[Review Journal Planner] The Saleha Planner: 5-Minutes Mindfulness Journal

Bismillahirrahmanirrahim

Review The Saleha Planner

Menjelang akhir tahun biasanya kita akan mulai memikirkan tentang resolusi hidup kita di tahun yang akan datang. Mulai ingin menuliskan tiap mimpi dan harapan kita di tahun yang baru, berharap semoga tahun yang akan datang bisa lebih baik ketimbang tahun sebelumnya.

Saya juga sekarang ini telah memikirkan beberapa resolusi yang Insyaa Allah menjadi tujuan saya di tahun 2023 yang akan datang. Dan saat menyusun resolusi ada baiknya jika kita dapat menuliskannya. 

Ada banyak cara sebenarnya dalam menulis resolusi tahun baru kita, bisa dengan menuliskannya di kertas besar lalu menempelnya di dinding, bisa juga dengan menuliskannya di buku tertentu. Saya sendiri lebih memilih untuk menuliskannya di sebuah jurnal.

Saya memilih untuk menuliskan semua mimpi dan harapan saya dalam sebuah jurnal planner, sekaligus ingin belajar lebih baik dalam kegiatan journaling yang katanya mempunyai banyak manfaat.

Journaling dan Manfaatnya

Journaling adalah menuangkan seluruh pikiran, perasaan, resolusi dan harapan kedalam bentuk tulisan. Menulis jurnal mampu memusatkan perhatian kita kedalam aspek positif dalam hidup kita. Ketika kita rutin menuliskan perkembangan dan kemajuan dalam hidup, kita jadi bisa memantau sejauh mana usaha yang telah kita lakukan dalam mewujudkan mimpi yang telah kita tuliskan.

Ternyata setelah saya searching ada banyak sekali manfaat dari kegiatan jurnaling ini, salah satu yang paling sering di tekankan adalah dari segi kesehatan mental. Berikut ini beberapa manfaat kegiatan journaling untuk kesehatan mental yang saya rangkum dari website klikdokter:

  • Mengurangi Kecemasan
  • Mengelolah Emosi
  • Mengatasi Depresi
  • Membantu Mengatasi Trauma
  • Membantu Mencapai Tujuan
  • Meningkatkan Rasa Percaya Diri
  • Memperkuat Memori
Saya sendiri merasa sangat terkejut ketika membaca banyak manfaat dari kegiatan journaling ini, awalnya saya hanya mengira kalau kegiatan journaling ini hanya bermanfaat untuk membantu kita merencanakan kehidupan kita, layaknya seperti fungsi planner biasa. Ternyata manfaat jounaling lebih dari sekedar kegiatan menulis biasa, tetapi ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan mental kita.

The Soleha Planner: 5-Minutes Mindfulness Journal

Bahagianya saya karena Aqwam  store sedang mengadakan Pre Order untuk The Saleha Planner ketika saya memang sedang mencari journal planner untuk menemani saya menuliskan dan mewujudkan semua resolusi yang akan saya lakukan di tahun 2023 mendatang.

Haru Sabtu 17 Desember yang lalu, The Saleha Planner yang saya nantikan akhirnya mendarat cantik di tangan saya. Sesuai ekspektasi journal planner ini memang menjawab semua kebutuhan saya.

Spesifikasi

Spesifikasi The Saleha Planner: 5-minutes mindfulness journal

Isi Dari The Saleha Planner

Beautiful Soul is Yours

 Kecantikan jiwa adalah milikmu merupakan tagline dari The Saleha Planner: 5-Minutes Mindfulness Journal ini. Woww .... Memompa semangat kita dalam memperbaiki diri dan jiwa ke arah yang lebih baik, sehingga tidak hanya fisik kita yang cantik, tetapi kita juga dapat memiliki jiwa yang sama cantiknya.


The Saleha Planner

Buku ini dilengkapi bonus 1 scrapbook dan stiker cutting yang bisa kita gunakan. Scrapbook nya bisa kita bawa kemana-mana karena ukurannya yang mungil, bisa kita gunakan sebagai notes. Dan stikernya lucu-lucu, D SAF sudah sangat excited untuk menempelkan stiker ini di journal saya, hehehe.

The Saleha Planner

Saat kita mulai membuka journal planner ini, maka kita akan disambut dengan tulisan "Start With Bismillah" dan "and Then The Journey Begin" dengan ilustrasi yang cantik, Masyaa Allah keren. Kita di ingatkan untuk memulai semua hal dengan "Bismillah"

The Saleha Planner

Jangan lupa untuk menuliskan biodata kita di bagian depan dari jounal ini. Ada tempat untuk menuliskan nama, alamat, media sosial yang kita miliki, serta qoute favorit kita.

The Saleha Planner

Lalu ada kelender 2023 dan kelender 2024. Di bagian kelender ini juga di lengkapi dengan kelender puasa, jadi kita tidak usah pusing lagi memikirkan kapan waktu yang tepat untuk puasa sunnah di setiap bulannya.

The Saleha Planner

Ada bagian "My Goal" yang bisa kita tuliskan dengan semua resolusi tahun baru yang telah kira rancang dan susun. Ada bagian "Hope dan Pray" yang bisa kita isi dengan harapan dan doa kita di tahun ini.

The Saleha Planner

Ada bagian "My Bookshelf" juga yang bisa kita warnai dan isi dengan judul buku yang telah kita baca di tahun ini, saat memotivasi kita dalam membangkitkan literasi kita. Targetkan bacaan kita tiap bulan, jumlah buku dalam bookshelf ini adalah 25 buku. Jika kita mau mengisinya secara full maka targetkan agar membaca 1-3 buku/bulan.

Ada "Period Tracker"nya juga yang bisa kita warnai sesuai dengan tanggal waktu periode manstruasi kita sebagai wanita, hihihi.

The Saleha Planner

Lalu ada "Mindfulness Challenge" yang bisa terapkan. Saya pribadi tertantang untuk menchallenge diri agar menerapkan tips mindfulness di journal planner ini.

The Saleha Planner

Journal Planner ini terbagi kedalam monthly planner, weekly planner dan daily planner. Di setiap monthly planner ada bacaan pembangun jiwa yang sangat baik untuk kita baca dan terapkan dalam kehidupan kita. Lalu ada halaman yan bisa kita isi sesuai dengan topik di tiap bulannya.

The Saleha Planner
 
Di halaman berikutnya ada bagian "To Do List" yang bisa kita isi setiap harinya. Ada tempat untuk semua hari mulai dari hari senin-ahad di pekan tersebut. 

The Saleha Planner

Lalu ada "Habbit Tracker" yang bisa kita isi dengan kebiasaan baik yang kita lakukan dalam sepekan itu, ada "Water Tracker" yang bisa kita warnai untuk melihat ketersukupan air minum kita setiap harinya dan ada "Mood Tracker" yang bisa kita warnai sesuai dengan mood kita di hari itu.

The Saleha Planner

Ada bagian yang kita isi dengan rutinitas dzikir pagi, dzikir petang, menghadiri majelis ilmu, sedekah, puasa sunnah, silaturahmi dan tilawah kita. Masyaa Allah.

The Saleha Planner

Juga ada "Shalat Tracker" yang bisa kita isi dengan rutinitas harian ibadah sholat kita, sholat wajib maupun sholat sunnah, mulai dari sholat tahajjud hingga sholat witir.

The Saleha Planner

Juga ada "Tadabur Tracker" yang bisa kita tulis dengan ayat dan terjemahan Al-Qur'an yang kita tadaburi. Juga ada tempat untuk menuliskan Surah dan ayat yang telah kita baca di hari itu.

The Saleha Planner

Lalu ada bagian tabungan haji kita setiap harinya. Memotovasi kita untuk menyisihkan uang agar mampu menunaikan rukun islam ke-5. Masyaa Allah.

The Saleha Planner

Setelah kita 12 bulan telah terisi dengan aktivitas dan resolusi bulanan kita. Di akhir planner ada bagian refleksi kita mengenai 1 tahun yang telah kita lewati. Bisa kita isi dengan hal yang kita syukuri di tahun itu dan apa yang kita pikirkan saat itu.

The Saleha Planner

Juga ada bagian "Best Moment" yang bisa kita isi dengan gambar/foto atau qoute yang kita rasa sangat berharga di tahun itu. Untuk menutup tahun dengan rasa syukur dan refleksi mendalam tentang pencapaian kita di tahun itu.

The Saleha Planner

Di bagian paling akhir journal planner ini ada banyak halaman kosong, yang bisa kita isi sesuai dengan keinginan kita, bisa dengan curhatan, hihihi ... atau dengan gambar dan ilustrasi yang kita buat atau apa saja yang ada di pikiran kita untuk mengeluarkan semua rasa yang ada di benak kita.

Penutup

Secara keseluruhan saya sangat suka dengan journal planner ini. The Saleha Planner: 5-Minutes Mindfulnees Journal. Sesuai dengan namanya hanya dengan 5 menit kita sudah bisa mengisi jurnal ini, kegiatan journaling ini bisa kita lakukan di subuh/pagi hari sebelum melakukan aktivitas harian kita, sehingga jatuhnya sebagai planner atau bisa kita isi di malam hari menjelang tidur sebagai refleksi harian kita.

Semoga dengan adanya journal planner ini saya bisa mengefisienkan tiap detik yang saya punya agar bisa membawa kebermanfaatan bagi diri saya. Dan dengan begitu semua resolusi yang telah disusun bisa berjalan dengan baik dan sampai ke tujuan yang saya inginkan. Semangat menyongsong tahun baru yang lebih baik!


Referensi:

https://aqwam.com/detail/035-AZN
https://web.facebook.com/kejarmimpi.id/posts/faktanya-journaling-bisa-jadi-kegiatan-buat-menuangkan-pikiran-perasaan-resolusi/4855284661194915/?_rdc=1&_rdr
https://www.ruangguru.com/blog/manfaat-journaling
https://www.kejarmimpi.id/lebih-positif-dengan-mulai-menulis-jurnal-begini-caranya.html
https://www.klikdokter.com/psikologi/kesehatan-mental/manfaat-journaling

2 comments

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini ๐Ÿ’•
  1. Wah keren banget mbk, jadi pengen coba journaling juga karena saya belum pernah coba. Kalau baca tulisan di atas kayaknya beli buku journaling gitu kayak nuntun kita buat lebih produktif dan positif ya..
    Pengen banget๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya juga baru mau mulai kegiatan jurnaling ... Kalau liat isi dalamnya sih memang bantu banget untuk merencanakan hari ๐Ÿ‘

      Delete