Diet Defisit Kalori: Membiasakan Olahraga #3

Bismillahirrahmanirrahim

Diet Defisit Kalori Membiasakan Olahraga

Prinsip dari keseimbangan energi untuk menurunkan berat badan adalah Energi Masuk < Energi Keluar. Seperti yang dapat kita lihat pada gambar di bawah ini.

Tabel Keseimbangan Energi
Keseimbangan Energi|Sumber: Lagizi.com

Untuk dapat menurunkan berat badan kita hanya harus membuat kurva energi kita menjadi energi masuk lebih kecil ketimbang energi keluar atau energi keluar lebih besar daripada energi masuk. Untuk mengurangi energi yang masuk dalam tubuh, kita hanya perlu menghitung setiap kalori yang masuk. Untuk menghitung kalori ini kita bisa menggunakan bantuan dari aplikasi penghitung kalori sebagai contoh adalah aplikasi fatsecret. Panduan pengurangan kalori masuk dan penggunaan aplikasi fatsecret bisa di baca [disini].

Dengan menghitung kalori kita bisa lebih mengontrol jumlah kalori yang masuk dalam tubuh kita. Jumlah kalori yang masuk kita usahan di bawah dari kalori TDEE harian kita dan masih di atas kalori BMR kita agar tubuh walaupun dalam keadaan diet tetapi masih bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Untuk pembahasan masalah menghitung TDEE dan BMR dapat dibaca [disini].

Dalam mengurangi berat badan, selain faktor kalori yang masuk dalam tubuh (jumlah kalori dari makanan dan minuman yang kita konsumsi). kita juga harus mengimbangi dengan memperbanyak energi/kalori yang keluar dengan rajin berolahraga. 

Olahraga selain membantu kita memperbanyak energi keluar juga dapat menyehatkan dan membugarkan tubuh kita. Semakin kita membiasakan diri dalam berolahraga, semakin sehat dan bugar tubuh yang kita punya. Jadi temukan motivasi yang kuat dalam berolahraga, dan motivasi itu tidak sekedar agar dapat menurunkan berat badan, tetapi lebih dari itu morivasi terbesar kita dalam berolahraga adalah agar tubuh kita dapat lebih sehat dan bugar.

Olahraga yang bagaimana yang dapat saya lakukan?

Temukan olahraga yang dapat kalian lakukan secara konsisten, usahakan olahraga tersebut adalah olahraga yang menyenangkan sehingga kita dapat dibuat enjoy dalam melakukannya. Jangan sampai kegiatan olahraga itu menjadi beban tersendiri buat kita, dan malah membuat kita semakin malas dalam melakukannya.

Untuk kita yang sama sekali tidak pernah melakukan olahraga sebelumnya, alangkah baiknya jika kita memulai dengan olahraga ringan yang menyenangkan. Adapaun di bawah ini beberapa olahraga ringan yang dapat kita lakukan sebagai permulaan untuk memulai kebiasaan olahraga kita:

Lompat Tali

Olahraga lompat tali merupakan salah satu olahraga ringan yang menyenangkan. Olahraga ini dapat melatih kekuatan otot jantung, meningkatkan stamina dan menjaga keseimbangan tubuh.

Jogging

Jogging juga merupakan olahraga ringan yang menyenangkan. Kegiatan jogging ini dapat dilakukan di pagi hari, selain dapat menikmati udara pagi kita juga dapat mendaptkan asupan vitamiin D dari sinar matahari. 

Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga yang sedang digemari banyak orang belakangan ini, bersepeda sedang menjadi trend olahraga yang menyenangkan. Selain menyenangkan bersepeda juga dapat meningkatkan kekuatan jantung dan menambah stamina.

Angkat beban

Olahraga angkat beban sangat baik untuk melatih kekuatan otot, mempertahankan otot dan menambah massa otot. Otot sendiri sangat diperlukan karena didalam ototlah lemak akan terbakar. Kita bisa memulai olahraga angkat beban ini dengan dumbbel kecil 1 atau 2 kg, dan tingkatkan bebannya secara bertahap. Gerakan angakt beban banyak yang bisa kita ikuti di youtube.

Senam Aerobik

Senam aerobik termasuk olahraga yang menyenangkan, kita dapat senam dengan mendengarkan musik yang membangkitan semangat, atau kita bisa mengikuti senam yang ada di youtube. Ada banyak channel youtube yang menyediakan video senam yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan kita.

Kita bisa mulai memaksa diri untuk berolahraga. Jadikan olahraga sebagai kebiasaan baru dan menjadi bagian dari rutinitas kita sehari-hari. Sekali lagi cari olahraga yang menyenangkan sehingga kegiatan olahraga bisa kita nikmati.

Setelah kita merutinkan diri berolahraga, Insyaa Allah kita akan melihat banyak perubahan dalam diri kita dari segi kesehatan, kebugaraan dan stamina yang lebih kuat. Sisipkan waktu 15-30 menit setiap hari bisa di pagi hari atau di sore atau di waktu kapanpun kita bisa, tetapi konsisten dengan jadwal yang kita buat. 

Selamat berjuang membiasakan diri dalam berolahraga teman-teman!

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕