Perkembangan Manusia dan Teknologi di Era Society 5.0 dan Education 4.0 serta Efeknya Pada Dunia Pendidikan

Bismillahirrahmanirrahim

Perkembangan Manusia dan Teknologi di Era Society 5.0 dan Education 4.0 serta Efeknya Pada Dunia Pendidikan

Beberapa hari ini saya sedang dibuat penasaran dengan era Society 5.0, sebelumnya saya belum pernah mendengar istilah tersebut, tapi pada salah satu materi di PembaTIK 2023, saya mendapatkan sekilas materi tentang era Society 5.0 & Education 4.0 dan kemudian membuat saya sangat bersemangat untuk mempelajarinya lebih lanjut. Manusia memang adalah makhluk yang sangat cerdas dan dinamis. Pada era ini terjadi perkembangan yang luar biasa di bidang teknologi dan pendidikan. Maka dari itu muncullah istilah Society 5.0 dan Education 4.0.

Sosiety 5.0

Konsep ini pertama kali dikemukakan oleh pemerintah Jepang dalam hal ini oleh perdana menteri Jepang Shonzo Abe pada Forum Ekonomi Dunia tahun 2019 silam. Sosiety 5.0 menggambarkan tahap masyarakat setelah era berburu (Sosiety 1.0), era agraris (2.0), era industri (3.0) dan era informasi (4.0). 

Society 5.0 menggambarkan visi masyarakat yang lebih manusiawi dimana teknologi dikembangkan untuk dapat memecahkan masalah sosial dan kiranya dapat meningkatkan kualitas hidup manusia. Society 5.0 menekankan pada human centerde atau berpusat pada manusia dengan implementasi berbasis teknologi yang tengah dan akan terus berkembang.

Society 5.0 menekankan faktor manusia sebagai pusat atau subjek yang sekiranya mampu bersikap bijak dan kritis dalam menyikapai berbagai macam teknologi tanpa meninggalkan aspek humanis atau kemanusiaannya.

Perkembangan Manusia dalam Society 5.0

Peran manusia pada era ini menjadi lebih berpusat pada pengambilan keputusan, sementara teknologi akan mendukung proses tersebut. Pada era ini kemajuan dalam bidang teknologi kpgnitif, seperti kecerdasan buatan (AI) dan kumputasi berbasis otak, dapat meningkatkan kapabilitas manusia dalam berpikir dan menciptakan solusi kreatif.

Pada era ini begitu banyak aplikasi berbasis AI yang akan sangat memudahkan manusia dalam menjalankan tugas-tugasnya, tapi manusia diharapkan mampu mengambil keputrusan yang lebih bijak dan kritis dalam menyikapi perkembangan teknologi tersebut.

Perkembangan Teknologi dalam Society 5.0

Internet dan konektivitas yang semakin luas dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara lebih dekat antara manusia dan teknologi. Robit dan kecerdasan buatan dapat menggantikan beberapa perkerjaan manusia dan meningkatkan efisiensi dalam berbagai sektor. Sebagai contoh di bagian pendesaianan, sekarang akan sangat mudah bahkan untuk orang yang awwam sekalgus bisa menghasilkan karya seperti seorang profesional.

Education 4.0

Education 4.0 adalah sebuah pandangan dalam dunia pendidikan yang menggabungkan teknologi yang canggih dengan pendekatan inovatif untuk meningkatkan proses pembelajaran dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih adaptif fan efisien.

Perkembangan Manusia dalam Education 4.0

Pada era edication 4.0 ini siswa didorong untuk lebih mengembangkan keterampilan pada abad ke-21 seperti pemecahan masalah, kreativitas dan diharapkan mampu untuk berpikir kritis. Pendidikan pada era education 4.0 oni juga lebih terfokus pada pembelajaran sepanjang hayat yang diharapkan dapat mempersiapkan individu untuk terus belajar dan mengatasi perubahan lingkungan kerjanya.

Perkembangan Teknologi dalam Education 4.0

Pada era education 4.0 seorang guru dapat dimudahkan dengan penggunaan kecerdasan bvuatan dan analitis pendidikan untuk menganalisis data siswa guna memberikan rekomendasi yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan platform pembelajaran online dan mobile learning juga memungkinan akses pendidikan dari mana saja dan kapan saja. Serta pemanfaatan data untuk merancang kurikulum yang lebih relevan dan efisien. Perkembangan di era education 4.0 ini sangat memudahkan guru dalam mempelajari hal-hal baru, seperti contoh penggunaan mobile learning pada program guru penggerak dan pada pendidikan guru profesional.

Efek Era Society 5.0 dan Education 4.0 dalam Dunia Pendidikan

Gabungan dari dua era ini dapat membuat kurikulum berubah guna mencakup kompetensi yang diperlukan untuk berinteraksi dengan teknologi cerdas, memanfaatkan AI, dan memcahkan masalah sosial melalui pendekatan yang menyeluruh.

Guru juga dapat menjadi fasilitator pembelajaran yang lebih baik dalam membimbing siswa untuk menggunakan teknologi secara kreatif dan memahami dampak teknologi pada masyarakat. Penggunaaan teknologi dalam dunia pendidikan semakin menibgktan serta pengadaptasian teknologi semakin dapat menyesuaiakan dengan materi dan tingkat pemahaman siswa.

Selain itu oada era society 5.0 dan education 4.0 ini pendidikan menjadi lebih personal sehingga fokus pada kebutuhan dan minat dari setiap siswa, kurikulum yang dirancang juga dapat mengembangkan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan peserta didik--seperti penerapan kurikulum merdeka saat ini.

Dan satu hal yang juga menjadi dampat yang sangat efektif dari era ini adalah penggunaan teknoligi untuk memudahkan pendidikan jarak jauh sehingga menjadi pembelajaran yang efektif fan umum serta diakui sebagai pilihan pembelajaran yang valid.


Referensi

Sagala, Filemon, dkk. 2023. Ekosistem Digital Merdeka Belajar di PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah. KEMENDIKBUD

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕