hendak merancang rutinitas harian kita.

Tentukan Prioritas

Setelah menentukan tujuan, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi prioritas, apa yang paling penting dan mendesak dalam hidup kita. Apa saja yang harus kita lakukan untuk menjadi tugas-tugas harian bisa diselesaikan setiap hari. Buat daftar prioritas dan tetapkan waktu khusus untuk menyelesaikan tugas harian kita tersebut.

Buat Jadwal Harian

Langkah selanjutnya adalah membuat jadwal harian yang terstruktur untuk mengatur waktu kita agar menjadi lebih efektif. Terlebih dahulu kita harus menentukan dan menetapkan waktu untuk masing-masing aktivitas harian kita, termasuk waktu untuk pekerjaan, waktu istirahat, waktu untuk quality time bersama keluarga, dan waktu untuk berolahraga. Satu hal yang paling penting dalam menetapkan jadwal harian adalah kita harus mengatutr waktu dengan lebih bijaksanan agar semua tugas bisa kita kerjakan dengan lebih efisien.

Memanfaatkan Waktu Pagi

Pagi hari adalah waktu yang paling produktif dalam satu harian yang kita miliki. Dengan memanfaatkan waktu pagi ini dengan baik untuk menyelesaikan tugas-tugas penting atau aktivitas yang membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Tentukan jadwal bangun tidur kita lebih pagi--bagi yang muslim ada baiknya kita bangun di sekitar pukul 3 atau 4 pagi sehingga kita bisa memulai hari dengan sholat tahajjud. Lalu setelah ibadah kita bisa melakukan aktivitas yang lebih menuntut konsentrasi yang tinggi; biasanya saya menggunakan waktu pagi ini untuk menulis baik menulis untuk blog dan tulisan lainnya, karena di pagi hari saya bisa lebih fokus dan belum di ganggu oleh anak-anak.

Hindari Menunda-nunda

Hindari kebiasaan atau situasi yang dapat membuat kita menunda-nunda, hendaknya kita mencari strategi untuk mengatasi kebiasan menunda-nunda yang sering kita lakukan--biasanya kegiatan menunda itu muncul kalau kita sudah dialihkan dengan scroll media sosial, nonton drakor, dan nonton video youtube, hehehe, ini adalah kebiasaan yang sering kali membuat saya menunda hal yang semestinya saya lakukan, hahaha. Untuk itu kita harus membuat komitmen untuk diri sendiri agar kita bisa menghilangkan kebiasaan menunda sehingga kita bisa menyelesaikan tugas-tugas kita tepat waktu.

Istirahat yang Cukup

Yang tidak kalah penting adalah memberikan waktu bagi tubuh untuk istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup penting untuk produktivitas kita, sehingga kita harus menentukan waktu untuk jeda dari rutinitas harian kita dengan menyingkirkan semua gangguan dan berikan waktu untuk tubuh kita untuk bersantai dan bersantai . Sehingga kita bisa lebih segar dan siap menghadapi sisa hari.

Lakukan Refleksi Harian

Jangan lupa untuk melakukan refleksi harian dengan mengevaluasi rutinitas yang telah kita lakukan dalam satu hari tersebut. Perhatikan apa yang telah berjalan dengan baik dan apa yang perlu untuk kita perbaiki. Jika ada kegiatan yang sekiranya mengganggu produktivitas maka singkirkan hal tersebut di keesokan harinya.

Tetap Konsisten

Konsisten adalah kunci dari segala keberhasilan dalam menjalankan rutinitas harian yang produktif. Berikan komitmen pada diri untuk terus menjaga kedisiplinan sehingga konsistensi juga dapat terjaga dalam menjalankan jadwal harian yang telah kita buat. Seiring berjalannya waktu rutinitas harian yang telah kita rancang akan menjadi kebiasaan yang kelak akan lebih mudah untuk diikuti.

Siapkan Buku Khusus atau Jurnal Kegiatan Harian Kita

Yang terakhir dan tidak kalah penting adalah menyiapkan sebuah jurnal atau planner untuk kegiatan harian yang telah kita rancang. Kalau saya sendiri menyiapkan 2 buah buku untuk hal tersebut--satu buku adalah jurnal harian yang didalamnya terdapat to do list yang harus saya kerjakan dalam seharian itu, serta satu buku khusus untuk kegiatan menulis saya.

Penutup

Dengan merancang kegiatan harian atau rutinitas harian kita mengajarkan diri untuk berusaha agar terus produktif dan menggunakan waktu dengan lebih efisien. Tapi satu hal yang perlu kita ingat adalah setiap diri kita memiliki kebutuhan harian yang berbeda-beda, jadi kita harus menyesuaikan rancangan rutinitas harian kita dengan gaya hidup dan tujuan pribadi yang telah kita buat di awal tadi. 

Mulai saja dulu! Heheh tagline sebuah iklan yang layak menjadi motivitasi, yah ... mulailah dengan langkah kecil dan lakukan secara bertahap dengan tingkatan produktivitas yang kita lakukan sengiia kita bisa mencapai hasil yang lebih baik dalam kehidupan sehari-hari.

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕