Tiga Posisi Guru dalam Pendidikan: Sebagai Teladan, Penyemangat dan Pendorong Kebaikan

Bismillahirrahmanirrahim

Siapa yang tidak mengenal Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara? Beliau termasuk kedalam aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, politisi dan pelopor pendidikan di Indonesia. Beliau adalah pendiri "Taman Siswa" sebuah lembaga pendidikan yang memberikan kesempatan yang sama untuk belajar kepada penduduk pribumi Indonesia. Taman siswa adalah titik tolak dimana rakyat Indonesia dapat memiliki kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan apapun status mereka. Hari kelahirannya diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional, yaitu setiap tanggal 2 Mei.

Banyak sekali gagasan dan pemikiran Ki Hajar Dewantara yang menjadi pilar pendidikan bangsa Indonesia sekarang ini, salah satu yang paling populer adalah semboyan "tut wuri handayani" yang menjadi slogan Kementrian Pendidikan Indonesia.

Guru itu didepan sebagai teladan, di tengah sebagai pemberi ide dan dibelakang sebagai pendorong

Seorang pendidik/guru hendaknya memposisikan dirinya pada tiga posisi. 


Yang pertama, di depan sebagai teladan, artinya seorang guru harus memberikan contoh yang baik bagi peserta didiknya. Seorang guru harus menjadi role model yang bagi anak didiknya, yang dapat di contoh, yang di idolakan. Seorang guru haruslah menjadi orang pertama yang mengetahui dan memperaktekkan nilai-nilai baik sebelum ia ajarkan kepada siswanya.
Menjadi guru teladan adalah proses pembelajaran bagi seorang guru, menjadi guru yang dapat menjadi teladan bagi muridnya artinya ia mampu memberikan contoh baik yang berhubungan dengan sikap, perilaku, tutur kata, mental, maupun yang terkait dengan akhlak moral baik yang patut dijadikan contoh oleh muridnya.

Yang kedua, di tengah memberi semangat kepada peserta didik, ditengah murid hendaknya seorang guru mampu memberikan ide pembelajaran yang memicu semangat peserta didik. Guru memiliki peran di tengah siswa sebagai penyemangat siswanya dalam belajar. Agar dapat memicu semangat belajar siswanya, seorang guru harus mampu menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar, memberikan pujian bagi murid, memberikan penilaian yang adil, serta mengomentari hasil pekerjaan murid. 

Yang ketiga, di belakang sebagai pendorong, arti dari kata pendorong disini adalah pendorong kemampuan siswa dalam segala hal, yaitu sebagai pendorong kreativitas siswa, sebagai pendorong semangat siswa, sebagai pendorong kedisiplinan siswa, dll. Seorang guru bukan hanya sebagai pengajar, tetapi ia adalah seorang pendidik yang mampu mendidik siswanya kearah yang lebih baik di segala ranah peserta didiknya, baik kognitif (pengetahuan), keterampilan, dan juga adab/karakter muridnya.

Intinya seorang guru bukan hanya bertugas sebagai pengajar yang memberikan transfer ilmu kepada muridnya, tetapi lebih dari itu ia punya peran moral yang harus mampu memberikan perubahan dalam diri siswanya agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik, dan peran guru ini dijabarkan oleh bapak pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam tiga posisi di depan sebagai teladan, di tengah sebagai penyemangat dan di belakang sebagai pendorong.

Hendaklah tiga posisi ini di implementasikan oleh seluruh guru di Indonesia agar kelak kita dapat membangun generasi penerus bangsa yang berkualitas dan memiliki nilai luhur yang baik, yang bukan hanya mampu dalam bidang pengetahuan tetapi juga mampu menjadi penggerak perabadan Indonesia di mata dunia.

Ini juga menjadi salah satu pegangan saya sebagai guru agar mampu menerapkan tiga posisi ini dalam keseharian saya menjadi pendidik. Satu hal yang juga sangat perlu untuk saya pertimbangkan adalah bagaimana saya sebagai sorang guru bukan hanya sebagai seorang pengajar, tetapi betul-betul memposisikan diri sebagai pendidik.

Dan sebagai pendidik tentu saja peran saya menajdi lebih besar tidak hanya sebatas membuat siswa paham dengan materi yang saya ajarkan , tetapi lebih dari itu bagaimanan saya sebagai seorang guru mampu mendidik mereka menjadi versi terbaik yang mereka miliki.

Semangat dan salam untuk guru-guru hebat lainnya di seluruh Indonesia.

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕