Memiliki Semangat Mengembangkan Potensi Diri

Bismillahirrahmanirrahim

Tidak ada istilah susah dalam mempelajari ilmu/skill yang baru yang penting adalah kemauan kita belajar dalam mempelajari ilmu tersebut

Manusia adalah makhluk yang luar biasa, sejak awal diciptakan ia memiliki potensi terpendam yang menunggu untuk dikembangkan. Manusia adalah makhluk yang diciptakan Allah dengan potensi akal dan pikiran yang dapat kita eksplore sehingga mampu memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi diri kita dan orang lain.

Hanya saja terkadang sebagai manusia kita tidak menyadari potensi yang ada dalam diri kita, sehingga sering kali kita merasa tidak mempunyai potensi apapun, sering kita merasa insecure dengan potensi yang orang lain miliki. Padahal bisa saja kita memiliki potensi yang sama bahkan lebih besar ketimbang orang lain.

Sering kali ketika kita menghadapi suatu kondisi atau ke-adaaan yang membutuhkan keterampilan di bidang tertentu, kita menjadi kecil hati dan berusaha untuk menghindari hal itu. Merasa diri sebagai manusia yang "gagal" karena tidak memiliki potensi apapun.

Tapi bisa saja, sebenarnya potensi itu ada dalam diri kita tetapi kita hanya tidak mempunyai waktu dan kemauan untuk menggali dan menemukan potensi yang sebenarnya sudah ada di dalam diri kita. Potensi terpendam yang ada dalam diri kita masih mengendap, masih terpendam, dan terbungkus rasa tidak percaya diri dan kemalasan.

Padahal Allah sudah memberikan potensi itu untuk dapat kita gunakan sebagai bekal menjalani hidup ke arah yang lebih baik. , ketika kita sudah dapat menemukan potensi yang ada dalam diri kita, yakin-lah kita telah membuka banyak kesempatan yang baru untuk diri kita sendiri. Dan untungnya lagi kalau dengan potensi itu dapat memberikan manfaat seluas-luasnya untuk orang lain.

Bagaimana cara agar kita bisa mengembangkan potensi yang ada dalam diri kita?


Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan yaitu:

Jangan Takut Bermimpi

Impian adalah hal besar yang dapat mendorong kita agar menjadi versi terbaik dari kita di berbagai aspek yang kita inginkan. Miliki impian yang besar di segala ranah yang kita inginkan, dan tuliskan impian itu, tempel di tempat yang sering kita lihat. 
Kita harus punya impian agar bisa menjadi acuan kita untuk terus mengembangkan diri dan terus menggali potensi yang kita miliki agar mampu mencapai impian yang telah kita buat.

Kenali Diri Sendiri

Setelah memiliki impian, hal berikutnya yang harus kita upayakan adalah mengenali diri sendiri dengan baik, mengetahui dengan baik di aspek mana yang menjadi kelebihan kita, dan dimana yang menjadi kekurangan kita. 
Setelah mengetahui kekurangan dan kelebihan yang kita miliki tentunya kita akan mengetahui lebih baik, potensi apa sebenarnya yang harusnya dapat kita kuasai dengan baik agar dapat mencapai impian yang telah kita buat.
Kita tidak harus mahir dalam segala hal, tetapi kita haruslah mampu menguasai bidang yang tentunya akan mempercepat langkah kita menuju impian kita.

Terus Belajar

Belajar adalah satu hal mendasar yang tidak bisa kita hilangkan dari keseharian kita sebagai manusia, dari kita lahir hingga menutup mata kelak hal yang akan terus kita lakukan adalah belajar.
Sama halnya dengan mengembangkan potensi, kita tidak akan bisa mengembangkan potensi yang kita miliki tanpa proses belajar.
Jangan malas mempelajari hal yang baru, sekarang ini di era digital telah banyak tersedia tempat belajar yang bebas kita nikmati secara gratis. Internet menyediakan beragam jenis ilmu yang pastinya dapat menjadi pilihan belajar kita. Banyak tempat kursus online gratis yang dapat kita ikuti untuk mengembangkan skill yang kita miliki.
Jadi tidak ada istilah susah dalam mempelajari ilmu/skill baru dalam hidup ini. Intinya adalah "Ada gak kemauan belajar yang kita miliki? Kalau kemauan belajarnya saja gak ada, yah akan susah memang untuk berkembang"

Terakhir dan tidak kalah penting adalah ...

Seleksi Teman yang Kita Miliki

Kualitas teman kita akan sangat berpengaruh dengan kualitas yang kita miliki. Kita tidak harus memilih teman, berteman-lah dengan siapa saja. Tetapi pilih-lah teman yang sekiranya dapat memberikan energi positif kepada kita.
Pilihlah teman yang memiliki impian yang sama dengan kita, dengan begitu kita bisa mengambil pelajaran dengan apa yang ia miliki. Jika ia sudah memiliki potensi yang ingin kita punya, maka belajarlah mengembangkan potensi itu darinya.
Teman yang baik akan mendatangkan banyak sekali manfaat bagi diri kita.

Semoga kita memiliki semangat untuk menggali dan menemukan potensi terpendam yang kita miliki. Sehingga kita bisa mencapai impian kita dengan menjadi lebih mudah dan bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi orang-orang yang ada disekeliling kita.

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕