13 Mindfulness Challenge yang Bisa Kita Terapkan

Bismillahirrahmanirrahim

13 Mindfulness Challenge

Mindfulness adalah kegiatan yang dapat menyatukan pikiran dan tubuh kita sehingga dapat menumbuhkan kesadaran serta perhatian penuh terhadap apa yang sedang kita pikirkan dan kerjakan. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk melatih mindfulness, salah satu caranya adalah dengan jalan ibadah kepada Allah melalui sholat yang khusyuk, berdzikir dan muhasabah diri.

Selain ketiga cara melatih mindfulness dengan kegiatan ibadah, ada lagi nih kegiatan mindfulness yang kebih menantang, yang dinamakan dengan mindfulness challenge. Berikut adalah mindfulness challenge yang saya jabarkan dari The Saleha Planner:

13 Mindfulness Challenge

1. Write

Mindfulness challenge yang pertama adalah menulis. "writing is healing" siapa yang sering dengar ungkapan ini? Jadi menulis adalah salah satu metode penyembuhan, dengan menulis kita menyalurkan emosi negatif kita dan dapat menggantikannya dengan energi baru yang lebih positif.

Menulis yang bisa kita jadikan sebagai kegiatan mindfulness adalah dengan menulis semua ketakutan yang kita rasakan, menuliskan sebuah puisi bebas sebagai ungkapan dari apapun yang kita rasa dan pikirkan, atau bisa dengan menuliskan apresiasi untuk diri kita sendiri.

2. Enjoy

Mindfulness challenge yang kedua adalah nikmati semua hal yang terjadi dengan diri kita atau nikmati moment yang sedang kita lakukan. Dengan menikmati apapun yang ada di depan kita, apapun yang kita rasakan, kita bisa lebih menerima semua keadaan yang terjadi dan bisa merasakan kebahagiaan tentunya.

Kegiatan mindfulness ini bisa kita lakukan dengan sederhana seperti menikmati secangkir minuman favorit kita di pagi hari, menikmati udara pagi dan merasakan nikmatnya bernapas atau sekedar menikmati menu yang baru yang ingin kita coba.

3. Listen

Mindfulness challenge yang ketiga adalah dengarkan. Mendengar juga merupakan salah satu aktivitas yang dapat menumbuhkan kebahagiaan dalam diri kita. Mendengarkan apa saja yang kita sukai atau mencoba untuk fokus pada suara tertentu.

Kegiatan mindfulness ini bisa dilakukan dengan cara mulai mendengarkan murottal surah favorit kita, menyimak cerita orang lain atau bisa dengan mencoba menutuo mata dan mengidentifikasi setiap suuara yang kita dengar.

4. Relax

Siapa yang tidak suka bersatai? Hahaha ... saya yakin kita semua suka dengan kegiatan apapun yang membuat tubuh dan pikiran kita relax. Selain baik untuk kesehatan fisik, ternyata bersantai juga dapat mengurangi stress yang kita alami.

Kegiatan bersantai dalam mencona mindfulness challenge bisa kita lakukan dengan meng-istirahatkan badan selama 15 menit di sela-sela kesibukan yang kita lakukan, bisa juga dengan duduk santai sambil menikmati camilan favorit kita atau dengan melakukan latihan pernapasan selama 5 menit.

5. Thankfull

Mindfulness berikutnya adalah berterima kasih. Berterima kasih pada orang lain dan terlebih berterima kasih pada diri kita sendiri. Berterima kasih pada diri sendiri mampu membuat hati menjadi tenang dan damai, dengan berterima kasih dengan diri sendiri kita dapat menghargai setiap perjuangan yang telah kita lakukan sehingga kita dapat mengembangkan diri.

Dengan berterima kasih pada orang lain berarti kita mengungkapkan betapa beryukurnya kita atas hadirnya orang lain dalam kehidupan kita, selain itu ucapan terima kasih juga membuat orang lain merasa dihargai, dan tentunya ucapan terima kaih tersebut juga dapat mendatangkan kebahagiaan untuk diri kita sendiri.

6. Attention

Kita bisa mulai memperhtaikan diri kita dan lingkungan sekitar kita. Perhatian dengan diri kita sendiri bisa dimulai dengan lebih mengenali apapun yang kita rasakan, rasa sedih, bahagia, galau, senang, semangat atau bahkan rasa marah, kenali semua perasaan kita.

Setelah mengenali diri kita, langkah selanjutnya adalah mengenali dan memperhatikan keadaan di sekeliling kita. Gunakan semua pancaindra kita untuk memeperhatikan, gunakan mata untuk melihat warna atau benda yang ada, gunakan hidung untuk mencium aroma lingkungan kita, gunakan telinga untuk mendengar suara yang ada dan gunakan kulit kita untuk merasakan tekstur tempat kita duduk atau berbaring saat itu.

7. Detox

Detox dalam kegiatan mindfulness berarti membuang atau menyingkirkan semua hal yang tidak berguna bagi pikiran, perasaan atau bahkan fisik kita. Proses detox dalam kegiatan mindfulness ini bisa dimualai dengan puasa sosial media selama 2 hari. Sosmed memang banyak manfaatnya terutama untuk menyambung silaturahmi, tetapi seringkali jika kita terlalu sering menggunakan sosmed ada kecendrungan bagi kita untuk terus membandingkan diri dengan kehidupan orang lain. Bisa juga dengan puasa gadget selama beberapa jam. Selama tidak menyentuh gadget gunakan waktu kita dengan melakukan hal berguna lainnya.

Proses detox yang berikutnya adalah dengan memilah dan menyingkirkan barang yang sudah tidak terpakai lagi. Dengan menyingkirkan barang yang sudah tidak terpakai di rumah atau kamar, kita bisa lebih fokus pada apa yang kita cari dan dengan melihat rumah yang rapi kita bisa merasa lebih bahagia.

8. Walk

Kegiatan mindfulness berikutnya adalah berjalan, selain mempunyai manfaat dari segi kesehatan, ternyata berjalan juga memiliki manfaat sebagai kegiatan yang mindfulness. Sesekali saat berjalan coba ubah rute dari perjalanan yang biasa kita lakukan dan rasakan pengalaman baru yang mungkin menyenangkan.

Selanjutnya kita bisa mencoba untuk berjalan di lingkungan tempat tinggal kita atau dimana saja dan sapalah orang-orang yang kita jumpai, coba dan rasakan kebahagiaan yang ditimbulkan.

9. List

Kegiatan berikutnya adalah dengan me-list atau membuat daftar keinginan kita, atau apapun yang akan kita lakukan. Dengan membuat daftar keinginan dan kegiatan kita bisa semakin fokus akan sesuatu. Dan membuat hati menjadi lebih tentram karena kita sudah tidak memikirkan hal-hal lain selain dari apa yang telah kita daftar dalam list yang telah kita buat.

10. Self Talk

Self talk adalah berbucara dengan diri sendiri, kegiatan ini bisa kita mulai dengan mencoba bercermin dan ternyeumlah dengan pantulan dirimu di cermin tersebut, selain itu kita bisa memberi afirmasi positif pada diri kita dengan menyebutkan semua kelebihan yang kita miliki ataupun berdamai dengan kelemahan yang kita miliki. 

Cara terakhir adalah dengan beristigfar sebanyak-banyaknya, beristigfar selain berguna sebagai dzikir yang dapat menghapuskan dosa juga bisa menjadikan hati dan pikiran kita tetap tenang. 

11. Read

Membaca bisa kita lakukan dengan membaca dan metadabburi ayat Al-Qur'an atau bisa juga dengan membaca satu buku nonfiksi atau buku pengembangan diri. Membaca juga berguna untuk menambah pengetahuan yang kita miliki.

12. Gratitude

Gratitude artinya bersyukur dengan apapun yang telah terjadi atau yang kita miliki. Kegitan bersyukur ini bisa kita mulai dengan menyebutkan beberapa hal yang kita syukuti hari itu dalam diri maupun kehidupan kita. Bisa juga dengan beryukur akan kehadiran orang lain dalam hidup kita dengan memberikan hadiah kepada orang tersebut sebagai bentuk apresiasi.

13. Eat

Kegiatan terakhir adalah makan. Makan makanan kesukaan kita dan cobalah untuk menggigit makanan tersebut dalam satu gigitan kecil dan rasakan tiap rasa dari kandungan yang dimiki.

Kesimpulan

13 mindfulness challenge diatas pada dasarnya adalah kegiatan sehari-hari yang biasa kita lakukan hanya saja saat melakukannya kita harus lebih fokus dan merasakan tiap prosesnya, bukan sekedar melakukan tanpa makna. Yuk, mulai dari sekarang tantang diri kita melakukan segala sesuatu yang dapat membawa kita kepada mindfulness!

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕