Tips Memilih Baju Lebaran untuk Anak

Bismillahirrahmanirrahim

Tips Memilih Baju Lebaran untuk Anak

Ramadan telah setengah jalan, 15 Ramadan telah dilalui, malam ini kita sudah memasuki malam ke 16 Ramadan, Masyaa Allah. Bagaimana Ramadan kalian? Setengah bulan ini adalah hari-hari dimana kita berjuang untuk menjadikan Ramadan tahun ini menjadi Ramadan terbaik di hidup kita. Semoga semua target amaliah Ramadan kita bisa berjalan dengan baik, kalaupun tidak , yuk .. masih ada setengah bulan untuk memperbaikinya dan mengejar keutamaan bulan Ramadan, terlebih di malam 10 terakhir Ramadan.

Membeli Baju Lebaran

Lebaran merupaan momen yang sangat spesial untuk seluruh umat muslim, perayaan lebaran adalah momen yang sangat penting karena di momen tersebut kita bisa berkumpul dengan keluarga. Salah satu tradisi lebaran adalah dengan memakai pakaian baru untuk seluruh keluarga. Bagi keluarga kami sendiri, momen lebaran selalu menjadi waktu yang tepat untuk membeli baju baru, karena kami jarang sekali membeli baju baru---membeli baju baru adalah momen sekali dalam setahun, jika tidak ada hal yang penting di tahun itu untuk membeli pakaian baru.

Adakah yang sudah membeli baju lebaran?

Loh ... Lebarankan masih setengah bulan lagi, kenapa kita harus berburu baju lebaran sekarang?

Iya, justru sebaiknya kita membeli baju lebaran sebelum 10 hari terakhir Ramadan, kenapa? Agar 10 hari terakhir Ramadan kita tidak hanya diisi dengan kegiatan membeli baju dan membuat kue. 10 hari terakhir Ramadan biasanya keluarga disibukkan dengan kegiatan membuat kue, ke mall membeli baju dan sibuk dengan persiapan lebaran, sehingga intensitas ibadah menjadi semakin berkurang, bahkan tak jarang ada orang yang rela tidak tarawih karena mengejar diskonan baju lebaran di mall, Naudzubillah.

Tips Memilih Baju Lebaran untuk Anak

Bagi kami---orang tua dua bocah lelaki, memilih baju lebaran untuk anak-anak adalah tugas yang kami jadikan prioritas, heheheh. Baju lebaran kedua bocah kami lebih penting dari baju lebaran kami sendiri---rasanya semua orang tua juga sama yah. 

Memilih baju lebaran untuk anak-anak bisa jadi tugas yang menyenangkan, tetapi juga perlu untuk direncanakan dengan matang. Kami sendiri sudah membeli jubah untuk anak-anak di hari Jum'at yang lalu tepatnya di masjid kota saat Abah dan anak-anak selesai melaksanakan sholat Jum'at di Kota---jubah ini akan mereka pakai saat sholat Iedul FItri di lapangan, pakaian untuk mereka pakai saat pergi ke rumah kerabat untuk bersilaturahmi baru akan kami beli saat di Makassar, dua hari depan, Insyaa Allah.

Adapun beberapa hal yang kami perhatikan saat akan membeli baju lebaran untuk anak-anak adalah:

Mempertimbangkan Kebutuhan Anak

Salah satu alasan kami membelikan mereka jubah waktu hari Jum'at yang lalu adalah karena sekarang anak-anak lebih menyukai memakai jubah untuk sholat dibanding baju koko anak biasa. Sebelum membeli jubah hanya ada satu jubah yang mereka miliki---itupun adalah pakaian lungsuran dari kakak sepupu mereka dan mereka sangat menyukai jubah tersebut, bahkan tak jarang mereka bertengkar karena masing-masing ingin memakiai jubah yang sama, hehehe. Saat kami memilihkan mereka jubah, mereka sangat bahagia karena masing-masing sudah punya jubah sendiri. 

Memperhatikan Pemilihan Bahan

Bahan pakaian sangat penting karena hal tersebutlah yang menentukan apakah pakaian tersebut akan nyaman atau tidak saat digunakan. Kenyamanan adalah kunci utama saat memilih baju lebaran untuk anak-anak. Memilih bahan yang ringan, lembut, menyerap keringat dan tidak bikin gatal. Satu yang juga kami perhatikan adalah ketebalan kain yang kami beli, apakah kainnya cukup tebal atau hanya setipis tisu, hehehe---kami pernah membali pakaian secara online, ternyata yang datang adalah pakaian yang sangat tipis, hehehe.

Memilih Desain yang Cocok untuk Anak-anak

Anak-anak adalah pemilih nomor satu, hehehe ... Mereka sudah punya preferensi mereka sendiri tentang pakaian yang bagaimana yang mereka akan gunakan. Anak-anak sudah memiliki selera mereka masing-masing. Untuk anak kami sendiri mereka memilih warna pakaian yang mereka sukai dan harus seragam antara kakak dengan adek, kalau warnaya beda dapat dipastikan kalau mereka akan saling berebut pakaian dengan motif yang minimalis. Anak lain mungkin saja menyukai motif yang lebih mencolok, jadi biarkan anak-anak memilih pakaian mereka sendiri sesuai dengan selera mereka masing-masing.

Memilih Ukuran yang Sesuai

Salah satu hal yang cukup kami perhatikan dalam memilih baju lebaran untuk anak-anak adalah ukuran baju mereka. Tapi, dalam hal ini saya berbeda pendapat dengan Pak Suami, hehehe. Pak Suami yang notabene dilahirkan dari keluarga yang cukup berada tidak pernah merasakan memakai pakaian yang agak kebesaran karena dia selalu punya cukup uang untuk membeli baju baru di masa kecilnya, sedangkan saya sendiri di masa kecil harus selalu bersabar dengan pakaian dan sepatu yang selalu kebesaran agar nantinya pakaian dan sepatu itu bisa dipakai sampai tahun-tahun depan.

Maka untuk menengahi perbedaan pendapat itu, kami memutuskan untuk membali pakaian yang setingkat lebih besar dari ukuran asli anak-anak---tidak pas dan tidak kebesaran, hehehe.

Memperhatikan Detail Kecil pada Baju Lebaran

Perhatikan detail-detail kecil pada baju lebaran yang akan kita beli untuk anak-anak. Saya biasanya memperhatikan tiap jahitannya, apakah rapi? apakah tidak ada jahitan yang lepas? juga apakah ada bagian yang akan berbahaya untuk anak-anak, apalagi jika baju yang akan kita beli untuk bayi dan balita yang tentunya memang membutuhkan perhatian khusus.

Sesuaikan Harga dengan Isi Kantong

Ini yang penting, hehehe ... Jangan sampai saat membeli baju lebaran kita terlalu boros, dan tidak memperhatikan kondisi keuangan yang kita miliki. Walau entah apakah semuanya seperti ini, tapi saya rasa justru pakaian anak-anaklah yang memiliki harga yang cukup mahal. Terlebih biasanya perintilan untuk baju lebaran anak-anak jauh lebih banyak---seperti tambahan topi, ikat pinggang, jam tangan, dll.

Berbelanja Lebih Awal

Ini tadi yang sudah saya tekankan diawal, bahwa belanja baju lebaran hendaknya kita lakukan sebelum 10 hari terakhir Ramadan yang merupakan waktu yang sangat penting di bulan Ramadan, sehingga waktu kita yang berharga di akhir Ramadan tidak terbuang dengan aktivitas belanja yang mestinya bisa kita lakukan lebih awal.

Penutup

Proses memilih baju lebaran untuk anak-anak adalah proses yang sangat menyenangkan dan biasanya memerlukan waktu yang lebih lama ketimbang membali baju lebaran untuk orang dewasa yang biasanya lebih sat-set, hehehe. Dengan mengikuti beberapa tips daitas saya harapkan proses memilih baju lebaran untuk anak bisa menjadi lebih mudah dan tentunya menjadi lebih cepat. Oh iya, sekali lagi saya tekankan, yuk ahh .. mulai beli baju lebarannya sekarang, biar 10 hari terakhir Ramadan bisa menjadi lebih bermakna dengan ibadah yang maksimal.

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕