Mindfulness: Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Bismillahirrahmanirrahim

Mindfulness

Sebagai manusia kita memiliki banyak peran. Ada yang berperan sebagai anak, istri, ibu atau peran lain yang sedang kita jalankan. Peran dan aktifitas tersebut terkadang membuat hidup yang kita miliki menjadi semakin berat dengan ujian dan tantangan. Atau kita sering kali memiliki begitu banyak rencana, begitu banyak to do yang harus kita lakukan dengan berbagai peran yang kita jalankan, bahkan tak jarang ada beberapa dari peran tersebut yang harus kita lakukan secara bersamaan. 

Banyaknya peran dan aktifitas yang kita lakukan terkadang membuat pikiran kita menjadi tidak fokus dan akhirnya pikiran kemana-mana. Kecemasan akhirnya menghampiri, kecemasan ini jika tidak ditangani dengan baik akan melahirkan stress, sedih dan galau. Untuk mengatasi kecemasan yang kita miliki ada baiknya kita menjeda waktu yang kita miliki dengan melakukan kegiatan mindfulness. Apa itu mindfulness?

Pengertian Mindfulness

Mindfulness sendiri merupakan istilah dari kesadaran penuh. Pengertian mindfulness telah dijabarkan oleh beberapa ahli, salah satunya adalah menurut Germel, Siegel dan Fulton (2005) mendefinisikan mindfulness sebagai bentuk perhatian penuh pada kondisi saat ini dan bisa menerimanya dengan penuh kesadaran. Sedangkan menurut Jon Kabat-Zinn mindfulness adalah kesadaran yang muncul dari memperhatikan, dengan sengaja pada saat ini dan tanpa menghakimi.

Secara garis besar mindfulness adalah kegiatan yang kita lakukan secara sengaja untuk menyadari secara penuh apa yang terjadi dengan diri kita agar kita dapat menyatukan pikiran, perasaan dan tubuh kita untuk fokus dengan apa yang kita lakukan.

Tujuan Melakukan Mindfulness

Banyak sekali hal-hal yang terjadi dalam kehidupan kita, terlalu banyak kegiatan dan pekerjaan yang kita lakukan akan membuat diri menjadi rawan terkena stress. Stress yang muncul dapat memicu berbagai emosi negatif. Ada berbagai cara untuk mengatasi tingkat stress ini salah satunya dengan mindfulness.

Adapapun beberapa tujuan kita untuk melalukan mindfulness, adalah sebagai berikut: 

1. Fokus

Mindfulness dapat melatih kita agar lebih fokus dengan keadaan yang terjadi dengan diri kita, baik itu keadaan emosi maupun keadaan sekitar kita dengan panca indra sehingga kita dapat menerima segala sesuatu dengan kelapangan hati, dapat mengelola emosi agar dapat menjadi lebih stabil dan dapat merasakan segala sesuatu menjadi lebih utuh.

2. Memiliki Kesadaran Penuh untuk Menjalani Hidup

Mindfulness dapat meningkatkan daya ingat, sehingga kita dapat memiliki pola pikir yang lebih positif yang dapat membuat  pekerjaan yang kita lakukan menjadi lebih produktif. Selain itu, dengan melakukan mindfulness kita dapat mengelolah dan menjaga suasana hati sehingga kita tidak merasa cemas ketika kita mendapatkan hal-hal yang tidak kita harapkan.

3. Memaafkan dan Mencintai Diri serta Menjalani Hari dengan Penuh Rasa Syukur

Dengan melakukan mindfulness kita sadar akan nilai diri yang kita miliki, sadar betapa berharganya diri kita serta tidak membandingkan diri kita dengan orang lain, sehingga rasa syukur pun terpancar dari kehidupan kita. Beryukur atas diri kita dan beryukur dengan kehidupan kita. Beryukur dengan apapun yang ada dalam diri kita dan kehidupan kita.

Manfaat Melakukan Mindfulness

1. Mengatasi Kesehatan Mental

Mindfulness dapat mengurasi kecemasan berlebihan yang kita rasakan. Sementara kecemasan, stress gelisah yang terlalu berlebihan dapat mengakibatkan gangguan kesehatan mental. Mindfulness yang kita lakukan dapat meningkatkan hormon endorfin yang bermanfaat untuk meningkatkan rasa bahagia dan mengurangi pikiran negatif.

2. Mengendalikan Emosi

Mindfulness yang kita lakukan juga dapat mengendalikan emosi yang ada dalam diri kita sehingga kita merasa lebih tenang saat mendapatkan masalah baru. Mindfulness juga dapat meningkatkan kinerja otak sehingga kita lebih dapat konsentrasi dengan apa yang kita lakukan.

3. Meningkatkan Kesadaran

Melakukan mindfulness dapat memecahkan suatu masalah sehingga dapat meningkatkan pemahaman kita ke arah yang lebih baik.

Kesimpulan

Mindfulness adalah bagian dari proses yang kita lakukan untuk mengenal diri sendiri. Dengan membiasakan diri untuk berpikir dan bersikap positif dengan melakukan mindfulness kita bisa menjadi fokus dengan apa yang kita lakukan, sadar terhadap apa yang terjadi dengan diri dan lingkungan kita serta terhindar darireaksi sesaat yang dapat membuat pikiran dan hati semakin penat.

Dengan melakukan mindfulness hati akan semakin bersyukur dan lebih mudah bersabar dengan apa yang terjadi dengan diri dan kehidupan kita. Hati menjadi lebih merdeka dari rasa gelisah, hilang arah dan tekanan batin. Akhirnya dengan melakukan mindfulness kita bisa semakin banyak tersenyum dan hati kita menjadi lebih nyaman.

Referensi:
Gramedia (2022). Midfulness: Mengenal Lebih Dalam tentang Mindfulness. https://www.gramedia.com/best-seller/mindfulness/

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕