Allah Tahu Waktu yang Paling Tepat dalam Mengabulkan Doa

Bismillahirrahmanirrahim

Allah Tahu Waktu yang Paling Tepat dalam Mengabulkan Doa

"Kapankah Allah mengijabah doaku?"
"Kenapa hari yang kutunggu-tunggu tak kunjung datang?"

Seringkali kita menanyakan hal-hal yang diluar kendali kita-menanyakan hal yang menjadi kewenangan Allah. Sebagai contoh, saat jodoh tak kunjung datang, kita selalu menanyakan kapankah waktu Allah mempertemukan kita dengan seseorang yang menggenapi agama kita? Atau saat Allah tidak kunjung memberikan kita pekerjaan impian kita, atau bisa jadi saat Allah tak juga memberi momongan yang hadir di tengah pernikahan kita. Melebihi siapapun, saya yakin kitalah yang paling pertama mempertanyakan semua itu kepada Allah. "Kapan ya Allah?"

Sama seperti saat ini, saya sedang mempertanyakan suatu hal yang selalu menjadi doa utama saya, tetapi Allah belum juga mengabulkannya. Saat melihat orang lain tengah bersuka cita dengan suatu hal yang menjadi impian saya, saya menjadi sedikit berkecil hati. "Akankah saya bisa menjadi seperti mereka?" Lalu tiba-tiba saya jadi mempertanyakan doa yang selama ini saya panjatkan. Tetapi satu hal yang pasti Allah selalu mengabulkan setiap doa yang dipanjatkan hambaNya dengan hati yang penuh harap. 

Cara Allah Mengabulkan Doa

Satu hal yang pasti, doa adalah salah satu cara kita untuk beribadah kepada Allah. Dalam surah Al-Mu'min ayat 60 Allah berfirman "Beroalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu". Allah menjamin orang-orang yang mau berdoa kepada-Nya, maka Allah akan memperkenankan dan mengabulkan doa yang kita minta.

Ada lima cara Allah dalam mengabulkan doa hamba-Nya, yang pertama yaitu Allah mengabulkan doa kita segera saat doa tersebut dipanjatkan, yang kedua adalah Allah mengabulkannya sesuai dengan apa yang kita minta tetapi dalam jangka waktu yang lama saat doa dikabulkan, pengabulan doa yang kedua inilah yang seringkali membuat kita bertanya-tanya "Kapankah Allah mengabulkan doa yang kita panjatkan?".

Cara Allah dalam mengabulkan doa yang ketiga adalah Allah mengabulkan doa kita tetapi mengganti dengan apa yang menurut Allah lebih baik untuk kita. Seringkali saat Allah mengabulkan doa kita dengan cara yang ketiga ini kita seakan "buta" dan merasa bahwa Allah tidak mengabulkan doa kita, tapi kita tidak melihat ternyata Allah telah mengabulkan dengan cara yang lebih baik. Semoga Allah tidak membutakan hati kita dalam melihat kasih sayangNya kepada kita.

Seringkali Allah juga mengabulkan doa kita dengan cara menghindarkan kita dari mara bahaya yang sekiranya menimpa kita. Untuk itulah fungsi dari doa tersebut, sebab doa adalah ibadah, maka bisa saja Allah tidak mengabulkan dengan persis seperi apa yang kita minta tapi Allah menghindarkan bahaya dari apa yang sekiranya akan menimpa diri kita.

Yang terakhir adalah, Allah menabung doa kita agar menjadi tabungan pahala kita di akhirat kelak. Jadi Allah punya banyak cara dalam mengabulkan doa yang kita panjatkan. Jangan pernah berputus asa dari rahmatNya, sebab doa adalah ibadah. Maka urusan pengabulan doa itu biarlah menjadi urusan Allah semata.

Jangan Pernah Ragu Akan Waktu Pengabulan Doa dari Allah

Doa yang selalu kita panjatkan akan selalu sampai kepada Allah, maka biarlah Allah menentukan bagaimana Dia akan menjawab doa kita. Jangan pernah ragu, jika doa kita tidak segera dikabulkan, yakinlah waktu Allah-lah yang terbaik.

"Saya meminta kepada Allah agar ia memberi saya bunga yang cantik, tapi Allah malah memberi saya kaktus yang berduri. Tahukah kamu? Ternyata kaktus itu berbunga dengan bunga yang sangat indah"

Allah adalah penulis skenario terbaik, Ia yang paling tahu semua hal yang dibutuhkan hambaNya, Ia yang paling tahu kapan waktu terbaik untuk hamba-Nya. Saya pernah meminta Allah untuk memberikan saya jodoh sesuai dengan apa yang saya harapkan, tetapi rupanya Allah mempertemukan saya dengan jodoh yang saya butuhkan.

Pun Allah pernah membawa saya pada sebuah proses yang tidak pernah saya harapkan, tetapi Allah Maha Tahu isi hati hambaNya, sekali lagi Allah tahu kapan waktu yang tepat dalam mengabulkan doa, sebab lima tahun setelah itu Allah ternyata mengabulkan harap terbesar saya dengan cara yang paling indah dan di waktu yang sangat indah pula, Masyaa Allah.


Yakinlah Allah Tahu Waktu yang Paling Tepat

Jadi kuatkanlah hatimu, langitkan terus doa-doamu, tinggikan tawakkalmu, sebab Allah pasti akan mengabulkan doa dengan cara yang terbaik. Allah punya waktu yang terbaik untuk mengabulkan semua doa. "Yakinlah"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕