Morning Routine 20/20/20: Ibadah, Belajar dan Olahraga

Bismillahirrahmanirrahim

Morning Routine 20/20/20: Ibadah, Belajar dan Olahraga

Pernah dengar rumus 20/20/20 morning routine? Rumus ini pertama kali diperkenalkan oleh Robin Sharma dalam bukunya 5 AM Club[1], yang dia perkenalkan lebih dari 20 tahun yang lalu. Konsep dari rumus 20/20/20 ini yaitu agar kita dapat memulai pagi hari kita dengan lebih produktif dan memenuhi semua aspek dari diri kita baik dari segi spritual dan fisik--otak, fisik dan hati.

Apa itu rumus 20/20/20?

Jadi secara lebih rinci pada pagi hari, saat kita memulai hari hendaknya kita membagi waktu 1 jam pertama kita--mulai dari saat kita bangun tidur menjadi 3 bagian penting, yaitu 20 menit untuk gerakan, 20 menit untuk refleksi dan 20 menit untuk pembelajaran. Saya sendiri sedikit memodifikasinya menjadi 20 menit ibadah, 20 menit belajar dan menulis dan 20 menit olahraga.

Kenapa harus menjadi rutinitas pagi?

Rutinitas pagi menjadi hal yang sangat penting dalam memulai hari agar menjadi lebih produktif dan semua hal atau kegiatan kita menjadi lebih seimbang. Salah satu cara untuk mencapai keseimbangan dan produktivitas ini adalah dengan menerapkan rumus 20/20/20. 

20 Menit Pertama: Ibadah

Sebagai seorang muslim, hendaknya kita memulai hari dengan sholat rawatib sebelum subuh, sholat subuh, dzikir sesudah, lalu dilanjutkan dengan dzikir pagi. Empat kegiatan ibadah ini semuanya akan memakan waktu kurang lebih 20 menit.

Kegiatan ibadah yang kita lakukan selama 20 menit ini akan membantu kita dalam memusatkan pikiran dan menenangkan diri kita sebelum memulai hari yang sibuk. Kegiatan ibadah ini juga sangat membantu salam mengurangi stress dan meningkatkan konstrasi kita di sepanjang pagi tersebeut. Menghabiskan 20 menit di awal hari akan membantu kita untuk menemukan kedaiaman dalam diri kita sebelum akhirnya melibatkan diri dalam rutinitas harian kita seperti biasa.

20 Menit Kedua: Belajar dan Menulis

Biasanya setelah kegiatan ibadah pagi saya selesai, saya lanjutkan dengan membuka laptop lalu mulai belajar dan menulis--dalam hal ini biasanya saya menggunakannya untuk menulis sesuatu yang memang ingin saya tuliskan, seperti menulis konten untuk blog ini ataupun menulis sebuah renungan atau motivasi pagi.

Untuk renungan dan motivasi pagi, saya biasa menuliskannya di jurnal yang saya miliki, selain itu saya juga akan mengisi jurnal tersebut dengan to-do-list yang akan saya lakukan di hari itu dan planner apa saja yang akan saya lakukan ke depannya--dalam hal ini saya biasa menuliskan rencana tulisan saya di blog maupun di event kepenulisan.

20 Menit Terakhir: Olahraga

Lalu di 20 menit terakhir tersebut adalah melakukan olahraga. Menghabiskan waktu 20 menit setelah bangun tidur untuk gerakan fisik akan memberikan banyak manfaat untuk tubuh dan pikiran kita. Olahraga 20 menit ini bisa kita lakukan dengan melakukan latihan ringan, atau sekedar berjalan kaki dengan santai. Saya sendiri biasa memilih untuk melakukan olahraga ringan dengan menonton channel youtube, biasanya berupa latihan beban ringan, aerobik atupun cardio. 

Olahraga di pagi hari dapat membantu kita untuk meningkatkan sirkulasi darah, mengaktifkan otot-otot tubuh dan mampu membantu kita untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi hari, selain itu berolahraga juga dapat mengurangi stress dan meningkatkan mood.

Penutup

Dengan menerapkan rumus 20/20/20 dalam kegiatan rutin di pagi hari kita dapat memanfaatkan waktu dengan lebih bijak dan membentuk kebiasaan postif yang kuat dan produktif. Rutinitas yang kita lakukan dapat memberikan kesempatan kepada kita untuk dapat merawat tubub dan pikiran dengan lebih baik, menjaga keseimbangan emosi dan mengatur pikiran kita agar lebih fokus sepanjang hari.

Yuk, mulai implementasikan rumus 20/20/20 ini dalam kehidupan pagi kita dan kita akan melihat hasilnya yang mampu meningkatkan kulaitas hidup kita secara keseluruhan dan siap menghadapi hari dengan semangat.



Referensi:

[1] PembelajarProduktif. 2021. Rumus 20/20/20. Diakses pada tanggal 20 Mei 2023. Link:https://pembelajarproduktif.com/mulai-hari-dengan-rumus-20-20-20/#:~:text=Rumus%20praktis%20ini%20merupakan%20rumus,AM%20Club%20karya%20Robin%20Sharma.

2 comments

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕
  1. Terima kasih udah nulis artikel ini ya, mbak. Ngerasa terbantu nih karena akhir-akhir ini lagi ngerasa gak produktif dan mager-mageran terus huhuhu

    ReplyDelete