Hidup Terarah dalam Mewujudkan Goals dengan DoCheck

Bismillahirrahmanirrahim

Hidup terarah dalam mewujudkan goals

Sudah awal bulan Februari saja nih! Bagaimana kabar resolusi tahun baru kalian? Bagaimana kabar goals yang kalian tulis? Apakah sudah berjalan? Adakah yang telah terealisasi? Atau masih menjadi sebuah rencana? hehehe.

Di awal tahun biasanya kita akan membuat sebuah resolusi baru, berharap di sepanjang tahun tersebut kita bisa mewujudkan satu per satu resolusi yang telah kita buat. Bagi saya sendiri ada 3 goals yang ingin saya wujudkan di tahun 2023, 2 dari 3 goals tersebut adalah ingin konsisten dalam menulis -- dalam hal ini konsisten ngeblog, dan ingin menurunkan berat badan, hehehe.

Tentunya saya tidak menuliskan goals tersebut tanpa rencana -- sudah ada beberapa rencana yang telah saya susun agar bisa merealisasikan goals yang telah saya tulis, tetapi kesibukan dengan berbagai peran yang saya jalani -- sebagai istri, ibu dua anak dan sebagai seorang guru di sekolah dasar -- terkadang membuat saya sedikit sulit dalam memanejemen waktu agar semua goals yang telah saya tuliskan bisa tercapai.

To Do List dan Manfaatnya

Untuk membantu saya memanajemen waktu, saya memilih menerapkan to do list dalam setiap rencana yang ingin saya lakukan. Kenapa saya memilih membuat to do listTo do list adalah kumpulan list pekerjaan yang akan dilakukan dalam waktu tertentu dan dapat membuat saya lebih fokus dengan tugas yang penting.

Memilih menggunakan to do list ternyata memiliki banyak manfaat seperti yang saya rangkum dari website DoCheck, diantaranya:

1. Mengefisienkan waktu yang saya miliki

Dengan membuat list rencana kegiatan atau pekerjaan yang saya lakukan, secara tidak sadar membuat saya lebih megefisienkan waktu, karena saya bisa tahu apa yang akan saya lakukan selanjutnya tanpa menunda-nunda waktu.

2. Memiliki semangat untuk menyelesaikan pekerjaan

Dengan merumuskan dan menuliskan to do list maka saya akan mempunyai semangat yang tinggi untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan, sebab jika saya menundanya maka tugas yang saya miliki akan semakin menumpuk. Perasaan juga akan sedikit lebih lega jika melihat task dalam to do list saya telah terlaksana, ditandai dengan adanya coretan selesai.

3. Tugas menjadi lebih terstruktur

Dengan menuliskan to do list saya menjadi tidak bingung dengan apa yang akan saya lakukan atau apa yang akan saya kerjakan, karena sebelumnya saya sudah menuliskan task-task yang akan saya lakukan, sehingga saat eksekusi dimulai saya sudah punya jalur pelaksanaannya.

4. Membuat hidup menjadi lebih produktif

Membuat to do list membuat hidup saya menjadi lebih produktif, tidak ada lagi kata mager dalam hidup yang saya jalani, sebab setiap rencana, goals ataupun pembelajaran baru yang ingin saya lakukan dan kuasai menjadi lebih mudah untuk diwujudkan.

to do list dan manfaatnya

Mewujudkan Goals dengan DoCheck

Untuk memudahkan dalam mewujudkan goals, saya membuat to do list menggunakan bantuan aplikasi DoCheck. Aplikasi sosial to do list yang memudahkan kita dalam mengatur semua pekerjaan, tugas, hingga rutinitas harian sesuai kebutuhan. 

Aplikasi DoCheck membantu kita dalam mewujudkan goals dengan cara menuliskan goals yang ingin kita capai dilengkapi dengan task-task yang akan kita lakukan guna mewujudkan goals tersebut. Tidak hanya itu, kita juga bisa menandai task yang telah kita lakukan ataupun goal yang telah kita capai, selain itu kita juga bisa melihat perkembangan dari setiap goals yang kita buat melalui progres bar yang ada di setiap goals.

Kalian bingung menentukan goals atau task yang akan kalian lakukan? Tenang saja, di dalam aplikasi DoCheck kita bisa menemukan ribuan inspirasi dalam bentuk to do list. Jadi tidak ada lagi istilah "Duh ... aku mau bikin apa yah?" karena semuanya sudah ada di bagian rekomendasi DoCheck.

mewujudkan goals dengan docheck

Konsisten Menulis dan Berolahraga dengan DoCheck

Seperti yang sudah saya tuliskan di atas, kalau 2 goals saya tahun ini adalah bisa terus konsisten dalam menulis dan berolahraga. Untuk mewujudkan hal tersebut saya harus menuliskan semua langkah yang akan saya lakukan dalam sebuah to do list di aplikasi DoCheck. 

Wah ... Masyaa Allah memudahkan sekali, biasanya saya menuliskan to do list di sebuah buku, tapi kelemahannya adalah saya tidak bisa membawa buku tersebut kemana-mana, dengan aplikasi DoCheck saya bisa mengecek setiap progres yang saya lakukan untuk mewujudkan goals hanya dari handphone.

Penutup 

Hidup hendaknya selalu terarah menuju setiap tujuan baik yang telah kita rencanakan. Hidup tanpa rencana membuat kita tidak termotivasi untuk melakukan sesuatu yang berarti yang berujung pada hidup yang monoton dan kita tidak punya standar sukses untuk diri kita sendiri, alih-alih justru akan membawa kita ke jalan hidup yang salah. Hidup itu harus terarah bukan terserah karena hidup harus punya makna.


Referensi:

DoCheck Blog (2022). To Do List Harian: Membuat Daftar Kegiatan untuk Manajemen Waktu. https://docheck.id/to-do-list-membuat-daftar-kegiatan-untuk-manajemen-waktu/

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕