Comfort Food: Makanan Berkuah yang Menghangatkan Hati

Bismillahirrahmanirrahim

Comfort Food: Makanan Berkuah yang Menghangatkan Hati

Apa yang kamu lakukan kalau sedang galau atau overthinking?

Kalau saya ... Makan, hahaha. Saya adalah type orang yang melampiaskan semua kegundahan hati dengan mengunyah. Ada beberapa orang yang kalau sedang banyak pikiran, dia alihkan dengan banyak bergerak---bebersih rumah misalnya, tapi saya tidak, semakin saya galau maka hal yang saya cari adalah makanan. Kalau istilahnya adalah emotional eating. dengan makan, rasanya semua kegundahan, kagalauan, segala overthinking yang ada menguap bersamaan dengan uap makanan yang saya makan.

Saat galau melanda, entah kenapa saya selalu mencari makanan yang berkuah, panas dan pedas, hehehe. Semakin pedas makanan itu, semakin saya merasa nyaman.  Oh iya, belakangan saya tahu kalau ternyata makanan yang selalu kita cari untuk membuat perasaan kita terasa nyaman itu dinamakan comfort food.

Apa Itu Comfort Food?

Menurut laman klik dokter, comfort food adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada makanan atau hidangan yang saat dikomsumsi dapat memberikan perasaan nyaman dan kepuasan tersendiri. Comfort food biasanya dikomsumsi seseorang untuk merasa lebih nyaman secara emotional. Comfort food sering kali terkait dengan pengalaman yang memberikan rasa nyaman dan kehangatan. Saat kita mengkonsumsi comfort food kita tidak hanya merasakan kenikmatan fisik tetapi juga merasa tenang, nyaman, dan terhubung dengan pengalaman yang membawa kebahagiaan.

Makanan Berkuah: Kenyamanan dan Kehangatan dalam Setiap Suapan

Saya tidak tahu, kenapa saya suka dengan makanan berkuah dan kenapa saya selalu mencari makanan berkuah sebagai comfort food saya. Orang bilang comfort food kadangkala berkaitan dengan pengalaman masa kecil, tapi saya juga tidak punya ingatan di masa kecil terkait makanan berkuah ini. Yang saya ingat, kalau sejak SD (Sekolah Dasar) saya memang selalu menjadikan makanan berkuah sebagai makanan favorite.

Biasanya saat sedang galau atau overthinking, saya akan masuk ke dalam dapur dan memasak makanan yang berkuah, jika bahan makanan saya tidak lengkap maka yang paling ringkas adalah memasak semangkok indomie soto ayam dengan tambahan toping cabe rawit yang banyak atau kalau bahan makanan ada maka saya akan memasak semangkok mie kuah atau hanya sekedar sop sederhana dengan tambahan telur, ayam atau udang, hehehe. 

Salah satu alasan yang menurut saya menjadikan makanan berkuah sebagai comfort food yang pas adalah sensasi hangat yang hadir di setiap suapan. Seperti yang saya tulis diatas kalau rasa galau yang sedang mendera menguap bersamaan dengan uap panas dari makanan berkuah tersebut. Sensasi hangat dan rasa pedas yang ada---biasanya makanan berkuah yang saya masak saya tambahkan cabe yang banyak, heheh--- menurut saya dapat membawakan rasa nyaman dan mengurangi stress yang saya alami.

Makanan Berkuah Andalan Saya

Comfort food andalan saya adalah makanan berkuah yang pedas---makanan yang ringkas adalah semangkok indomie soto, kalau saya sedang malas masak maka saya membeli bakso kuah, kalau saya sedang niat untuk memasak maka biasanya saya akan memasak mie kuah, kapurung atau sekedar sop sederhana dengan bahan yang ada di kulkas. 

Satu yang paling penting yang menjadikan comfort food itu tambah nikmat adalah dengan tambahan cabe yang banyak---saya memang pecinta pedas. Makanan pedas juga ternyata dapat meningkatkan produksi hormon yang dapat memberikan rasa senang, sehingga makanan pedas diyakini dapat membantu mengurangi rasa stress.

Berikut adalah makanan berkuah yang paling sering saya konsumsi saat sedang galau:

Mie Kuah Pedas

Comfort Food

Mie kuah pedas ini biasanya saya buat sendiri. Adapun bahan dan cara membuatnya adalah:

Bahan

  • Mie basah
  • Udang
  • Cabe rawit/cabe besar
  • Telur
  • Bumbu dasar putih
  • Bumbu Kobe Nasi Goreng Pedas
  • Kaldu bubuk

Cara Membuat

  1. Tumis bumbu dasar putih dan masukkan telur lalu orak-arik
  2. Masukkan potongan cabe rawit dan udang yang sudah dibersihkan
  3. Tumis sampai udang berubah warna dan masukkan air
  4. Masukkan bumbu kobe pedas, lalu bumbui dengan kaldu bubuk sesuai selera
  5. Mie kuah pedas siap disajikan

Soto Ayam

comfort food

Soto ayam ini sendiri selalu saya beli di tempat langganan kami di Kota Mamasa, jadi saya tidak bisa men-share resepnya karena memang saya tidak pernah membuat soto ayam, hehehe.


Kapurung

comfort food

Kapurung ini biasanya saya buat jika bahan makanan lumayan lengkap, karena biasanya saya jarang menstok kacang tanah di rumah. Tapi ini adalah salah satu alternatif comfort food versi yang jauh lebih sehat. Sebenarnya resep aslinya pakai sagu yang dibuat seperti papeda, tapi saya menskip sagu ini karena kebetulan saya tidak terlalu suka sagu, hehehe. Adapun bahan dan cara membuatnya---ini versi saya yah---adalah sebagai berikut:

Bahan

  • Sayur kangkung
  • Jagung manis
  • Jantung pisang
  • Kacang tanah sangrai
  • Ikan asap/segala jenis ikan
  • Kuah ikan kuning
  • Kaldu bubuk

Cara Membuat

  1. Didihkan air hingga mendidih, lalu kecilkan apinya
  2. Iris jantung pisang langsung diatas panci yang berisi air mendidih---agar jantung pisang tidak menghitam
  3. Masukkan jagung manis
  4. Masukkan sayur kangkung, lalu masukkan kuah ikan kuning, ikan asap yang telah disuir-suir, dan kacang tanah sangrai yang telah dihaluskan
  5. Kapurung siap disajikan


Coto Makassar

comfort food

Coto makassar ini juga saya beli di Kota Mamasa, sebenarnya saya bisa membuat coto Makassar, tapi saat saya membuatnya saya harus selalu mencontek resep---saya belum bisa membuat coto makassar tanpa bantuan resep, padahal saya orang Makassar asli, hehehe.


Sop Sederhana

comfort food

Sebenarnya saya tidak tahu nama makanan ini, saya namakan saja sop sederhana karena memang bahan dan cara membuatnya yang sangat simple. Sop ini tercipta dari bahan-bahan sisa yang ada di kulkas saya, hehehe. Adapun bahan dan cara membuatnya adalah:

Bahan

  • Bumbu dasar putih
  • Kaldu bubuk
  • Udang yang telah dibersihkan
  • Cabe rawit
  • Telur rebus
  • Daun seledri

Cara Membuat

  1. Tumis bumbu dasar putih dan masukkan udang yang telah dibersihkan, masak sampai udang berubah warna
  2. Masukkan cabe rawit dan air lalu bumbui dengan kaldu bubuk
  3. Masukkan telur yang telah direbus dan sop sederhana siap disajikan
  4. Sajikan sop dengan tambahan daun seledri agar rasanya semakin mantap

Comfort Food dan Kenaikan Berat Badan

Comfort food dan emotional eating adalah dua hal yang saat ini sedang coba saya hadapi dengan lebih baik, kenapa? karena biasanya saat sedang galau atau overthinking maka saya mengalihkan semua kegalauan itu ke makanan dengan mencari makanan berkuah dan pedas, sayangnya kebanyakan comfort food yang saya konsumsi memiliki kandungan karbohidrat, lemak dan garam yang sangat tinggi. Maka saat saya kebanyakan memakan makanan berkuah tersebut dapat dipastikan kalau berat badan saya juga akan melonjak dengan sangat cepat.

Karena saat ini saya juga sedang berusaha untuk hidup lebih sehat atau sedang diet, maka belakang ini saya mencoba untuk mencari cara untuk mengelolah emosi dengan lebih baik dan tidak terlalu bergantung dengan makanan. Adapun beberapa cara yang coba saya terapkan untuk mencari solusi lebih sehat dari emotional eating ini adalah:

Mengelolah Emosi Menjadi Lebih Baik

Sudah setahun belakangan ini saya mencoba untuk menerapkan mindfulness dalam hidup saya. Salah satu caranya adalah dengan mengenali dan menerima semua emosi yang sedang saya rasakan. Cara ini ternyata cukup ampuh untuk mengalihkan saya dari rasa nyaman makanan, walau kadang juga masih bablas, hehehe.

Mencari Alternatif yang Lebih Sehat

Saat dorongan untuk mengunyah sangat kuat, maka saya mencoba untuk mencari alternatif yang lebih sehat dari semua comfort food saya---kapurung misalnya, menurut saya ini alternatif yang sangat sehat karena hanya terdiri dari sayuran dan ikan, kapurung adalah salah satu makanan berkuah khas dari Kota Palopo Sulawesi Selatan. Atau biasanya saya membuat sop sederhana tanpa tambahan karbohidrat, hanya menggunakan protein---biasanya telur dan udang. 

Mencari Aktivitas Pengganti

Selain itu, belakangan ini saya sedang mencoba untuk mengalihkan rasa galau yang saya alami dengan aktivitas lain yang lebih bermanfaat---mencari aktivitas lain ini sedikit challenging karena ternyata saya cukup sulit dalam mengalihkan perhatian. Saya pernah mencoba membaca buku, ehh .. malah saya tidak bisa fokus pada bacaan yang saya baca. Mencoba bebersih rumah, saya malah kayak tidak punya tenaga, hahaha. Akhirnya belakang saya coba untuk mengalihkan kegalauan dengan olahraga, dan itu berhasil, Alhamdulillah.

Olahraga ternyata juga dapat memperbaiki mood dan mengurangi stress karena dengan berolahraga detak jantung menjadi teratur dan meningkatkan kadar endorfin yaitu hormon bahagia yang diproduksi oleh otak dan sumsum tulang belakang.

Penutup

Comfort food adalah bagian yang tidak bisa dihilangkan dari hidup kita, sebab comfort food dapat memberikan kenyamanan dan kehangatan dalam setiap suapannya. Makanan berkuah dengan sensasi hangat dan pedas dapat membantu kita dalam mengelolah emosi, tapi sekali lagi apabila hal itu dikomsumsumsi dengan tidak berlebihan. Dengan mencari cara untuk mengelolah emosi dan mencari alternatif comfort food yang lebih sehat, saya harapkan dapat tetap merasakan kenyamanan dan kehangatan dalam setiap suapan makanan berkuah tanpa mengorbankan kesahatan yang saya miliki.



Referensi:

https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/comfort-food-dari-berbagai-negara
https://lifestyle.kompas.com/read/2010/10/11/09315292/5.manfaat.makanan.pedas.
https://dispora.palembang.go.id/berita/8-manfaat-mengagumkan-olahraga-untuk-kesehatan-mental

4 comments

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕
  1. Aku suka kapurung, meski asli Jawa karena merantau di Kaltim yang penduduknya multi-etnis, jadi kenal banyak masakan, salah satunya kapurung, dan langsung jatuh cinta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyya Mbak, kapurung memang enak.. Hehehe 🥰🥰

      Delete
  2. Waaaah lengkap dengan resepnya! 😍
    Bisa direcook nih.. Penasaran sama kapurung 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyya tapi resep kapurung ini versi saya yg lebih simple krn ndak pakai sagu dan ikannya pakai ikan asap..

      Delete