Menghapus Pesan di E-Mail dapat Menyelamatkan Bumi?

Bismillahirrahmanirrahim

Menghapus Pesan di E-Mail dapat Menyelamatkan Bumi?

Cara menyelamatkan bumi yang mungkin bisa kita lakukan sesederhana menghapus pesan pada email yang kita punya. Hah? Kok bisa? Bagaimana caranya menghapus pesan email dapat menyelamatkan bumi?

Saat pertama kali saya membaca tulisan tentang hal ini di Instagram, saya juga dibuat bertanya-tanya kenapa hal itu bisa terjadi. Dan menganggap hal itu hanya sebuah hoax yang tidak dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya. Lagi pula apasih hubungan antara email dan bumi?

Saya sendiri punya dua email yang aktif saya gunakan, yang pertama adalah email pribadi saya yang saya buat sejak kuliah, email sama yang saya gunakan untuk membuat blog ini, dan email kedua adalah email akun belajar.id yang saya dapatkan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bagi Pendidik dan tenaga Pendidik. Dua email inilah yang ada di semua gadget yang saya miliki--baik Handphone ataupun laptop. 

Pesan pada email pribadi saya sendiri sudah mencapai ribuan pesan yang tidak pernah saya hapus sejak pertama kali saya membuatnya di tahun 2011 yang lalu. Saya termasuk tipe orang yang jarang membuka pesan, sehingga pesan pada email hanya menumpuk dan tak tersentuh, hahaha.

Sementara pesan pada email belajar saya justru yang paling sering terbaca--pertama karena email ini baru dan biasanya yang mengirimi saya pesan adalah dari Kemendikbud, jadi menurut saya sangat penting untuk dibaca, sedangkan pada email pribadi kebanyakan adalah email spam dari media sosial ataupun dari akun bank yang saya miliki, isinya sama sekali tidak penting, hahaha.

Setelah saya mengetahui bahwa menghapus pesan dapat membantu menyelamatkan bumi, barulah saya melihat dengan seksama pesan-pesan pada email saya dan mulai menghapus semua pesannya--yang ternyata sama sekali tidak penting, tapi saya simpan selama 12 tahun, luar biasa, hahahah.

Setelah menghapus pesan ternyata rasanya sangat plong, hahaha .. entah efek karena penyimpanan email jadi sedikit lega atau karena merasa telah membuang hal yang tidak berguna selama ini--sejak 2011, 12 tahun loh saya menyimpan pesan-pesan tidak berguna itu. Hahahaha

Email yang telah dihapus
Pesan pada email pribadi saya yang telah kosong|Dok Pribadi

Lalu kenapa sih menghapus pesan dapat menyelamatkan bumi?

Menghapus pesan pada email sevara tidak langsung dapat menyelamatkan bumi jika kita dapat implementasikan secara luas. Berikut beberapa alasan kenapa menghapus pesan dapat menyelamatkan bumi:

Mengurangi Konsumsi Energi

Semakin banyak pesan pada emial yang kita simpan pada server, maka semakin besar kebutuhan server dan insfrastruktur data untuk memerlukan energi. Dengan menghapus pedan pada email yang tidak penting berarti kita telah berkontribusi dalam mengurangi beban server dan menghemat energi.

Pengurangan Emisi Karbon

Server yang menyimpan pesan pada email memerlukan pendingin dan pemeliharaan yang dapat menghasilkan emisi karbon. Dengan mengurangi kebutuhan untuk menyimpan data yang tidak penting, berarti kita membantu mengurangi emisi karbon.

Mengurangi Penggunaan Sumber Daya

Produksi dan pemeliharaan server memerlukan sumber daya alam yang berharga. Dengan mengelola email secara efisien--termasuk menghapus pesan yang tidak penting berarti kita telah berkontribusi untuk mengurangi kebutuhan untuk perangkat keras tambahan dan membantu mengurangi penggunaan sumber daya.

Kesadaran Lingkungan

Mengelolah pesan pada email dengan bijaksana dapat menciptakan kesadaran tentang pentingnya penggunaan sumber daya dan dampak lingkungan dari teknologi digital. Dengan mengubah kebiasaaan kecil ini kita dapat membantu dalam memeliharan lingkungan dan menyelamatkan bumi.

Penutup

Pengelolaan pesan pada email dengan bijaksana adalah salah satu upaya kita untuk lebih mengurangi dampak lingkungan dari teknologi digital. Upaya lain tentunya juga sangat diperlukan seperti penggunaan energi hijau, pengembangan teknologi yang lebih efisien dan kesadarab lingkungan yang lebih besar juga sangat penting untuk ikut menyelamatkan bumi.

3 comments

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕
  1. keren masya Allah ibu orangnya multitalenta, karya karya ceritanya sangat menginspirasi.. hebat,, dan luar biasa bu

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Masyaa Allah terima kasih Bu Ainda sudah berkenan berkunjung ke blog ini 💕💕💕

      Delete