Diet Intermittent Fasting: Diet Puasa Dengan Menerapkan Jendela Makan

Bismillahirrahmanirrahim

Diet Intermittent Fasting

Ada berbagai jenis dan metode diet di dunia ini, metode diet ini sering kali dikenalkan oleh influencer atau ahli gizi ataupun orang-orang yang memang ahli di bidang diet dan gizi. Salah satu metode diet yang banyak dilakukan oleh orang-orang di seluruh dunia adalah metode diet Intermitten Fasting atau metode puasa.

Metode ini di Indonesia pertama kali di perkenalkan oleh om Deddy Corbuzier dengan nama lain yaitu OCD. Dengan istilah-istilah seperti jendela makan, dll. Tetapi pada konsepnya diet OCD ini adalah diet Intermitten fasting.

Pengertian Intermittent Fasting

Intermitten fasting atau biasa dikenal dengan diet puasa atau diet jendela makan adalah salah satu metode diet dengan cara berpuasa atau menerapkan jendela makan maksudnya kita hanya boleh makan di waktu tertentu yang telah kita tentukan, di luar waktu itu kita hanya boleh mimun minuman dengan 0 kalori, artinya kita tidak boleh memasukkan satu kalori pun di luar jendela makan yang telah kita buat.

Pada metode diet ini kita tidak diatur oleh jenis makanan yang boleh atau tidak boleh kita makan, tetapi di tentukan oleh waktu makan kita, kapan kita boleh makan dan kapan kita tidak boleh makan. Biasanya pelaku diet ini menentukan waktu makannya misalnya selama 4 jam di jendela makannya, maka selama 20 jam berikutnya dia sama sekali tidak boleh memasukkan makanan dan minuman yang mengandung kalori ke dalam tubuhnya.

Tetapi yang paling umum di lakukan oleh pelaku diet ini adalah puasa 16 jam dengan jendela makan selama 8 jam. Waktu jendela makan dan puasanya bebas di tentukan oleh pelaku diet ini masing-masing. Sebagai contoh dengan jendela makan 8 jam. Maka dia bisa makan mulai dari jam 07.00 sampai jam 15.00, setelah ja, 15.00 dia berada di zona waktu puasa, dimana dia tidak boleh memasukkan kalori ke dalam tubuhnya, boleh minum tetapi minuman dengan zero kalori.

Manfaat Intermittent Fasting

Dengan menerapkan metode diet intermitten fasting ini sebenarnya kita sedang memperbaiki dan membentuk prilaku makan yang lebih sehat. Metode ini melatih ketahanan tubuh agar dapat menjalankan fungsinya walaupun sedang tidak mengkonsumsi makanan dalam periode waktu tertentu.

Ada beberapa manfaat dari metode Intermitten fasting [1], yaitu:
  • Membantu mengendalikan tekanan darah
  • Membantu mengendalikan kolestrol, karena tubuh melakukan pembakaran lemak lebih efektif saat berpuasa
  • Membuat hormon insulin lebih sensitif terhadap makanan
  • Membantu tubuh dalam melakukan peremajaan da  perbaikan
  • Meningkatkan kebugaran tubuh secara keseluruhan
  • Membuat respon tubuh dalam melawan atau mencegah kerusakan organ

Lalu bagaimana cara memulai metode diet intermittent fasting ini?

Ada banyak versi dari metode diet ini. Bagi yang muslim mungkin bisa mencoba metode puasa senin kamis (pahalanya dapat, sehatnya juga dapat), atau bagi yang mampu bisa mencoba puasa Daud yaitu puasa selang-seling, sehari puasa sehari tidak begitu seterusnya.

Untuk diet Intermitteng Fasting ini sebenarnya punya beberapa metode, dan metode yang paling populer adalah:


Jendela Makan 16 : 8

Yaitu metode intermitten fasting dengan jendela makan 8 jam dan 16 jam berikutnya berpuasa. Puasa disini masih bisa minum dengan minuman yang zero kalori, seperti air putih atau minuman dengan gula stevia yang nol kalori. Contoh penerapannya: Jendela makan, artinya boleh makan dari jam 09.00 sampai jam 17.00 dan puasa dari jam 17.00 sampai jam 09.00 besok hari.


Jendela Makan 18 : 6

Yaitu metode intermitten fasting dengan jendela makan 6 jam dan 18 jam berikutnya berpuasa. Contoh penerapannya: Jendela makan, artinya boleh makan dari jam 09.00 sampai jam 15.00 dan puasa dari jam 15.00 sampai jam 09.00 esok hari.


Jendela Makan 20 : 4

Yaitu metode intermitten fasting dengan jendela makan 4 jam dan 20 jam berikutnya berpuasa. Contoh penerapannya: Jendela makan, artinya boleh makan dari jam 09.00 sampai jam 13.00 dan puasa dari jam 13.00 sampai jam 09.00 esok hari


OMAD (One Meal A Day)

Artinya Satu kali makan sehari, dimana yang memilih metode ini hanya boleh makan sekali dalam sehari. Setelah makan sekali maka tidak boleh mengkonsumi makanan lagi sampai esok harinya.

Yang perlu diperhatikan saat memilih metode intermittent fasting ini sebagai metode diet

DIET bukan berarti harus mengurangi jumlah kalori sampai tubuh terdzalimi dan kekurangan nutrisi yang butuhkan, ini adlah pemikiran tentang diet yang salah.

Dengan memilih metode diet ini kita juga sebaiknya tetap memperhatikan jumlah kalori harian yang masuk dalam tubuh kita, jangan sampai jumlah kalori harian yang masuk kurang dari jumlah BMR kita.

Jadi saat memilih metode diet ini ada baiknya kita juga tetap menghitung jumlah kalori yang masuk agar tetap diatas kalori BMR kita dan tetap di bawah TDEE kita, sehingga diet yang kita jalani tetap sehat dan bugar. Dan tak lupa selalu imbangi proses diet kita dengan olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup.

Tujuan diet kita bukan semata menurukan bobot tubuh tetapi juga agar dengan diet tersebut kita dapat menikmati kesehatan tubuh kita dan lebih bersyukur dengan kesehatan yang kita miliki dengan terus menjaganya dengan diet yang sehat.


Catatan Kaki:
[1]: https://hellosehat.com/nutrisi/diet/diet-puasa/

2 comments

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕
  1. Aku sempet nyoba ini 2 bulan dan emang enak sih, berat badan emang turun tapi emang gak drastis langsung 5 kg atau lebih gitu lebih ke bertahap apalagi waktu itu aku emang gak dibarengin olahraga jadi emang lambat. Tapi, yang susah itu adalah konsisten dan memulai. Aku nyobain yang 16:8, kalo di kantor mudah banget ngaturnya karena sibuk kerja, soalnya aku baru mulai jam 12 siang. Tapi, kalo di rumah kayak weekend itu susah banget, apalagi kalo misal ortu sarapan kita kadang suka diomelin gak sarapan 😅 belom lagi di rumah kok mudah banget lapernya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susah memang KONSISTEN ini, heheheh saya juga lagi berusaha keras untuk itu 😅🤣
      Apalagi klo ketemu makanan ibu, duh ... Godaan besar 😁🤤

      Delete