Bulan Agustus yang Penuh Warna

Bismillahirrahmanirrahim

Bulan Agustus

Halo .. heheh, lama betul rasanya baru saya kembali menulis di bulan ini. Bulan ini adalah bulan yang cukup sibuk untuk saya, beberapa pekan ini saya disibukkan dengan belajar untuk bimbingan teknis PembaTIK level 2 dari Kemendikbud yang saya ikuti. Kegiatan PembaTIK ini baru selesai di tanggal 23 Agustus kemarin. Setelah itu saya sudah ingin fokus kembali menulis, sayangnya saya dihinggapi rasa sakit kepala yang sungguh mengganggu--entah karena kolesterol atau mata saya memang sedang lelah karena terlalu terpapar handphone dalam beberapa pekan itu karena terus dipakai membaca modul pelajaran di HP.

Hari ini kepala saya masih sedikit puyeng, sepertinya puyeng kali ini karena saya mau terserang flu--beberapa hari ini Kabupaten Mamasa sedang dingin-dinginnya kalau pagi hari. Untuk mengawali postingan saya kali ini, mungkin saya hanya sedikit bercerita tentang kegiatan saya di bulan ini.

Bulan Perkemahan

Tanggal 13 Agustus sampai tanggal 17 Agustus yang lalu, sekolah-sekolah yang ada di kecamatan Balla tempat saya dan suami mengajar sedang mengadakan kegiatan pramuka di bumi perkemahan Balla Kalua. Suami kebetulan menjadi salah satu pembina regu putra di sekolahnya, sehingga dia harus mendampingi anak-anak selama 4 hari itu.


Sekolah saya sendiri juga ikut, jadi di tanggal 15 Agustus yang lalu saya menyempatkan diri bersama anak-anak mengunjungi lokasi perkemahan yang ternyata merupakan tempat yang sangat indah dengan pemandangan yang luar biasa. Malam kamis tanggal 16 Agustus 2023, tepatnya di malam terakhir perkemahan anak-anak saya yaitu Kakak Fatih dan Adek Fayyad ikut menemani Abahnya bermalam di lokasi perkemahan--meninggalkan saya sendirian di rumah, hehehe. Anak-anak memang selalu mengikuti kegiatan perkemahan abahnya sejak persami di sekolahnya.

Mendapatkan Kejutan Hadiah BPN Challenge dari Blogger Perempuan

Satu lagi yang sangat membahagikan di bulan ini adalah kejutan kiriman hadiah dari Blogger Perempuan. Pagi itu kurir yang biasa mengantarkan paket ke rumah me-WA saya mengatakan kalau saya punya paket yang akan datang ke rumah dan mengonfirmasi kehadiran saya saat paket datang. Saya awalnya terkejut karena saya merasa tidak sedang memesan barang apapun.

Lalu saat paket datang dengan bungkusan berwarna pink tua saya langsung yakin bahwa itu adalah kiriman hadiah dari Blogger Perempuan, dan ternyata saat di unboxing beneran dong itu adalah hadiah challenge BPN Ramadhan 2023 yang saya ikuti satu bulan penuh saat bulan Ramadhan yang lalu.


Terharu sekali rasanya saat menerima hadiah tersebut, dan membuat saya berazzam untuk terus menantang diri untuk konsisten dalam menulis khususnya untuk terus mengupload di blog tercinta saya ini.

Upacara Bendera Memperingati Hari Kemerdekaan Ke-78 di Kecamatan Balla

Tanggal 17 Agustus 2023, saya mengikuti upacara bendera dalam rangka memperingati dirgahayu kemerdekaan Indonesia yang ke-78 di lapangan Balla Kalua, Kecamatan Balla. Lapangan tersebut bersebelahan dengan lokasi perkemahan pramuka anak-anak. Upacara dimulai pukul 09 pagi. Saya sendiri berdiri di belakangan barisan anak-anak untuk mengawasi anak-anak selama proses upacara berlangsung. Karena matahari yang begitu terik, anak-anak saya terutama yang lelaki banyak mengalami dehidrasi dan akhirnya merasa tidak enak badan, bahkan ada salah satunya yang pingsan. Selesai upacara, saya menungg suami yang harus membantu anak didiknya membongkar tenda perkemahan, sehingga kami baru kembali ke rumah pada pukul 1 siang.


Membuat Video Tugas Akhir PembaTIK Tanpa Anak Didik

Satu hal lagi yang menjadi pengalaman di bulan ini adalah, saya yang kurang bisa mengatur waktu dengan baik--tepatnya tidak punya rencana yang cukup baik dalam menghadapi tugas PembaTIK sehingga harus berakhir dengan pengerjaan tugas yang asal-asalan. 

Jadi kegiatan belajar PembaTIK Level 2 ini sudah dimulai sejak tanggal 7 Agustus yang lalu. Tapi karena kesibukan saya dibeberapa hari awal pembelajaran tersebut, juga karena saya mengira waktu pengumpulan tugas bersamaan dengan waktu ujian seperti di level 1 yang lalu membuat saya akhirnya menunda pembuatan tugas akhir tersebut, ditambah harus ektra mengawasi anak-anak saat abahnya tidak dirumah saat perkemahan, membuat saya tidak terlalu maksimal di awal pembelajaran.

Lalu di tanggal 14 Agustus sampai tanggal 17 Agustus, anak sekolah termasuk anak didik saya diliburkan. Tadinya saya mau membuat video saat anak-anak masuk kembali di tanggal 18 Agustus atau di tanggal 19 Agustus, ternyata waktu libur anak-anak ditambah sampai tanggal 20 Agustus dan baru masuk kembali di hari Senin tanggal 21 Agustus. Parahnya deadline pengumpulan tugas akhir tersebut di tanggal 20 Agustus, otomatis saya tidak punya waktu lagi untuk menunggu sampai anak-anak kembali sekolah.

Jadilah di hari Jum'at 18 Agustus yang lalu, saya memutuskan untuk tetap mengambil video pembelajaran tanpa anak-anak yang otomatis membuat video saya sangat tidak maksimal dan terkesan asal-asalan. Di titik ini saya sudah sangat pasrah dengan hasil dari tugas pembaTIK ini, tetapi tetap saja saya masih berusaha semaksimal mungkin mengerjakan ujian akhir dengan baik dengan mempermantab diri dalam membaca dan mempelajari setiap modul pembelajaran yang ada. Saya sampai begadang untuk membaca kembali setiap modul sebelum mengerjakan ujian akhir. Harapan saya semoga saya bisa tetap lanjut ke PembaTIK level 3, karena jujur saya sangat membutuhkan ilmu yang diberikan di setiap modul pembelajaran yang sungguh sangat bermanfaat dalam mengembangkan kualitas diri saya sebagai seorang pendidik.


Pekan Tarkhir di Bulan Agustus

Tanpa terasa kini kita sudah masuk di pekan terakhir bulan ini. Semoga semua lelah yang telah kita lakukan di bulan Agustus ini membuahkan hasil yang terbaik, buat yang kemarin mati-matian menjadi panitia Pramuka dan Agustusan semoga menjadi amal jariah yang kelak memberatkan amalan baik kita. 

Semoga bulan depan bisa menjadi bulan yang lebih baik lagi dengan kejutan-kejutan yang menyenangkan hati. Aamiin.

2 comments

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕
  1. luar biasa pencapaian bulan agustus ini ya mbak, semaangaaattt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak.. Semangat juga untuk Mbak 💕

      Delete