Memperkenalkan Anak pada Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan

Bismillahirrahmanirrahim

Memperkenalkan Anak pada Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan sudah memasuki hari-hari terakhirnya. Bagaimana Ramadan kalian? Saya harap semuanya dalam keadaan yang sehat dan dapat memanfaatkan 10 hari terakhir Ramadan ini dengan baik dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan memberikan kebermafaatan untuk orang lain.

Bulan Ramadan ini merupakan waktu yang tepat untuk mengasah kepekaan kita terhadap orang-orang yang ada disekitar kita dengan kegiatan-kegiatan sosial. Saya sendiri adalah seorang ibu dari dua anak lelaki yang tahun ini berusia 6 dan 7 tahun. Tahun ini mereka memulai tahapan puasa pertama mereka---walau masih tahap penyesuaian dengan puasa setangah hari lalu dilanjut sampai dengan waktu berbuka.

Selain memperkenalkan puasa dan sholat tarawih---yang merupakan ibadah inti di bulan Ramadan ini, saya dan suami juga mulai mengajarkan nilai-nilai sosial kepada anak-anak dan memperkenalkan mereka pada beberapa kegiatan sosial yang bisa dilakukan di bulan Ramadan.

Melibatkan anak-anak pada kegiatan sosial di bulan Ramadan Insyaa Allah akan membantu mereka dalam memahami pentingnya berbagi dan penduli terhadap sesama, seperti halnya mengajari mereka tentang makna berpuasa maka megajari mereka tentang makna berbagi dan peduli sesama juga punya cara tersendiri sesuai dengan bahasa yang mereka mengerti.

Manfaat Memperkenalkan Anak pada Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan

Memperkenalkan kegiatan sosial pada anak-anak memiliki banyak manfaat, seperti:

Melatih Kepedulian Anak

Anak-anak sedari dini sudah punya sense tersendiri terkait dirinya dan lingkungan sosialnya, dengan memperkenalkan kegiatan sosial pada anak-anak, maka kita lebih melatih kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar. Mereka mulai memperhatikan lingkungan sekitar tempat tinggal mereka---melihat anak-anak lain yang tidak seberuntung dirinya dan mengembangkan rasa kepedulian dan empati dalam dirinya.

Mengajarkan Rukun Islam kepada Anak

Kegiatan-kegiatan sosial di bulan Ramadan juga sangat sesuai dengan ajaran rukun Islam, terutama pada pengamalan rukun islam ke-tiga yaitu membayar zakat. Melalui kegiatan sosial anak-anak Insyaa Allah dapat belajar tentang pentingnya memberikan dan membagikan sebagian rezeki kepada anak-anak atau orang lain yang kurang beruntung dibanding diri kita.

Melibatkan Anak pada Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan

Menyediakan Makanan untuk Orang yang Berpuasa

Setiap Ramadan tiba, masjid akan selalu membuat jadwal untuk orang-orang yang akan menyediakan makanan berbuka. Momen mengadakan buka puasa untuk orang yang sedang berpuasa di masjid ini saya jadikan starter point dalam memperkenalkan kegiatan sosial kepada anak-anak kami. Cara yang saya lakukan dalam memperkenalkannya adalah dengan mengajak anak-anak untuk membantu saya dalam menyiapkan makanan berbuka dan bersama-sama membawanya ke masjid.

Mengajak Anak untuk Rutin Bersedekah

Salah satu yang saya terapkan untuk mulai memperkenalkan anak-anak pada kegiatan sosial adalah dengan mengajak anak-anak untuk rutin bersedah dimanapun mereka melihat kesempatan untuk bersedekah. Saya selalu menyelipkan lembar uang untuk anak-anak dan mentipkannya agar mereka memasukkan uang tersebut ke tempat kotak amal yang mereka temui di masjid atau di tempat0tempat umum---tapi saya tidak pernah mengajarkan mereka untuk memberikan kepada pengemis, karena saya tidak yakin kalau pengemis yang kita jumpai adalah betul-betul orang yang membtuhkan. Saya lebih percaya ke masjid atau kotak amal Laznas yang memang sudah jelas terpercaya.

Penutup

Mungkin masih sangat sederhana, masih banyak kegiatan sosial yang belum saya perkenalkan untuk anak-anak mengingat ketidaksempurnaan kami sebagai orang tua. Insyaa Allah di tahun-tahun depan, saat usia anak-anak semakin matang, kami akan memperkenalkan lebih banyak kegiatan sosial lainnya termasuk sahur on the road atau membagikan takjil Ramadan di jalan, dll yang sekiranya bermanfaaat untuk sesama---semoga Allah memberikan kelapangan rezeki bagi keluarga kami dan umur yang panjang untuk membersamai anak-anak dalam kebaikan.

Memperkenalkan anak-anak pada kegiatan sosial di bulan Ramadan adalah hal yang harus kami perhatikan agar Insyaa Allah anak-anak kelak dapat menjadi pribadi yang peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungannya. Dengan melibatkan anak-anak pada kegiatan sosial, Insyaa Allah anak-anak dapat belajar dan mengembangkan ke-empatian, kepedulian dan punya semangat berbagi untuk orang lain.

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕