[Review Buku] Memeluk Jiwa Kecil yang Terluka

Bismillahirrahmanirrahim

Memeluk Jiwa Kecil yang Terluka

Judul: Memeluk Jiwa Kecil yang Terluka
Penulis: Fitrah Alimuddin, dkk
Tahun Terbit: 2023
Penerbit: Detak Pustaka
Jumlah Halaman: 210 Halaman
Nomor QRCBN: 62-1743-9278-627

Buku kedua yang berhasil saya selesaikan--untuk dibaca di bulan ini adalah Buku Antologi Cerpen: Memeluk Jiwa Kecil yang Terluka. Buku ini adalah buku antologi saya yang ketika. Ditulis bersama dengan para penulis hebat lainnya dari seluruh Indonesia, buku ini adalah hasil dari lomba menulis yang diadakan oleh penerbit Detak Pustaka dan Halo Penulis.

BLURP

Memeluk Jiwa Kecil yang terluka

Buku ini berisikan rangkaian kisah inner child dari para penulis terpilih. Cerita mengenai sisi inner child yang selama ini tersembunyi dalam diri penulis, kemudian dituangkan dalam buku antologi. Kisah bagaimana mereka mengelola ssi tersebut agar tidak mempengaruhi dan mendominasi diri mereka. Antologi cerpen "Memeluk Jiwa Kecil yang Terluka" ini merupakan karya dari penulis terpilih Lomba Menulis Batch 5 yang diselenggarakan oleh Halo Penulis.

Apa itu Inner Child?

Menurut Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Inner child adalah hasil dari sekumpulan peristiwa masa kecil yang membentuk kepribadian seseorang seperti sekarang ini [1]. Setiap orang mempunyai sisi inner childnya, dan setiap kita pasti tengah berusaha untuk menjemput, memeluk dan menyembuhkannya.

Inner child adalah konsep psikologis yang mengacu pada jiwa anak kecil yang berada dalam diri seseorang. Jiwa kecil ini mencerminkan masa kecil kita yang dapat mempengaruhi pemikiran, emosi dan perilaku kita saat ini. Inner child ini kadang kala memberikan kita pengalaman yang membuat kita trauma dan menimbulkan sebuah luka yang akan kita bawa hingga dewasa. 

Beragam Kisah Memeluk dan Menyembuhkan Inner Child dalam Buku Ini

Dalam buku ini ada 39 kisah inner child yang perlu dipeluk dan disembuhkan dirangkai menjadi 39 cerita pendek yang menarik dan mengharu biru, serta bisa menjadi bahan perenungan dan memberikan kehangatan hati bagi siapa saja yang mungkin juga tengah berjuang untuk memeluk dan menyembuhkan luka yang ada dalam jiwa kecil mereka.

Buku ini menyajikan beragam kisah, mulai dari kisah seorang ibu yang berjuang melawan luka pengasuhan yang ia miliki agar bisa memberikan kebahagiaan untuk anak-anaknya kini. Kisah seorang anak yang berjuang melawan luka perceraian antara kedua orang tuanya. Kisah seseorang yang berjuang melawan luka pembullyan yang ia alami sejak kecil, kisah soorang anak yang berjuang melawan kesempurnaan yang diterapkan orang tuanya untuk hidupnya, serta beragam kisah yang berhubungan dengan inner child lainnya.

Saat pertama membaca buku ini kita seakan dihadapkan pada jiwa kecil kita masing-masing, begitu kita menyelami setiap kisah dalam buku ini, kita mungkin akan sedikit berseru tentang bagaimana kita telah melewati hal yang sama sperti yang telah diceritakan penulis di buku ini.

Jemput, Rangkul dan Sembuhkan Jiwa Kecilmu

Pada akhirnya setelah membawa buku ini kita akan tahu bahwa kita perlu untuk mengasuh inner child yang kita miliki dengan memberikan perhatian dan kepedulian kepada diri sendiri dengan penuh kasih, merangkul setiap kepolosan yang kita miliki dan mengungkapkan setiap kebahagiaan dengan cara yang mampu membangkitkan minat dan kreativitas kita.

Rawat inner child kita dengan terlebih dahulu mengelola setiap luka emosional yang muncul dari masa kecil yang kita miliki. Dengan memahami dan memperhatikan inner child, kita dapat memperoleh kebijaksanaan dan pemahaman yang lebih dalam tentang diri kita sendiri. Hal ini juga dapat membantu kita dalam mengatasi trauma masa kecil yang kita miliki, mengembangkan kepercayaan diri dan juga memperkuat perkembangan emosional kita.

Tulisan Saya dalam Buku Ini

Tulisan saya dibuku ini berjudul "Alina Kecil yang Menjadi Ibu"

Alina Kecil yang Menjadi Ibu
Tulisan saya dalam buku ini

Tulisan ini berhasil menjadi tulisan terbaik dan menyabet posisi juara 1 dalam lomba menulis ini. Satu kesyukuran karena saya bisa memberikan sebuah tulisan yang semoga saja dapat menginspirasi orang lain dalam menyembuhkan luka dalam jiwa kecil orang yang membacanya.

Tulisan saya di buku ini adalah fiktif belaka tetapi kisahnya terinspirasi oleh kisah seorang ibu yang berjuang untuk menyembuhkan dan merawat inner chilnya--berupa luka pengasuhan yang ia alami semasa kecil, agar ia dapat mengasuh dan membesarkan anaknya sendiri dengan penuh cinta. Agar ia tidak harus memberikan luka pengasuhan yang sama kepada anak-anaknya kelak.

Cerita selengkapnya mengenai perjuangan merawat inner child ini bisa kalian baca dalam buku ini. Jika ada yang penasaran dengan kisah-kisah berupa rangkaian cerita pendek dalam buku ini, silahkan mengorder di ig @halopenulis dan @detakpustaka.





Referensi:

[1]Kementrian Kesehatan. 2023. 7 Tanda Inner Child Terluka, Tidak Kasat Nyata tapi Dampak Negatifnya Nyata. Diakses pada 20 Mei 2023. Link: https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2025/7-tanda-inner-child-terluka-tidak-kasat-mata-tapi-dampak-negatifnya-nyata

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕