Cara Melatih Mindfulness dalam Islam

Bismillahirrahmanirrahim

Cara Melatih Mindfulness

Berbagai tuntutan kehidupan yang kita jalani sering kali menghadirkan kecemasan tersendiri. Kecemasan bila tidak ditangani dengan baik akan melahirkan perasaan stress, sedih galau dan berujung ke-kurang fokusan kita dalam pekerjaan yang kita jalani.

Salah satu cara mengelolah perasaan cemas yang kita miliki yaitu dengan menerapkan mindfulness dalam kehidupan kita. Mindfulness sendiri adalah cara agar kita dapat menyatukan perasaan, pikiran dan tubuh kita agar menumbuhkan kesadaran serta perhatian penuh terhadap apa yang sedang kita pikirkan atau kerjakan.

Mindfulness merupakan proses dari pengenalan kita terhadap diri sendiri. Lantas, bagaimana sih cara melatih diri untuk melakukan mindfulness?

Melatih Mindfulness dalam Islam

Islam sendiri mengatur banyak hal dalam kehidupan ummatnya. Bahkan islam telah mengajarkan kita cara agar dapat menerapkan mindfulness dalam kehidupan yang kita jalani. Cara tersebut bahkan bisa bernilai ibadah loh, Masyaa Allah. Berikut adalah cara melatih mindfulness dalam Islam:

Sholat Dengan Khusyuk

Saat kita sholat secara khusyuk kita sedang mengarahkan pikiran kita dengan aktifias ibadah tersebut, sehingga hal-hal diluar kegiatan ibadah tersebut jadi tidak terpikirkan.  Sholat dengan khusyuk juga melatih kefokusan kita terhadap satu kegiatan yang sedang kita lakukan.

Selain itu dengan sholat pikiran kita yang tadinya penuh dengan kecemasan dan masalah menjadi lebih jernih, hati kita yang tadinya dilanda kesedihan dan kegalauan jadi bahagia kembali, Masyaa Allah.

Berdzikir

Dzikir sendiri berarti mengingat dan menyebut Allah. Dengan berdzikir hati akan merasa tenang dan damai. Saat hati kita damai dan tenang, pikiran-pun akan ikut merasakan hal yang sama, sehingga kecemasan, kesedihan, kegalauan yang tadinya menghampiri perlahan sirna digantikan dengan ketenanagan batin.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa berdzikir ternyata bisa mengaktifkan syaraf-syraf pada otak, saat kita berdzikir dengan mengucapkan lafadz Allah beberapa kawasan dalam otak menjadi aktif. Berdzikir juga dapat membuat seseorang menjadi lebih sabar dan mampu mengontrol emosi dengan lebih baik.

Bermuhasabah

Bermuhasabah artinya instrospeksi diri. Muhasabah merupakan bagian dari pengenalan diri sendiri sebab dengan mengintrospeksi diri kita dapat mengetahui semua perbuatan, sikap, kelemahan dan kesalahan diri kita sendiri. 

Introspeksi diri adalah cara terbaik bagi ummat islam agar kita dapat menyadari segala kelemahan diri dan dapat memperbaiki kelemahan dan kesalahan diri kita. Dengan rajin melakukan muhasabah terhadap diri sendiri kita juga jadi lebih berhati-hati atas setiap tindakan yang kita lakukan.

Cara Melatih Mindfulness dalam Islam

Kesimpulan

Dengan membiasakan dan melatih mindfulness derngan sholat secara khusyuk, berdzikir dan muhasabah diri berarti kita juga membiasakan diri kita untuk selalu berpikir positif, Kita juga dapat lebih fokus dengan apa yang kita lakukan dan kerjakan, serta dapat memanfaatkan waktu dengan baik.

Melatih mindfulness juga dapat membantu kita dalam mengelolah semua perasaan dan pikiran negatif yang ada dalam diri dan mengubahnya menjadi lebih positif. Dengan melatih mindfulness kita juga dapat dengan mudah menyatukan pikiran dan tubuh kita serta menumbuhkan kesadaran terhadap apa yang sedang kita kerjakan atau pikirkan.

Yuk, latih diri berpikir dan bersikap mindfulness dalam islam dengan sholat, dzikir dan muhasabah!

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕