[Review Buku] Seperti Apa Bahagiamu?

2 comments
Bismillahirrahmanirrahim

seperti apa bahagiamu

Judul: Seperti Apa Bahagiamu
Penulis: Zikrana
Tahun Terbit: 2021
Penerbit: Psikologi Corner
Jumlah Halaman: 124 Halaman
Nomor ISBN: 978-623-244-837-7

Buku pertama yang saya baca di tahun 2024 ini. Buku yang saya baca sekali duduk--kurang dari 15 menit, hehehe. Buku ini isinya 99% adalah gambar, itulah sebabnya saya bisa menyelesaikannya hanya dengan sekali duduk dan tidak sampai setengah jam. Buku yang sangat ringan tentunya, mungkin karena gambar-gambar tadi, tapi tidak menghilangkan esensi buku ini untuk menuntun pembacanya agar menemukan kebahagiannya sendiri. Buku ini dibagi kedalam tiga bab utama yaitu:

Bahagia Itu ...

seperti apa bahagiamu?

Apakah sungguh bahagia itu sesederhana yang dipikirkan? Iya
Bahkan bahagia dapat ditemukan di balik batu sekalipun. Bahagia merupakan sebuah pilihan, tinggal kita memilih bahagia atau sedih.

Bahagia adalah ketika kita lebih sering terseyum, lebih berani bermimpi, lebih mudah tertawa, dan bahkan lebih banyak bersyukur.

Singkat kata, bahagia itu dapat diciptakan dengan batasan-batasan pribadi masing-masing, karena misalnya, tidur panjang seharian buat sebagian orang membahagiakan namun tidak untuk sebagian yang lain. Ada yang sudah sangat bahagia jika kuota internet full, meja kerjanya bersih, main game favoritnya, dll. 

So Find Your Own Happines!

Persahabatan Itu ...

seperti apa bahagiamu?

Pepatah pernah bilang bahwa sahabat itu layaknya seseorang dengan bayangannya sendiri. Ia membantu tanpa pamrih dan tidak pernah mempergunjingkan segala sesuatunya di belakang kita.

Persahabatan itu ibarat menyusun puzzle dengan mencari dengan mencari dan menggambungkan semua sisi potongan puzzle lainnya sehingga menjadi sebuah gambar yang utuh.

Ellen Hubbard pernah berkata bahwa seorang sahabat adalah seseorang yang mengetahui tentang dirimu dan tetap mencintaimu. Bukankah itu mengesankan?

Nah, jika ada satu atau beberapa sahabat di sekitarmu, rayakanlah dan berterima kasihlah, karena tidak ada persahabatan yang merupakan sebuah kecelakaan. Tidak ada persahabatan yang muncul karena kebetulan-kebetulan kosmis yang menjadi nyata.

Terakhir, Muhammad Ali berpesan bahwa persahabatan bukanlah sesuatu yang kamu pelajari di bangku sekolah. Tapi, jika kamu tidak belajar mengenai arti persahabatan, kamu tidak akan mempelajari apapun.

So Find Friends Not Enemies!

Cinta Itu ...

seperti apa bahagiamu?

Cinta iru variabel yang tak kasat mata, sulit dijabarkan dengan kata0kata dan kadang dapat menghalalkan segala cara.

namun, cinta adalah hangat yang mampu membuat kita sadar bahwa betapa berharganya kita dan adanya seseorang yang begitu berharga untuk kita lindungi. Cinta tidaklah sebatas kata0kata belaka, karena cinta jauh lebih berharga daripada harta yang melimpah dan termahal di dunia sekalipun.

Artinya cinta ynag sejati itu membuat kita ingin berbuat sesuatu yang lebih baik, lebih benar dan membahagiakan orang atau sesuatu yang dicintainya itu.

Poulo Cuelho dalam bukunya "The Alchemist" pernah bertutur bahwa, "Aku mencintai karena suluruh alam semesta bekerja sama untuk membantuku menemukanmu"

So, Let's Find Your Highest Love!

Penutup

Buku ini sangat cocok untuk orang yang masih setengah hati untuk membaca buku, karena buku ini berisi gambar-gambar yang dengan desain yang lucu, buku yang tidak seperti buku. Saya sendiri dibuat kaget saat pertama membuka bab pertama buku ini karena ekspektasi saya bahwa buku ini adalah tipe buku psikologi yang agak berat, hehehe. Selamat Membaca!
Fitrah Alimuddin
Seorang Istri, Ibu dan Pendidik yang akan senantiasa belajar.

Related Posts

2 comments

  1. Buku yg harus dibaca sih. Kita jadi lebih kenal dengan diri sendiri

    ReplyDelete

Post a Comment