[Review Buku] Karena Kita Semua Tengah Berjuang

Bismillahirrahmanirrahim

Karena Kita Semua Tengah Berjuang

Judul: Karena Kita Semua Tengah Berjuang
Penulis: Fitrah Alimuddin, dkk
Tahun Terbit: 2023
Penerbit: Farha Pustaka
Jumlah Halaman: 145 Halaman
Nomor QRCBN: 62-166-5448-887

Buku ini adalah buku antologi kedua saya, hasil dari poyek menulis bersama dengan 30 penulis hebat dari project Inpirasi Menulis. Buku ini menyajikan beragam kisah dari 30 penulis tersebut--termasuk salah satunya tulisan saya, yang kami harapkan mampu menjadi inspirasi bagi para pembaca agar semakin optimis dalam menapaki jalan perjuangan.

BLURP

Karena Kita Semua Tengah Berjuang
Karena Kita Semua Tengah Berjuang

Sejak dilahirkan, banyak sekali fase yang harus dilakukan oleh manusia. Mulai saat ia bayi hingga dewasa semuanya dipenuhi dengan banyak perjuangan yang bisa dibilang tidak mudah. Semakin usia beranjak, semakin besar pula tantangan yang dihadapi.

Manusia memang dilahirkan untuk berjuang. Entah itu untuk mencapai sesuatu atau justru untuk menghindari sesuatu. Terkadang banyak hal yang harus dikorbankan dalam perjuangan tersebut, maka tidak aneh jika banyak pula yang gagal, menyerah dan tidak mau melanjutkan perjuangannya. Namun tidak sedikit pula yang memilih untuk melaju dan melanjutkan kisa perjuangan yang telah dimulainya dengan sangat heroik.

Seperti kisah-kisah perjuangan dalam buku ini. Dikemas dalam berbagai genre yang semoga bisa membersamai setiap langkah kita dalam menapaki perjuangan. Karena kita semua tengah berjuang.

Setiap Kita Punya Kisah Perjuangan

Dari 29 kisah dan 3 puisi yang tertulis dalam buku ini, saya menyadari bahwa setiap diri kita punya kisah perjuangan yang setengah mati kita tulis masing-masing dengan kisah terbaik dan berharap dengan hasil yang terbaik pula.

Buku ini dibuka dengan tulisan yang membuat kita merenungi hakikat dari rasa malas yang kita miliki dan bagaimana cara agar kita bisa berjuang untuk melawan rasa malas tersebut. Lalu pada kisah berikutnya kita akan disuguhkan dengan bermacam-macam kisah, mulai dari kisah perjuangan meraih mimpi dan asa. Kisah perjuangan mencari jodoh terbaik, dan mencoba bertahan dengan kondisi keluarga yang telah dijalani--berjuang untuk mencapai sakinah dalam keluarga.

Dilain kisah, kita mungkin akan ikut merasakan perjuangan yang berderai air mata pada beberapa kisah dari ibu-ibu hebat dalam buku ini yang menceritakan perjuangan luar biasa dalam membersamai anak mereka yang qadarallah harus menderita suatu penyakit. Atau tentang seorang anak yang mengisahkan perjuangan ayahnya dalam menghadapi penyakit yang qadarallah harus diderita oleh sang ayah--Ahh ... kisah tentang keluarga memang tak habis untuk dibicarakan, dan semuanya memancing derai tangis yang mengharu biru.

Satu lagi kisah yang membuat saya melihat kedalam diri saya sendiri adalah kisah beberapa penulis di buku ini yang berjuang menghadapi penyakit mental yang mereka miliki. Ada diantara kisah tersebut yang menceritakan kisahnya dalam berjuang sembuh dari depresi dan juga kisah seorang anak muda sukses yang justru tidak bahagia dengan kesuksesan yang ia genggam.

Renungan Tentang Perjuangan

Selain beberapa kisah, pada buku ini juga akan kita dapati banyak tulisan yang mengajak kita untuk merenungi hakikat dari berjuang itu sendiri, tentang pemaknaan kita tentang perjuangan dan pemahaman kita tentang arti "keberhasilan"--jikalu ternyata perjuangan kita membuahkan hasil yang manis dan hakikat "kegagalan" jika ternyata perjuangan kita berakhir sia-sia.

Tulisan Saya di Buku Ini

Tulisan saya dibuku ini berjudul "Perjanjian Tiga Bulan"

Perjanjian Tiga Bulan
Tulisan saya di buku ini

Tulisan ini terinspirasi dari perjuangan saya dan suami dalam mencari arti dari "Sakinah dalam Keluarga". Bagaimana saya dan suami membuat "Perjanjian Tiga Bulan" di awal pernikahan. Dan perjuangan kami dalam mencari dan menemukan Sakinah. Pada akhirnya kami menyadari bahwa Sakinah sebenarnya bukan sesuatu yang serta merta datang begitu saja dalam rumah tangga, melainkan sakinah adalah hal yang mesti diperjuangkan.

Cerita selengkapnya mengenai perjuangan kami mencari sakinah ada dalam buku ini. Jika ada yang penasaran dengan kisah-kisah perjuangan inspiratif dalam buku ini, silahkan mengorder buku ini di ig @inpirasimenulis.id.

2 comments

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕
  1. Selamat ya Fit buat penerbitan buku antologinya.

    ReplyDelete