Diet Defisit Kalori: Istirahat yang Cukup #4

Bismillahirrahmanirrahim

Diet Defisit Kalori: Istirahat yang Cukup

Ada tiga faktor yang paling penting dalam menyukseskan program penurunan berat badan yang sedang kita jalankan. Tiga faktor itu adalah makanan yang kita makan termasuk memperhatikan jumlah kalorinya, Olahraga yang kita lakukan, dan yang terakhir adalah waktu istirahat yang kita berikan untuk tubuh kita.

Kembali kepada prinsip dari keseimbangan energi dan rumus agar kita dapat menurunkan berat badan yaitu Energi Masuk < Energi Keluar. Maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah memperhatikan setiap kalori yang kita makan maupun minum. 

Kita usahakan agar kalori yang kita makan tidak melebihi jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh kita dalam sehari, tetapi juga tidak kurang dari jumlah kalori minimum yang dibutuhkan tubuh agar dapat menjalankan fungsi organnya dengan baik. Jadi kita harus bijak dalam memotong kalori harian kita agar diet penurunan berat badan yang kita lakukan masih dalam kategori diet yang sehat.

Agar diet kita menjadi lebih menyehatkan sebaiknya kita juga mengimbanginya dengan melakukan olahraga yang kita sukai. Lakukan pembiasaan olahraga mulai dari olahraga ringan yang menyenangkan seperti jogging, bersepeda, senam aerobik, angkat beban, yoga dll. Banyak sekali jenis olahraga yang bisa kita lakukan, kalau bingung dengan gerakannya kita bisa melihat banyak contoh di berbagai channel youtube.

Olahraga yang kita lakukan harus kita rutinkan minimal 15-30 menit setiap hari agar kita dapat membangun kebiasaan yang sehat untuk diri kita. Temukan motivasi yang kuat dalam berolahraga dan jadikan ia kebiasaan yang akan mengubah tubuh kita menjadi luar biasa. Sehatnya dapat, langsingnya juga dapat.

Terakhir yang sama pentingnya dengan dua di atas adalah istirahat yang cukup. Selain memperhatikan jumlah kalori harian yang masuk dalam tubuh kita lewat makanan dan minuman dan membiasakan olahraga agar tubuh lebih bugar dan menambah kalori keluar tubuh kita. Memperhatikan waktu istirahat untuk tubuh juga sama pentingnya.

Istirahat yang Cukup dan Hubungannya dengan Defisit Kalori

Tubuh kita memerlukan waktu istirahat atau waktu tidur yang cukup, waktu tidur ideal bagi orang dewasa adalah sekitar 7-8 jam/hari. Tidur berkaitan erat dengan metabolisme tubuh. Tidur memerankan peranan penting dalam proses diet penurunan berat badan yang kita lakukan.

Apabila kita tidur kurang dari 7 jam/hari maka tubuh akan mengalami "kelaparan" sehingga saat tubuh kita terbangun di pagi hari kita akan memakan semua makanan yang ada untuk melampiaskan "kelaparan" yang kita alami karena kekurangan tidur tadi.

Sama halnya jika kita tidur lebih dari 8 jam/hari ketika kita terbangun hasrat untuk makan juga ikut terbangun sehingga membuat kita seperti orang yang "kelaparan" padahal sebenarnya tubuh kita telah terpenuhi kalorinya.

Kekurangan waktu tidur juga dapat menyebabkan ketidak seimbangan hormon yang ada dalam tubuh kita. Ketidak seimbangan hormon ini akan banyak berpengaruh terhadap kesehatan kita, dan tentunya mengganggu program diet yang sedang kita lakukan. Hormon ini juga termasuk kedalam hormon ghrelin dan leptin yang mempengaruhi rasa lapar dan kenyang dalam tubuh kita. 

Kekurangan tidur akan meningkatkan hormon ghrelin yang akan terus memberikan signal rasa lapar untuk kita dan menekan hormon leptin yang memberikan signal rasa kenyang ke tubuh kita, akibatnya kita akan terus menerus merasakan "kelaparan" yang palsu.

Dengan memiliki tidur yang berkualitas selama 7-8 jam/hari juga memberikan kita banyak tenaga untuk dapat memaksimalkan waktu olahraga kita keesokan harinya. Dapat kita lihat kaitan yang akan terjadi dengan memperbaiki kualitas istirahat yang kita miliki. Tidur yang cukup menghasilkan waktu dan stamina yang baik untuk berolahraga keesokan harinya, dan tidur yang cukup juga dapat menekan hormon gherin yang memberikan signal lapar pada tubuh kita.

Tidur yang berkualitas adalah kunci dari kesuksesan program diet penurunan berat badan yang kita lakukan. Dengan tidur yang cukup kita dapat meningkatkan metabolisme tubuh kita sehingga pembakaran kalori lebih optimal dan mampu memperbaiki kinerja hormon tubuh kita, dalam kaitannya dengan diet, tidur dapat menekan hormon ghrelin yang memberikan rasa lapar dan meningkatkan hormon leptin yang memberikan rasa kenyang. Dengan tidur yang cukup kita juga mampu memberikan waktu dan stamina yang optimal dalam berolahraga di keesokan harinya. Jadi yuk perbaiki kualitas istirahat kita dengan tidur minimal 7-8 jam/hari!

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕