[Review Buku] Sebuah Panduan untuk Menjadi Diri Sendiri

Bismillahirrahmanirrahim

sebuah panduan untuk menjadi diri sendiri

Judul: Sebuah Panduan untuk Menjadi Diri Sendiri
Penulis: Irfan Suryana
Tahun Terbit: 2021
Penerbit: Psikologi Corner
Jumlah Halaman: 166 Halaman
Nomor ISBN: 978-623-244-610-6

Sebuah buku psikologi dengan judul yang sangat menarik perhatian saya. "Sebuah Panduan untuk Menjadi Diri Sendiri", saat pertama kali melihat judulnya saya langsung berkata "Ohh ... saya butuh buku ini" untuk diri saya yang sedang berusaha berjuang mempertahankan diri sendiri dan tidak terombang-ambing oleh pendapat orang lain, hahaha.. banyak banget yah permasalahan diri yang saya hadapi. 

BLURP

Sebuah Panduan untuk Menjadi diri sendiri

Setiap orang memiliki ujian hidup masing-masing, MAU IKUT ARUS atau MENJADI DIRI SENDIRI? Buku ini membongkar tips dan trik menjalani beratnya cobaan hidup.

Bagaimanapun beratnya ujian hidup itu, semua sudah ada takarannya?

Bagaimana susahnya ujian hidup, yang penting jangan salah langkah?

Seperti kata orang bijak, "Hidup memang tidak mudah, Hidup memerlukan ilmu dan perjuangan, MAU IKUT ARUS atau MENJADI DIRI SENDIRI itu soal pilihan, semua butuh ilmu dan buku ini solusinya?"

Swimmer dan Sinker

Buku ini menekankan pada dua kata itu. Apakah dalam bersosialisasi dengan lingkungan ataupun orang lain kita memposisikan diri sebagai seorang swimmer atau seorang sinker? Apa itu swimmer dan sinker?

Swimmer dan sinker adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perilaku seseorang dalam beradaptasi

Swimmer

Swimmer adalah keadaan dimana kita mampu beradaptasi dengan mengaplikasikan cara atau metode sehingga kita berhasil dalam beradaptasi dan juga mampu bersifat aktif. 

Jadi seorang swimmer adalah seseorang yang mampu beradaptasi secara maksimal dengan lingkungan barunya, baik lingkungan teman, sekolah, ataupun lingkungan kantor tanpa harus terbawa dan ikut-ikutan dengan yang lain. Pada dasarnya seorang swimmer tidak ingin diperanguhi oleh lingkungan, namun dia harus mempengaruhi lingkungannya.

Sinker

Sinker adalah keadaan dimana kita tidak mampu beradaptasi sehingga kita dengan serta merta menyerap semua hal yang ada dilingkungan yang baru, positif atau negatif, serta biasanya orang seperti ini bersikap pasif dalam beradaptasi. Intinya seorang sinker tidak mampu beradaptasi dengan lingkungannya atau mereka yang tenggelam di lingkungan sendiri. Seorang sunker cenderung terbuai atau terlenan dengan lingkungan yang mereka tinggali sekarang.

Tips dan Trick Beradaptasi

Buku ini ternyata memiliki banyak bahasan yang cukup luas, tidak hanya membahas masalah manusia sebagai subjek dari permasalahan adaptasi itu sendiri, tapi juga membahas lingkungan, status dan juga sifat dasar dari manusia. Di dalam buku ini kita akan dapati banyak tips dan trick yang tersirat tentang bagaimana sebaiknya kita dalam beradaptasi baik sebagai seorang yang introvert ataupun seorang ekstrovert.

Bagaimana kita mampu untuk menjadi seorang swimmer di lingkungan yang kita tinggali dan begaimana sebaiknya kita menghindari perilaku seorang sinker dan tidak terjebak menjadi seorang sinker.

Penutup

Penulis buku ini menekankan pada pembacanya agar mampu untuk memahami diri sendiri, sebab dengan memahami diri sendiri kita mampu memposisikan diri dimana seharusnya kita berada, bagaimana menggunakan kesempatan serta menjadi sebuah pedoman bertingkah laku didalam sebuah lingkungan. 

Pada halaman terakhir bukunya penulis menuliskan sebuah pesan untuk para pembacanya yang akan saya kutip pada tulisan review buku ini.

"Para pembca semua, marilah kita menjadi seorang swimmer di dalam beradptasi karena hanya seorang swimmer-lah yang mampu mengondisikan dirinya di dalam sebuah lingkungan, serta mampu memaksimalkan potensi yang terdapat di dalam dirinya untuk menjadi seseorang yang lebih maju dan baik lagi. Tidak ada kata terlambat untuk berubah. Saat ini marilah kitajadikan diri ini menjadi pribadi yang luhur; pribadi yang memahami makna sesungguhnya beradtasi"
--Irfan Suryana--

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕