[Review Buku] Happy Moms: Catatan Perjalanan Ibu Menjemput Kebahagiaan

Bismillahirrahmanirrahim

Review Buku Happy Moms

Judul : Happy Moms [: Catatan Perjalanan Ibu Menjemput Kebahagiaan]
Penulis : Zakiyah Darojah, dkk
Prof Reader : Tim Stiletto Indie Book
Desain Cover : Starin Sani
Layout Isi : Tim Stiletto Indie Book
Tahun Terbit : 2017
Jumlah Halaman : 241 Halaman

Buku pertama yang saya selesaikan di bulan Februari, buku yang tidak sengaja saya temukan saat menelusuri kata kunci "Kesehatan Mental Pada Ibu" di bagian pencarian ipusnas, aplikasi perpustakaan digital dari perpustakaan nasional. Judulnya yang menarik membuat saya tidak berpikir lama untuk mengajukan pinjaman.

Buku ini dibuka dengan sebuah puisi indah berjudul "Aku Bertanya Tentang Bahagia" karya Kiki Barkiah, puisi yang mengandung makna yang dalam tentang seorang ibu yang mempertanyakan bahagia. Buku ini dibagi kedalam 4 bagian utama yaitu bagian 1 mengenai inspirasi kebahagiaan, bagian 2 tentang kunci kebahagiaan, bagian 3 yaitu simpul-simpul kebahagiaan serta bagian 4 tentang beberapa tips menjadi ibu bahagia. Buku ini ditulis oleh 31 ibu bahagia yang tergabung dalam Institut Ibu Profesional Jogja. Buku yang berisi 31 kisah beragam dari 31 penulis hebat, Masyaa Allah.

Inspirasi Kebahagiaan

Hati yang damai adalah hati yang bisa menerima setiap keadaan. Dan hadiah bagi hati yang damai adalah kebahagiaan - Zakiyah Darojah - 
Bagian pertama dari buku ini yang terdiri dari 7 kisah yang menginspirasi agar bisa menemukan kebahagiaan dari kondisi dan keadaan yang sedang kita jalani. Bagaimana menemukan bahagia saat momongan tak juga datang ditengah keluarga yang kita bangun. Bagaimana menjalani kehidupan bahagia di tengah kondisi keluarga yang mengharuskan untuk LDM (Long Distance Marriage). Bagaimana cara mengupayakan agar tubuh tetap bugar dan sehat sehingga bisa terus membersamai keluarga. 

Di bagian ini juga ada kisah tentang bagaimana cara berjuang membahagiakan diri agar bisa membesarkan anak yang bahagia. Perjuangan seorang ibu untuk selalu bersyukur dengan apapun yang terjadi di dalam keluarga. Ada juga ibu yang bercerita tentang kerapian rumah yang juga turut andil dalam memberikan kebahagiaan serta bagaimana cara agar kita sebagai ibu bisa mengisi setiap lubang dalam hati kita agar kita senantiasa bisa memberikan kebahagiaan untuk keluarga.

Kunci Kebahagiaan

Allah selalu memilihkan yang terbaik untuk hamba-Nya, namun ... sering kali kita lupa akan hal itu - Lukluk Kholisoh -
Bagian kedua dari buku ini juga terdiri dari 7 kisah yang mengisahkan perjuangan ibu-ibu hebat dalam menemukan kunci kebahagiaan dalam dirinya. Kisah pertama dari bagian ini adalah kisah perjuangan mengejar cita untuk kuliah di tengah peran sebagai seorang ibu dari dua orang anak, tetapi di tengah kesibukan itu dia tidak menemukan bahagia seperti apa yang diinginkan, ternyata kebahagiaannya hanyalah berada dekat dengan keluarga. Ada juga kisah perjuangan yang mengajarkan kita untuk bisa berjuang dengan suasana baru yang kita alami. 

Serta rumus bahagia yang ternyata hanya datang saat hati kita di penuhi dengan rasa syukur serta selalu berusaha mendekatkan diri dengan Sang Pencipta, Sang Pemilik Kebahagiaan. Kita juga bisa menemukan bahagia dengan membesarkan anak sesuai dengan fitrah agamanya sehingga menjadi anak yang sholeh dan sholeha. Dan kunci dari segala kunci bahagia adalah bagaimana kita bisa  merumuskan bahagia dan menciptakan bahagia itu sendiri.

Simpul-simpul Kebahagiaan

Kuatkan Hatimu ... Berbahagialah, meski engkau dipandang sebelah mata. Masih ada Allah yang senantiasa mencintaimu - Hani Fatma Yuniar -
Bagian ketiga dari buku ini menceritakan 9 kisah, bagaimana perjuangan seorang ibu membesarkan anak-anak yang spesial tetapi tetap bisa menemukan bahagianya dalam membesarkan anak spesial penuh cinta mereka. Dukungan seorang suami dalam banyak hal juga sangat mempengaruhi kewarasan dan kebahagiaan seorang ibu, tetapi kita tidak bisa serta merta menggantungkan kebahagiaan pada sosok suami, sebab kebahagiaan sejatinya kita yang tentukan.

Salah satu kebahagiaan terbesar bagi seorang ibu adalah bagaimana ia bisa membersamai tumbuh kembang anak dengan sepenuhnya, tanpa terlewatkan satu momen apapun. Keputusan seorang ibu baik sepenuhnya menjadi ibu rumah tangga ataupun harus mengambil bagian dalam membantu keuangan rumah tangga dengan bekerja di luar rumah sama berharganya, tidak ada yang jauh lebih baik dari yang lainnya. Satu hal yang harus kita tanamkan adalah bagaimana kita senantiasa terus berdoa kepada Allah agar terus memberikan dan memancarkan kebahagiaan-Nya kedalam diri kita.

Tips Menjadi Ibu Bahagia

Waktu yang singkat ini harus diisi dengan sesuatu yang lebih bermanfaat. Berbahagialah bersama keluarga karena kita pantas bahagia - Ani Nursyamsiyah -
Dibagian terakhir buku ini menyajikan 8 kisah. Kisah-kisah ini mengantarkan kita agar bisa menjadi ibu yang bahagia dengan cara senantiasa bersyukur dengan apapun peran yang kita jalani. Di bagian ini juga ada kisah bagaimana seorang ibu berjuang untuk menghapus inner child yang mengganggu kebahagiaannya.

Ada juga tips-tips berharga agar menjadi ibu bahagia dari Bunda Raja-salah satu kontributor di bagian ini. Tips bahagia dengan senantiasa menjadi orang yang berpikir positif dan memaknai tujuh lingkaran bahagia bersama keluarga-pengurus keluarga, bekerja di ranah pubik dan domestik, menjadi fasilitator dan kreator keluarga serta senantiasa memberikan senyum dan doa terbaik untuk keluarga tercinta kita.

Kebahagiaan juga akan mudah kita raih jika kita memiliki tubuh dan mental yang sehat, ada banyak cara yang bisa kita tempuh untuk mengupayakannya. Kisah yang terakhir adalah salah satu tips dari ibu hebat bagaimana menciptakan rumah tanpa TV yang ternyata sangat berpengaruh akan kebahagiaan keluarganya karena mereka jadi memiliki banyak waktu untuk bersendau gurau dan bermain bersama anak-anak.

Kesimpulan

Saya sangat bahagia bisa menemukan dan membacanya buku ini. Dengan membaca buku ini memberikan saya kekuatan agar terus membersamai keluarga dengan penuh kebahagiaan. Menjadi istri, ibu dua bocah lelaki yang Masyaa Allah sangat aktif dan lucu serta menjadi seorang guru yang mengajar di luar rumah pastilah sangat melelahkan, tetapi bagaimana setiap kelelahan itu selalu diniati sebagai ibadah, dan diakhiri dengan penuh kesyukuran. Sebab seperti yang telah di tuliskan oleh ibu hebat dalam buku ini adalah bagaimana kebahagiaan itu tercipta dari setiap rasa syukur yang kita rasakan, dan kebahagiaan sejatinya kita yang ciptakan, Masyaa Allah. Terima kasih untuk ke-31 ibu hebat yang bersedia membagikan kisahnya dalam sebuah buku antolgi yang sarat pesan ini.

2 comments

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕
  1. Anonymous3/2/23 18:26

    Buku yang sangat menginspirasi ... Terima kasih sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya layak sebagai bacaan untuk ibu yang sedang mencari bahagia 💕

      Delete