edufren.site: Sahabat Belajar karena Belajar itu Seru dan Menyenangkan

Bismillahirrahmanirrahim

Edufren
Tampilan Webiste edufren.site


Sepertinya saya sudah beberapa kali menyinggung dalam tulisan soal keikutsertaan saya dalam Bimtek PembaTIK, dan kali ini saya sudah sampai di Level 4 dimana pada level ini kami difokuskan untuk berbagi praktik baik tentang pemanfaatan TIK dalam pembelajaran.

Pada tugas akhir di level ini kami harus membuat video vlog dan menyertakannya dalam tulisan artikel di blog. Kemarin saat melakukan sinkronus kelas, saya sempat dibuat galau masalah blog ini, sebab saya sudah punya blog pribadi--blog ini, sayangnya isinya sangatlah random, sesuai dengan kerandoman isi kepala pemiliknya, hahaha.

Saya sudah mendiskusikannya dengan para tutor--para duta teknologi provinsi, dan beliau menyarankan untuk men-takedown dulu artikel-artikel yang tidak sesuai dengan tema pendidikan, karena hal ini juga sangat mempengaruhi penilaian. Saya sudah mencoba men-takedown beberapa artikel yang kesannya seperti curhat, hahaha, tapi rasanya akan banyak sekali artikel yang akan saya takedown yang pastinya akan berpengaruh ke visitor blog ini.

Lahirnya edufren.site

Maka setelah berpikir, saya akhirnya memutuskan untuk membuat second webiste dengan niche khusus pendidikan. Tadinya saya tidak ingin membuat domain khusus untuk website tersebut, tapi rasanya kayak ada yang kurang, jadilah saya meluncur ke niagahoster dan membeli domain .site. Domain .site sepertinya cocok untuk website berniche pendidikan dan tentunya jauh lebih murah daripada domain .com seperti website ini.

Makna Nama Edufren

Mencari nama domain untuk website baru ini ternyata susah-susah gampang, karena sudah banyak nama domain bertema pendidikan di luar sana. Tadinya saya mau membuat dengan nama Edusaf--gabungan dari kata Edu yang berarti Education atau pendidikan dan SAF yang merupakan akronim dari nama anak-anak saya. Tapi domain itu ternyata tidak tersedia. Jadilah saya memutar otak kembali untuk mencari nama domain.

Setelah beberapa kali memasukkan keyword nama domain, akhirnya saya mendapatkan nama "Edufren" yaitu kata slang dari "Edufriend" yang berarti "Teman Belajar". Jadi sesuai dengan namanya saya harap second website ini bisa menjadi teman belajar untuk saya.

Jadi kedepannya tulisan-tulisan bertema pendidikan akan saya masukkan ke website itu--edufren dan untuk SiKupu--blog ini, akan lebih berfokus pada personal blog yang memang random seperti awal dari blog ini. Untuk sekarang artikel-artikel dengan tema Pendidikan sudah saya pindahkan ke Edufren, tapi tulisan itu tetap akan saya simpan di blog ini--tidak akan saya hapus.

Mendesain Edufren

Semua hal dari Edufren adalah kloningan dari blog ini, hehehe, mulai dari template yang juga memakai template fiksioner, lalu warna dan font tulisan. Yang berbeda hanya banner blognya, saya mendesain ulang bannernya sesuai dengan tema dari blog edufren yaitu kalimat "Sahabat Belajar: Belajar itu Seru dan Menyenangkan". 

Saya benar-benar berharap SiFren--nama untuk blog baru ini, bisa menjadi teman belajar saya, mungkin juga kedepan akan menjadi semacam jurnal tentang pemikiran saya terkait dunia pendidikan, ataupun berisi catatan dari ilmu-ilmu terkait pendidikan yang saya dapatkan. Selain banner, saya juga harus menyusun ulang setiap menu di website ini--menyusun menu ini yang sedikit menguras waktu karena printilan HTML yang jujur agak membuat mata sakit, hahahah.

Menautkan Custom Domain ke Blogger

Tadi hal ini yang juga sempat membuat saya sedikit kebingungan, saat menautkan domain untuk blog ini setahun yang lalu, tampilan member room pada niagahoster masih sangat simple dan saya masih mudah memahai cara menautkannya, tapi kali ini saya sempat kebingungan, saya menggunakan layanan chat yang disediakan niagahoster, tapi yang menjawab malah AI yang tidak memberikan solusi, hahaha.

Jadinya saya mencari jawaban ke youtube dan alhamdulillah berkat tutorial dari channel tersebut akhirnya penautan costum domain untuk Edufren berjalan lancar. Tidak sampai 2 jam, edufren.site sudah bisa diakses. Sayangnya HTTPS untuk costum domain saya belum tersedia jadi belum dapat diakses dengan aman--tampilan webistenya masih belum aman, semoga besok HTTPSnya sudah tersedia, Aamiin. 

Penutup

Seperti harapan saya saat membuat blog ini dan memutuskan untuk serius menjadi seorang blogger, saya juga berharap bahwa website edufren.site ini dapat membawa kebermanfaatan bagi para pembacanya. Pe-eR saya masih banyak, seperti mendaftarkan dan menautkannya ke GSC, dll. Harapan terakhir, semoga saya bisa konsisten untuk menulis hal-hal bermanfaat di website baru saya seperti saya menulis di blog ini, Aamiin.

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕