Mindfulness Challenge: Tadabbur Ayat Al-Baqarah, Ali-Imran dan An-Nisa

Bismillahirrahmanirrahim

Tadabbur Al-baqarah, Ali-imran dan an-nisa

Apa itu Tadabbur? Tadabbur adalah merenungkan atau memperhatikan dengan seksama dan mendalam Al-Qur'an yang kita baca, dengan kata lain tadabbur berarti kita memahami makna Al-Qur'an, memikirkan apa yang ditunjukkan dalam Al-Qur'an dengan sempurna. Memahami dan merenungkan kandungan Al-Qur'an dapat menumbuhkan iman.

Membaca Al-Qur'an merupakan salah satu mindfulness challenge yang bisa kita coba, selain menenangkan pikiran, membaca Al-Qur'an juga dapat bernilai ibadah dan mampu menenangkan dan menghidupkan hati. Dalam membaca Al-Qur'an kita harus berusha mindful sehingga kita bisa mentadabburi tiap ayatnya dengan baik agar maksud dan hikmah dari ayat yang kita baca bisa sampai ke hati kita.

Cara Mentadabburi Al-Qur'an

Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan "Apabila engkai ingin memetik manfaat dari Al-Qur'an, maka fokuskan hatimu saat membaca dan mendengarkannya. Pasang baik-baik telingamu dan posisiskan diri seperti posisi orang yang diajak bicara langsung oleh Dzat yang memfirmankannya"

Lebih jelasnya dalam website rumaysho, dijelasnkan bahwa ada empat langkah dalam mentadabburi Al-Qur'an, yaitu:

Ada Ayat yang Dibaca

Hal pertama yang harus ada tentunya ada ayat dari Al-Qur'an yang sedang kita baca, dalam hal ini saat kita ingin mentabburi Al-Qur'an berarti kita sedang menyiapkan diri untuk membaca firman Allah, maka persiapkan diri dengan sebaik-baiknya, sebagai contoh yaitu dengan bersuci dan menutup aurat.

Menghidupkan Hati

Saat membaca dan mendengarkan Al-Qur'an hendaknya kita menhadirkan 100% hati kita di dalamnya, hati disini termasuk kedalam pikiran kita yang tidak kemana-mana--misalnya kita sedang membaca Al-Qur'an tetapi pikiran hati kita sedang memikirkan hal lain yang tidak ada hubungannya dengan bacaan Al-Qur'an. 

Mendengarkan dan Membaca Al-Qur'an dengan Seksama

Artinya saat kita membaca dan mendegrakan bacaan Al'Qur'an mengarahkan seluruh indra penglihatan dan pendengaran pada apapun yang kita ucap dan dengarkan.

Memahami Maksud Ayat

Yang terakhir dari langkah mentadabburi Al-Qur'an adalah memahami maksud dari ayat yang kita baca dan dengarkan. Saat kita sudah menghidupkan hati dan memberikan perhatian penuh pada apa yang kita bca dan dengar, maka Insyaa Allah kita bisa memahami maksud ayat yang kita baca dengan baik.

Tadabbur Ayat Dari Surah Al-Baqarah hingga Al-A'raf


Al-Baqarah: 153

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ
"Wahai orang-orang yang beriman, mohonlah pertolongan (Kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Sungguh Allah beserta orang-orang yang sabar"

Dari ayat ini Allah memberikan kita pentunjuk bahwa saat kita ingin meminta pertolongan kepada-Nya, maka mintalah melalui dua cara, yaitu dengan sabar dan sholat. Saat kita menghadapi ujian atau cobaan maka mintlah pertolongan Allah dengan sabar--sabar disini juga bermakna sabar dalam menjalankan kewajiban dan sabar dalam meninggalkan kemaksiatan. Dan makna Sholat disini adalah dengan memperbanyak sholat sunnah baik disiang maupun di malam hari.

Al-Imran: 35

اِذْ قَالَتِ امْرَاَتُ عِمْرٰنَ رَبِّ اِنِّيْ نَذَرْتُ لَكَ مَا فِيْ بَطْنِيْ مُحَرَّرًا فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ ۚ اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ
"Ya Tuhanku sesungguhnya aku bernazar kepada-Mu, janin yang dalam kandunganku kelak menjadi hamba yang mengabdi kepada-Mu, maka terimalah nazar dariku"

Dalam ayat ini istri Imran bernazar kepada Allah bahwa janin yang dalam kandungannya kelak akan menjadi hamba llah yang berbakti dan mengabdikan dirinya kepada Allah. Hal ini memberikan saya ilmu baru, bahwa sebaiknya sejak kita mengandung kita senantiasa berdoa kepada Allah, memohon kepada-Nya agar kelak anak yang kita lahirnkan menjadi hamba Allah yang berbakti. 

An-Nisa: 100

۞ وَمَنْ يُّهَاجِرْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ يَجِدْ فِى الْاَرْضِ مُرٰغَمًا كَثِيْرًا وَّسَعَةً ۗوَمَنْ يَّخْرُجْ مِنْۢ بَيْتِهٖ مُهَاجِرًا اِلَى اللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ ثُمَّ يُدْرِكْهُ الْمَوْتُ فَقَدْ وَقَعَ اَجْرُهٗ عَلَى اللّٰهِ ۗوَكَانَ اللّٰهُ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا ࣖ
"Dan barang siapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka kan mendapatkan dibumi ini tempat hijrah yang luas dan rezeki yang banyak"

Dalam ayat ini Allah memberikan jaminan kepada hamba-Nya yang berhijrah untuk Allah bahwa mereka pasti akan mendapati tempat hijrah dimanapun di bumi Allah yang luas ini serta mereka akan diliputi dengan rezeki yang banyak.

Kesimpulan

Tadabbur Al-Qur'an termasuk salah satu cara untuk mencapai mindfulness dalam kehidupan kita, dalam mentadabburi Al-Qur'an ada empat cara yang harus kita perhatikan yang pertama adalah mempersiapkan Al-Qur'an dan ayat yang akan kita baca, kemudian menghidupkan hati dan mendengarkan serta membaca Al-Qur'an dengan seksama, terakhir adalah berusaha untuk memahami makna yang terkadung dalam bacaan yang kita baca.



Referensi:

Rumasyo. 2020. Empat Langkah Tadabbur Al-Qur'an. Diakses pada tanggal 02 Maret 2023. Link: https://rumaysho.com/24334-empat-langkah-tadabbur-al-quran.html
Nu.Online. 2022. Tafsir Surat Al-Baqarah ayat 153: Kesabaran Paling Utama Adalah Kesabaran Meninggalkan Maksiat. Diakses pada tanggal 02 Maret 2023. Link: https://islam.nu.or.id/tafsir/tafsir-surat-al-baqarah-ayat-153-kesabaran-paling-utama-adalah-kesabaran-meninggalkan-maksiat-3FSYI
TafsirAlQuran.Id. 2021. Pola Asuh Anak Ala Istri Imran: Tafsir Surah Al-Imran Ayat 35-37. Diakses pada tanggal 02 Maret 2023. Link: https://tafsiralquran.id/pola-asuh-anak-ala-istri-imran-tafsir-surat-ali-imran-ayat-35-37/#:~:text=Teks%20ayat%2035%20menjelaskan%20bahwa,yang%20tidak%20berbicara%20dengan%20manusia.
Tafsir.com. Surah AN-Nisa Ayat 100. Diakses pada tanggal 02 Maret 2023. Link: https://tafsirq.com/4-an-nisa/ayat-100

2 comments

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕