Yuk, Efisienkan Waktu yang Kita Miliki!

Bismillahirrahmanirrahim

Mengefisienkan Waktu


Waktu adalah sesuatu yang sangat berharga yang kita miliki. Setiap manusia memiliki waktu yang sama dalam sehari yaitu 24 jam, tidak ada seorang pun di dunia ini yang memiliki kelebihan waktu bahkan sedetik. Tetapi sering kali kita menemui orang dengan waktu yang sama bisa lebih produktif ketimbang diri kita.

Kita dengan waktu 24 jam tersebut mungkin saja melewati sebagian waktu tersebut dengan terlalu banyak scroll media sosial, atau mungkin malah kebanyakan tidur dan bermalas-malasan, bagaimana mau jadi orang yang produktif kalau menggunakan waktu saja kita tidak bisa bijak, padahal yang kita habiskan dengan kesia-siaaan adalah waktu yang kita miliki sendiri.

Sangking berharganya, banyak orang yang mengartikan waktu sebagai uang, ada pula yang mengatakan bahwa waktu adalah pedang yang jika tidak digunakan dengan baik maka akan berbalik menebas kita, memotong kebermanfataan hidup kita.

Maka itulah pentingnya mengatur waktu yang kita miliki dalam 24 jam tersebut agar dapat memberikan kemanfaatan yang maksimal kepada kita. Jangan membuang waktu berharga yang kita miliki! Jangan suka menunda-nunda waktu!


Lalu bagaimana cara kita agar dapat mempergunakan waktu yang kita miliki secara efisien?

Waktu sangatlah berharga, berapa banyak orang yang telah menyia-nyiakan hidupnya, menangis tersedu-sedu karena telah menghabiskan waktu yang ia miliki dengan ketiadaaan. Banyak orang dimasa tuanya ingin kembali mengulang waktu di masa mudanya agar ia bisa memperbaiki kesalahannya dalam menyia-nyiakan waktu ia dapatkan di waktu mudanya.

Jadi yuk, mumpung kita masih muda, belajar dari sekarang efisienkan setiap waktu yang kita miliki, jangan bermalas-malasan, jangan terlalu terlarut dalam media sosial yang melalaikan, dan jangan menunda-nunda waktu!

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan agar bisa mengefienkan waktu yang kita miliki dengan kebermanfaatan.

Sadari Betapa Berharganya Waktu yang Kita Miliki

Waktu berhargamu


Sadari terlebih dahulu betapa berharganya tiap detik yang kita miliki, saat kita menyadari bahwa waktu sangatlah berharga, maka kita akan merasa sangat menyesal saat kita telah menyia-nyiakan bahkan sedetik saja dari waktu yang telah kita miliki. Sadari keberhargaannya dan kita akan sangat merasa kehilangan karena telah menyia-nyiakan keberadaaanya.

Buat To-Do List

Buat To DO List


Sediakan satu catatan khusus yang kita gunakan untuk menuliskan semua hal yang akan kita lakukan, atau semua hal terlintas dalam kepala kita. Lalu buat lagi satu catatan khusus untuk menuliskan To-Do List kita, buat catatan berdasarkan hari, misalnya hari Senin apa yang akan kita lakukan, atau aktivitas apa yang kita ingin lakukan, hari Selasa apa, hari Rabu apa, begitu seterusnya selama sepekan kedepan. Sehingga kita tahu apa yang akan kita lakukan dan perbuat selanjutnya, apa yang harus kita siapkan, dll.


Buat Skala Prioritas

Buat skala prioritas


Setelah menuliskan semua hal yang akan kita lakukan, langkah selanjutnya adalah memilah berdasarkan kepentingan yang kita miliki. Yang mana yang harus dan segera dilaksanakan, yang mana yang bisa kita tunda terlebih dahulu, yang mana yang bisa kita skip, dll. Tentukan skala prioritas dari segala aktivitas yang akan kita lakukan. Tentukan mana pekerjaan yang paling penting dan urgent yang harus kita lakukan.

Hindari Segala Kemungkinan Adanya Gangguan

Hindari gangguan


Hal selanjutnya setelah membuat to-do list dan menentukan skla prioritas adalah mencoba semaksimal mungkin untuk menghindari segala kemungkinan yang bisa menyebabkan gangguan saat kita melakukan apa yang semestinya kita lakukan, contoh saat kita sudah bertekad mengerjakan sesuatu, cari tempat yang sekiranya aman dari gangguan atau distraksi yang dapat mengalihkan perhatian kita, dengan jalan mencari tempat kerja yang nyaman, bisa di dalam kamar atau di manapun yang memungkinkan kita dapat bekerja dengan aman tanpa gangguan.

Istirahat yang Cukup

Istirahat cukup


Terakhir yang tidak kalah penting adalah istirahat yang cukup. jangan terlalu memforsir diri dalam bekerja atau melakukan segala sesuatu yang telah kita rencanakan. Sediakan waktu yang cukup untuk beristirahat yang baik, waktu tidur yang di rekomendasikan adalah sekitar 7-8 jam sehari, pergunakan waktu tidur itu dengan baik, hindari begadang apapun alasannya, walaupun alasan tersebut adalah untuk bekerja. No! jangan gadaikan kesehatan yang kita miliki dengan terlalu banyak begadang. Kesehatan yang kita miliki sama berharganya dengan setiap detik waktu kita.


Penutup

Diatas adalah sedikit tips untuk lebih mengefisienkan waktu yang kita miliki. Mumpung sekarang sudah bulan Desember, sebentar lagi sudah tahun 2023, jadikan tips diatas untuk membangun resolusi di tahun 2023 dengan lebih mengefienkan waktu yang kita miliki, sehingga di tahun depan kita bisa menjadi manusia yang lebih produktif tidak membuang waktu berharga kita dengan sesuatu yang tidak mendatangkan manfaat untuk kita.

2 comments

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕
  1. terima kasih sudah berbagi. Prioritas itu penting dan waktu perlu dikelola

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ... Kalau kita ndak bisa atur waktu dengan baik rugi kitanya 🤭

      Delete