PembaTIK 2023: Pengalaman Seru yang Tak Terlupakan

Bismillahirrahmanirrahim

pembatik tahun 2023

Hampir dua pekan ini saya lebih banyak menulis di second website saya--edufren, ketimbang disini. Seperti yang telah saya bahas sebelumnya bahwa beberapa bulan ini saya sedang mengikuti Bimbingan Teknis yang bernama PembaTIK (Pembelajaran Berbasis TIK) oleh Pusdatin Kemendikbudristek, yang luar biasa banyak memberikan ilmu dan pengalaman baru kepada saya.

Apa Itu PembaTIK?

Dikutip dari laman resmi PembaTIK bahwa program ini adalah program peningkatan kompetensi pendidik dengan kegiatan Belajar, Mengajar dan Berkarya untuk mendukung terciptanya Inovasi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka dengan mengedepankan Pemanfaatan Platform Teknologi. Peningkatan Kompetensi TIK guru ini mengacu pada standar kompetensi TIK yang terdiri dari 4 level, yakni level literasi, impplementasi, kreasi dan berbagi & berkarya.

Tema PembaTIK tahun 2023

Tema dari PembaTIK tahun ini adalah
"Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka Belajar"

 

Dari mana saya mendapatkan info PembaTIK ini?

Tahun lalu seorang teman selalu membagikan kegiatan berbaginya saat ia mengikuti program PembaTIK Tahun 2022 yang saat itu masih disebut sebagai "Sahabat Rumah Belajar". Saat melihat kegiatan teman tersebut, saya sangat tertarik dengan kegiatan yang beliau lakukan. Lalu tahun ini, tepatnya dibulan Juli kemarin saya melihat pengumuman pembukaan program PembaTIK ini di chromebook yang saya gunakan. Tanpa menunda, saat itu juga, detik saat saya melihat pengumuman itu saya langsung meluncur ke formulir pendaftarannya dan mendaftarkan diri, hehehe.

Level 1: Literasi

pembatik level 1

Level 1 dimulai sejak tanggal 18 Juli dengan 4 modul pertama. Saat mempelajari ke-empat modul itu saya sangat tertarik akan banyak hal--terutama tentang era Education 4.0 dan Society 5.0, saya bahkan membuat sebuah postingan di blog ini tentang kedua hal tersebut, hehehe. Karena saat itu saya sampai mencari kembali materi terkait hal itu di banyak sumber, hehehe.

Tugas akhir untuk level 1 ini adalah membuat resume dari video inspirasi yang ada di Platform Merdeka Mengajar, hasil dari resume itu saya buat postingan kembali di blog ini, hehehe dasar tidak mau rugi. Pengumuman kelulusan level 1 ini diumumkan pada tanggal 2 Agustus 2023.

Level 2: Implementasi

pembatik level 2

Level 2 dimulai sejak tanggal 6 Agustus 2023, pembelajaran dilakukan melalui google classroom, dengan 4 modul pembelajaran lanjutan dari level 1. Pada level ini dipusatkan pada materi TPACK dan model-model pembelajaran inovatif berbasis TIK.

Tugas akhir untuk level ini adalah membuat video praktik pembelajaran pemanfaatan Platform Teknologi. Saat pembuatan tugas kahir level 2 ini, saya sempat dibuat galau karena deadline pengumpulan tugas bersamaan dengan jadwal Agustusan dan Pramuka yang otomatis membuat anak-anak diliburkan. Sempat hampir menyerah, tetapi alhamdulillah ternyata saya masih diberikan kesempatan untuk melanjutkan pembelajaran ke level selanjutnya.


Level 3: Kreasi

pembatik level 3

Level 3 dimulai sejak tanggal 6 September 2023. Pada level ini sudah ada sikronus massal untuk seluruh peserta PembaTIK Level 3 yang diadakan pada tanggal 8 September, dan juga ada sinkronus kelas--kelas saya yaitu kelas Kreasi 8 saat itu mengadakan sinkronus kelas pada tanggal 15 September 2023. Pembelajaran di level 3 ini juga melalui google classroom dengan 4 modul lanjutan dari level 1 dan 2. 

Materi pada level 3 ini berfokus pada kreasi media pembelajaran berbasis TIK--mencakup media audio, video dan media pembelajaran interaktif (MPI). Tugas akhir pada level ini adalah membuat satu media pembelajaran--bisa media audio, video atau MPI dengan memanfaatkan Platform Teknologi.

Saya sendiri membuat MPI khususnya game edukasi menggunakan canva for education. Game ini sangat sederhana karena diperuntukkan untuk anak kelas 1 SD, dengan materi Matematika. Alhamdulillah saya juga lulus di level 3 ini dan bisa melanjutkan pembelajaran ke level terakhir yaitu level 4


Level 4: Berbagi dan Berkarya

pembatik level 4

Level ini baru saja berakhir kemarin. Level ini dimulai sejak tanggal 9 Oktober 2023 ditandai dengan adanya kuliah umum PembaTIK Level 4 yang dihadiri oleh narasumber-narasumber hebat. Level ini sangat luar biasa, level yang sangat menantang sebab kami diajarkan untuk aktif berbagi inovasi pembelajaran berbasis TIK dan berkolaborasi dengan sahabat teknologi dari seluruh Indonesia. 

Kegiatan berbagi dan berkolaborasi ini punya tempat tersendiri untuk saya, mengajarkan saya tentang banyak hal, bahwa tidak mesti menjadi orang hebat untuk bisa berbagi, karena dengan berbagi kita sejatinya sedang belajar. Juga tentang kolaborasi, bahwa dengan berkolaborasi kita sedang mensinergikan tujuan dan juga saling mengambil ilmu.


Kesan Selama Mengikuti PembaTIK

Luarr Biasaaaaa ... dua kata itu sangat mewakili perasaan saya selama 4 bulan ini. Sejak level 1 sampai dengan level 4. Sekali lagi saya katakan bahwa saya banyak belajar dari kegiatan PembaTIK ini. Ada banyak hal yang dapat saya serap dan tentunya berusaha untuk saya terapkan kedalam proses pembelajaran. 

Mengikuti PembaTIK ini memaksa saya untuk terus meningkatkan kemampuan dan kompetensi saya dibanyak bidang salah satunya adalah kompetensi literasi, implementasi, kreasi media ajar serta yang terakhir berbagi dan berkolaborasi. 

Terakhir terima kasih untuk semua ilmunya di 4 level ini, semoga saya bisa menjadi seorang guru yang ikut ambil bagian dalam menguatkan ekosistem digital pendidikan Indonesia dengan berbagi dan berkarya untuk wujudkan Merdeka Belajar. 


Referensi:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕