Kesudahan yang Baik

Bismillahirrahmanirrahim

Kesudahan yang baik

Kematian adalah hal yang pasti akan dihadapi oleh semua makhluk hidup di dunia ini. Tidak ada satupun makhluk yang akan selamat dari kematian, jika saat berpulang telah ditetapkan kita tidak akan bisa bersembunyi kemanapun dan dimanapun.

Berita kematian adalah peringatan untuk kita semua, bahwa kelak nama kitalah yang akan disebut, kelak kitalah yang menjadi subyek disetiap berita duka yang tersebar, kelak jasad kitalah yang terjubur kaku menunggu penguburan. Lantas bagaimanakah kelak kesudahan kita?

Ini yang sekarang menjadi pertanyaan besar khususnya untuk diri saya sendiri. Bagaimana nanti kesudahan hidup saya? Akankah berakhir baik? Semoga berakhir dengan baik, Aamiin.

Kesudahan yang Baik

Saya merasa sangat bahagia jika mendengar berita kematian dengan kesudahan yang baik, seperti hari Jum'at yang lalu saya mendengar berita kematian seorang akhwat di hari yang mulia itu, seorang ibu dari 3 anak sholeha yang mengabdikan diri menjadi mujahidah di jalan Allah dan senantiasa bermuamalah dengan Al-Qur'an melalui rumah tahfidz yang beliau bangun, Masyaa Allah sungguh kesudahan yang terbaik. 

Atau kesudahan orang-orang sholeh lainnya yang menghadapi kesudahan yang indah. Saya pernah membaca kesudahan seseorang yang senantiasa menghabiskan waktunya dengan Al-Qur'an menghadapi kematian dengan kalimat terakhir dari ayat yang ia baca, Masyaa Allah.

Atau kematian orang-orang yang menghadapi kesudahannya dengan keadaan masih suci di dalam sholatnya. Ya Allah berikan saya kesudahan yang baik seperti kesudahan orang-orang yang beriman. Setiap mendengar kesudahan yang baik tak henti-hentinya saya berdoa agar kelak saya juga diberikan kesudahan yang terbaik.

Kesudahan yang Buruk

Semoga kita semua dijauhkan dari kesudahan yang buruk ini. Berapa banyak kita mendengar berita kematian yang begitu menyayat pilu, melihat bagaimana kesudahan orang-orang di jalan maksiat yang mereka jalani. Ada yang meninggal setelah over dosis obat-obatan, atau karena minum minuman oplosan. 

Ada juga berita kematian yang kita dengar di saat orang-orang tersebut melakukan perzinaan di kamar hotel, Naudzubillah. Atau dibunuh oleh selingkuhannya, pacarnya setelah melakukan perzinaan. Saat mendengar kesudahan yang buruk, saya selalu berdoa agar saya tidak mengalami hal yang serupa, Naudzubillah.

Kunci Kesudahan yang Baik

من كان آخرُ كلامهِ لا إلهَ إلَّا اللهُ دخل الجنَّةَ
"Siapa yang diakhir hayatnya bisa mengucapkan La Ilaha Illallah (Tiada Tuhan Selain Allah), maka ia akan masuk syurga." - HR. Abu Daud
Kunci Kesudahan yang Baik

Kesudahan yang baik berasal dari keistiqomahan kita dalam menjalankan amalan yang baik semasa hidup yang kita jalani. Jika kita senantiasa membasahi bibir kita dengan dzikir kapada Allah, maka Insyaa Allah saat menjelang kematian, lisan kita tidak akan susah mengucapkannya. 

Maka hendaknya kita senantiasa memaksa diri untuk terus istiqomah melakukan amalan yang baik, senantiasa berdzikir kepada Sang Pemilik Jiwa. Sehingga saat kematian mendatangi kita telah siap dan lisan tidak akan keluh mengucapkan kunci kesudahan yang baik, La Ilaha Illallah.

Doa Agar Diberi Kesudahan yang Baik

اللَّهُمَّ اجْعَلْ خَيْرَ عُمْرِي آخِرَهُ ، وَخَيْرَ عَمَلِي خَوَاتِمَهُ ، وَخَيْرَ أَيَّامِي يَوْمَ أَلْقَاكَ
"Ya Allah, jadikanlah sebaik-baik umurku pada ujungku, dan jadikan sebaik-baik amalku pada akhir hayatku, dan jadikan sebaik-baik hariku pada saat aku bertemu dengan-Mu." - HR. Ibu As Sunni -

Doa diberikan kesudahan yang baik

Doa yang Masyaa Allah memiliki makna yang mendalam bagaimana kita meminta kepada Allah dihadapkan kematian pada sebaik-baik umur, sebaik-baik amal dan di hari yang terbaik dalam hal ini menurut saya hari kematian terbaik adalah di hari Jum'at, Aamiin Ya Rabbal Alamin

Lafadzkan doa ini di tiap munajat kita kepada Allah, semoga Allah berkenan mengabulkan pinta kita akan kesudahan yang terbaik, Aamiin.

Penutup

Kesudahan yang baik adalah impian setiap umat muslim. Setiap berita kesudahan yang baik datang, kita senantiasa berdoa agar diberikan kesudahan baik yang sama. Kesudahan yang baik hanya datang kepada orang-orang yang selama hidupnya senantiasa istiqomah dalam melakukan kebajikan. Kesudahan yang baik ditandai dengan akhir hayat yang mengucapkan La Ilaha Illallah, lidah tidak akan kelu mengucapkannya jika selama hidup kita senantiasa mengucapkan dzikir kepada Allah.

Maka jika impian kita adalah kesudahan yang baik, handaknya kita berusaha keras melakukan amal kebajikan di sepanjang hidup yang kita miliki dan hendaknya kita senantiasa membasahi lisan-lisan kita dengan dzikurullah.  

Terakhir, jangan lupa untuk meminta kesudahan yang baik tersebut kepada Allah, Sang Maha Penentu, Sang Maha Pemilik, Sang Maha Kuasa, kepada Dzat yang mengabulkan doa dan mengabulkan harapan, semoga Allah berkenan memberikan kesudahan terbaik untuk kita semua, Aamiin.


Referensi:

Republika (2020). Doa Rasulullah SAW Agar Wafat Husnul Khatimah dan Kuncinya. https://www.republika.co.id/berita/qdia49320/doa-rasulullah-saw-agar-wafat-husnul-khatimah-dan-kuncinya

2 comments

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕
  1. masyaallah ... tulisannya menginspirasi ini memang sejatinya kita bercita-cita untuk memiliki kesudahan yang baik: husnul khatimah

    salam semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ... Semoga kita termasuk orang dengan kesudaha yang baik 💕

      Delete