Menyambut Lebaran dengan Kue Khas Lebaran ala SAF Family

Bismillahirrahmanirrahim

Menyambut lebaran dengan Kue Khas lebaran

Lebaran sisa beberapa hari lagi. Ada yang sudah siap dengan kue khas lebarannya? Kalian tim yang mana nih, tim yang rempong buat kue atau tim yang ingin praktis sisa membeli kue lebaran? Hehehehe ... Oh iya kami sekeluarga sekarang sudah ada di kampung halaman---Kota Makassar, sejak hari Jum'at yang lalu kami sampai disini dari Kabupaten Mamasa jadi setidaknya sudah hampir satu pekan kami menikmati suasana Ramadan di kampung halaman, Alhamdulillah.

Momen mendekati lebaran memang waktu yang paling sibuk yah? Hahahah ... harus berburu dengan baju lebaran, kue lebaran dan nantinya akan berburu dengan sajian lebaran berupa ketupat dan teman-temannya. Untuk baju lebaran, kami sendiri sudah menyiapkan beberapa hari yang lalu---baju DSAF aka Kakak Fatih dan Adek Fayyad sudah kami beli bahkan sejak kami di Mamasa, hehehe, sisanya untuk baju lebaran saya dan Pak Suami baru kami beli beberapa hari yang lalu tepatnya sejak saya mendapatkan gaji bulan April, hahahah.

Kembali ke bahasan utama kita di postingan kali ini, jadi dua hari ini saya dan mama disibukkan dengan urusan kue lebaram. Sejak hari Senin yang lalu, saya dan mama sudah bergerilya untuk membeli bahan-bahan kue, lalu kemarin dan hari ini kami harus berkutat di dapur untuk membuat dan memanggang kue lebaran, hahaha. Saya baru saja selesai membuat kue saat memutuskan untuk menuliskan postingan ini---karena jika saya menundanya, maka dapat dipastikan kalau saya akan sedikit ketetran mengejar target tulisan untuk ikut BPN Challenge, hehe.

Tradisi Membuat Kue Khas Lebaran di Keluarga Kami

Tradisi Membuat Kue Khas Lebaran di Keluarga Kami

Kami bukan keluarga yang jago membuat kue, maka momen pembuatan kue khas lebaran dapat dipastikan hanya terjadi sekali dalam setahun atau setidaknya dua kali dalam setahun di setiap idul fitri dan idul adha. 

Maka, setiap tahun, saya dan mama pasti akan kebingungan dengan resep yang mana yang akan kami ikuti---sayangnya kami tidak punya resep kue lebaran yang pasti, setiap tahun kami pasti akan mengandalkan resep yang ada di internet dengan melakukan sedikit modifikasi.

Mama hanya punya seorang putro yaitu saya sedangkan adekku adalah seorang laki-laki---saya hanya dua bersaudara, maka saya ingat sekali, dulu sebelum saya menikah, semua keluarga kami punya perannya masing-masing saat waktu pembuatan kue lebaran di mulai.

Mama bagian membuat adonan, saya bagian membentuk kue, adekku Imran bagian pemanggangan dan bapak bagian tukang beli bahan, hahaha. Beberapa tahun belakangan ini ketika saya sudah menikah dan adekku sudah mulai sibuk dengan kerjaannya sendiri, skema pembuatan kue ini sedikit berubah.

Dulu waktu anak-anak masih kecil, saya akan menitipkan dulu kedua bocah saya di kakak ipar saya, heheh dan datang ke rumah mama untuk membuat kue dengan dibantu oleh Pak Suami---biasanya Pak Suami kebagian di bagian oven. Alhamdulillah beberapa tahun ini, anak-anak sudah bisa sedikit membantu, walau biasanyanya hanya semangat di awal, hahaha, tapi setidaknya mereka sudah bisa sedikit diandalkan.

Tahun ini pun seperti itu, Kakak Fatih dan Adek Fayyad secara bergantian membantu saya untuk memixer semua campuran bahan kue, lalu mereka juga sangat semangat untuk membantu saya dalam membentuk kue, dan memberikan olesan pada kue. 

Beberapa Kue Khas Lebaran ala SAF Family

Seperti yang sudah saya tuliskan diatas, kalau kami hanya membuat kue di momen lebaran, maka setiap tahun kami akan mengandalkan resep yang berliweran di internet. Tahun ini kami membuat 4 macam kue, yaitu kue nastar (kue andalan Bapak), kue sagu, kue coklat dan kue sprinkle.

Kue Nastar

Ini adalah kue pertama yang kami buat kemarin---kami mulai membuat kue di pukul 9 pagi. Untuk resepnya kami ambil dari webisite fimela.com yang sedikit kami modifikasi.

Resep asli

resep nastar
Resep Kue Nastar | Sumber: Fimela.com

Resep modifikasi ala SAF Family

Bahan Kue

  • 700 gram mentega blueband
  • 4 butir kuning telur
  • 160 gram maizena
  • 400 gram susu bubuk
  • 100 gram gula bubuk
  • 2 sdt vanilla essense
  • 700 gram tepung terigu
  • Selai Nanas

Bahan Olesan

  • 2 kuning telur
  • 1 sdm minyak goreng
  • 1 sdm susu chair UHT
  • Beberapa tetes pewarna makanan kuning telur

Kue Sagu Keju

Kami membuat Kue sagu karena kebetulan mama punya tepung sagu di rumah yang sama sekali belum di pakai. Jadilah saya bergerilya mencari resep kue sagu yang ada Dan bahan-bahannya mudah didapatkan. 

Untuk resep Kue sagu sendiri saya ambil dari website frisianflag dengan banyak modifikasi, karena ternyata saat pertama membuat ya, kue sagunya sangat lembek Dan sangat rapuh, hehehe.

Resep asli

resep Kue sagu
Resep Kue Sagu | Sumber: Frisian Flag

Resep modifikasi ala SAF Family

  • 600 gram tepung sagu
  • 200 gram mentega bluband
  • 170 gram gula halus
  • 60 gram susu bubuk
  • 60 ml santan
  • 2 butir telur
  • 200 gram Keju parut
  • Sejumput garam

Kue Coklat

Untuk resep Kue Coklat, kami ambil dari website cookpad. Resep ini sudah sangat sesuai dengan bahan yang kami punya Dan hasilnya juga sudah sangat sesuai dengan yang kami harapkan, jadi untuk resep ini sama sekali tidak ada modifikasi. Kue yang kami buat sama persis dengan resep yang ada hanya saja kami membuat dengan jumlah Dua Kali lipat dari resep asili.

Resep Asli

resep Kue coklat
Resep Kue Coklat | Sumber: Cookpad


Kue Sprinkle

Ini adalah resep gabut hasil dari pencarian resep untuk menghabiskan sisa bahan yang ada, Maka says menemukan resep di cookpad, tapi resep aslinya menggunakan messes, sayangnya kami tidak punya messes jadi mesesnya kami ubah jadi sprinkle warna-warni Dan ternyata hasilnya jauh lebih cantik, heheheh.

Resep asli

resep Kue sprinkle
Resep Kue Meses/Sprinkle | Sumber: Cookpad

Resep modifikasi ala SAF Family

  • 400 gram mentega bluband
  • 120 gram gula halus
  • 2 kuning telur
  • 2 sachet susu bubuk
  • 100 gr maizena
  • 1 sdm vanilla essense
  • 2 bungkus springkel warna-warni

Cerita di Balik Pembuatan Kue Lebaran

Sayang untuk dilewatkan adalah momen DSAF---Kakak Fatih Dan Adek Fayyad membantu saya Dan mama membuat Kue. Jadi saat saya memberitahukan mereka kalau kami akan membuat Kue, mereka tentu saja sangat bersemangat, Maka mereka dengan sangat senang membantu saya Dan mengambilkan saya beberapa alat yang saya butuhkan saay membuat Kue, seperti karpet untuk alas, mixer, loyang, dll.

Cerita di Hari Pertama Pembuatan Kue

Hari pertama Pembuatan kue

Kakak Fatih kebagian untuk bagian mixer Kue pertama yaitu Kue Nastar, proses mixer cukup lancar sampai dengan proses pembentukan kue---kami bahkan Masih sempat berfoto, heheheh. Drama dimulai saat mereka berebutan untuk mengoleskan Kue Nastar, hahaha ... masing-masing mau berpartisipasi untuk mengoles, Maka Kakak Fatih membuat aturan dengan membagi loyang Kue Nastar, tapi eh tapi ... sang adik tidak puas Dan mengambil bagian sang Kakak, Maka dapat dipastikan Kakak Fatih mengamuk Dan akhirnya ngambek tidak mau membantu, jadilah sepanjang sisanya hanya Adek Fayyad ikut membantu, heheheh.

Kue kedua yang juga kami buat di hair pertama---kemarin---sedikit drama karena kompor yang bermasalah, Dan kemudian Kue kloter pertama yang ternyata sangat lembek Dan rapuh, hehehe. Setelah beberapa modifikasi jadilah kami menemukan formlasi yang tepat untuk resep Kue Sagu ini, tapi semuanya sudah sangat terlambat karena Kue yang bagus ini hanya jadi beberapa loyang saja, hahaha. Tidak apa-apalah toh Kue Sagu yang pertama kami buat it rasanya juga sudah sangat enak, Dan Masih layak untuk dimakan hanya sangat rapuh untuk dipegang, hahaha. Kata adikku, nanti kalau ada yang protest bilang saja 

"Kuenya selembut dan serapuh hati yang membuatnya, hahahah"

Cerita di Hari Kedua Pembuatan Kue

Kue lebaran

Hari Kedua adalah Hari ini, kami baru mulai di pukul 10 pagi ini karena kami tidur terlebih dahulu, hahaha. Kue pertama yang kami buat Hari ini adalah Kue coklat, Hari ini hanya Kakak Fatih yang ikut membantu membuat Kue karena Adek Fayyad ikut Abahnya ke rumah neneknya---mertua saya.

Kue pertama yang kami buat Hari ini adalah Kue coklat, Kakak Fatih kebagian tugas mengamuk adonan menggunakan mixer Dan seperti biasa dia sangat antusias, tidak ada drama yang berarti dari Pembuatan Kue coklat ini karena resepnya sudah sangat sesuai Dan hasilnya sudah sesuai ekspketasi---saya jadi menyesal kenapa tidak dari kemarin melihat resep dari cookpad, hahahah.

Yang membuat kami bingung hanya menentukan bentuk kuenya, mama mau membantu kayak kerang, tapi Kakak Fatih bersemangat untuk mencetak adonan menggunakan cetakan berbentuk bintang atau bunga, jadilah kami mengambil pendapat Kakak Fatih dengan meencetak adonan menggunakan cetakan bintang.

Kue Kedua kami buat setelah sholat dhuhur karena melihat bahan Kue terutama mentega yang Masih ada, jadilah saya kembali mencari resep di cookpad Dan menemukan resep Kue Kering Meses, tapi karena kami tidak punya Meses adanya sprinkle warna-warni, jadi mesesnya kami ganti menjadi sprinkle, Dan ternyata hasilnya lebih cantik karena adonannya jadi lebih berwana. Untuk resep Kedua ini juga tidak ada masalah karena resepnya yang sudah sesuai dengan ekspketasi kami.

Untuk kedepannya saya akan lebih mempercayai resep-resep yang ada di cookpad karena Dua resep yang saya ambil hair ini semuanya berhasil---saya sampai mendownload aplikasinya di HP, hehehe. 

Penutup

Alhamdulillah, setelah Dua hari yang lumayan melelahkan, Kue lebaran kami akhirnya jadi, hahaha...sayangnya kami agak ragu di Kue Sagu yang kami buat, hehehe, tapi rasanya justru Kue Sagu ini yang paling juara karena kejunya sangat terasa. 3 Kue lainnya alhamdulillah enak Dan sesuai dengan ekspektasi kami.

Dengan segala upaya kami menyajikan Kue khas lebaran di meja ruang tamu, kami berharap bahwa Kue lebaran ini bukan sekedar sajian lebaran, tapi juga merupakan ungkapan cinta, kebersamaan Dan kebahagiaan kami untuk orang-orang yang datang berkunjung ke rumah Dan memakan Kue Khas lebaran di rumah kami. Di balik setiap gigitan Kue terdapat cerita dan cinta yang membawa kehangatan hati. 



Referensi:

Kue Nastar: https://www.fimela.com/food/read/4944791/17-resep-kue-kering-lebaran-paling-populer-nastar-hingga-kue-sagu?page=2
Kue Sagu Keju: https://www.frisianflag.com/resep-kami/resep-dengan-susu-bubuk/resep-kue-kering-sagu-keju
Kue Kering Meses: https://cookpad.com/id/resep/17313449-kue-kering-meses?ref=search&search_term=resep%20Kue%20kering
Kue coklat: https://cookpad.com/id/resep/16899676-semprit-coklatkuker-lebaran?ref=search&search_term=kue%20kering%20lebaran

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕