Berkonten Ria Bersama IndiHome: Menemukan Kemudahan Berkreasi Sebagai Seorang Blogger

Bismillahirrahmanirrahim

Berkonten Ria Bersama IndiHome
Sumber: Pribadi | Diedit menggunakan Canva

"Blogger adalah pahlawan literasi tanpa tanda jasa"
Ang Tek Khun

Awal kebangkitan saya dari hiatus panjang di dunia blogger ditandai dengan baiknya jaringan internet di rumah yang saya tempati dan juga semakin disemangati karena keikutsertaan saya dalam memperingati Hari Blogger Nasional, pada tanggal 27 Oktober tahun lalu.

Mengapa Jaringan Internet Sangat Mempengaruhi Keaktifan Saya di Dunia Blogging?

Hehehe ... sekedar informasi, bahwa saya berdomisili di Kabupaten Mamasa, salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Barat--tepatnya di desa Malabo, dimana jaringan 4G masih sangat terbatas, sehingga jika kami ingin berselancar di dunia maya, maka kami harus menempatkan HP ke dinding tembok rumah agar kami bisa mendapatkan jaringan yang lebih baik.

Alangkah bersyukurnya saya ketika akhirnya IndiHome masuk ke desa kami--Desa Malabo sekitar tahun lalu, maka tanpa pikir panjang, kami memutuskan untuk memasang Internet Provider IndiHome yang merupakan penyedia akses internet dari Telkom Indonesia di rumah. Kami baru memasang IndiHome sekitar bulan Oktober tahun lalu.

Satu hal yang langsung saya lakukan begitu IndiHome di rumah kami terpasang adalah mengecek keberadaan blog tercinta saya yang saat itu masih berdomain blogspot. Akhirnya masa hiatus saya berakhir. Di bulan yang sama pula, tepatnya setelah mengikuti seminar dalam rangka Hari Blogger Nasional, saya akhirnya berkomitmen untuk menjadi blogger profesional yang ditandai dengan pemberian domain profesional (dot.com) untuk blog ini.

Dan ... disinilah saya sekarang, berusaha untuk terus konsisten memberikan konten yang terbaik di blog ini. Dengan ilmu yang saya dapatkan ataupun dengan pengalaman yang telah saya lalui. Maka akhirnya saya bisa mendeklarasikan diri sebagai seorang blogger atau bahasa kerennya seorang Content Writer.

IndiHome Menjangkau Pelosok Negeri
Sumber: Pribadi | Diedit menggunakan canva


Kemudahan Berkreasi Sebagai Seorang Blogger Dengan Jaringan yang Lancar Dari IndiHome

Sebagai seorang blogger, maka aktifitas utama yang saya lakukan pastinya adalah mengelola blog atau biasa kita sebut dengan istilah blogging. Lalu apa itu blogging? Blogging adalah aktifitas mengelola blog, seperti menulis, memperbarui, atau menambahkan elemen tertentu agar tulisan semakin menarik pada konten blog [1]

Melalui aktifitas blogging ini kita sebagai Content Writer memiliki kebebasan dalam mengekspresikan diri dan sebagai media untuk berbagi pengetahuan, ide atau pendapat dan opini kita terhadap berbagai hal. Ada beberapa kemudahan yang akhirnya saya rasakan sebagai seorang blogger, diantaranya:

Mengkespresikan Diri

Sebagai seorang blogger saya memiliki kebebasan penuh untuk mengekspresikan diri melalui tulisan--dengan menuliskan berbagai hal yang menarik perhatian saya ataupun hanya sekedar berbagi pengalaman. Tidak ada batasan dalam menulis untuk saya, karena memang saya lebih banyak mengekpresikan diri pada blog pribadi ini, dan jika kalian melihat jenis-jenis tulisan pada blog ini, kalian akan dapati bahwa semua tulisan disini berdasarkan ilmu yang saya dapatkan ataupun dari pengalaman pribadi saya sebagai seorang istri, ibu dan pendidik.

Mengembangkan Kemampuan Menulis

Melalui kegiatan blogging, saya memiliki kesempatan untuk terus menerus mengasah kemampuan menulis saya dengan menulis secara terartur--setidaknya 2 hari sekali, saya bisa mengetahui perkembangan tulisan yang saya miliki. Semakin saya merutinkan diri untuk menulis, semakin berkembang kemampuan menulis yang saya miliki, lalu secara bertahap mulai belajar untuk memperbaiki struktur kalimat, meningkatkan pilihan kosakata dan semakin mampu untuk menyampaikan pesan dengan lebih jelas.

Mengikuti Beberapa Komunitas Blogger atau Komunitas Kepenulisan

Satu hal yang juga merupakan point penting agar saya bisa lebih termotivasi untuk terus menulis konten pada blog ini, adalah dengan bergabung pada beberapa komunitas blogger--seperti Blogger Perempuan, 1 Minggu 1 Cerita dan terutama bergabung pada Kelas Literasi Ibu Profesional, yang semua komunitas tersebut semakin menggenjot diri saya untuk rutin dalam menulis, dan terus mengupgrade diri dengan ilmu-ilmu kepenulisan.

Berkrerasi Dengan Multimedia

Dengan blogging saya juga semakin mengeksplor kemampuan saya dalam konten-konten multimedia lainnya, dan semakin tertantang untuk menguasi berbagai kemampuan dalam multimedia seperti pengeditan gambar (memotong gambar, mengubah ukuran gambar--biasanya saya mengubah file PNG ke WEBP agar gambar menjadi lebih blog friendly, ataupun memodifikasi gambar--biasanya saya menghapus objek tertentu pada gambar atau malah menghilangkan backgroundnya), dan desain grafis (Saya dipaksa untuk belajar banyak mengenai cara membuat infografis ataupun thumbnail untuk setiap postingan yang saya tulis).

Ajang Pengembangan Diri

Blogging adalah tempat saya untuk terus berproses dalam suatu pembelajaran yang berkelanjutan--dengan membuat konten, maka saya memaksa diri untuk belajar lebih banyak mengenai apa yang hendak saya tuliskan, karena tentunya saya tidak ingin memberikan informasi yang salah kepada siapapun yang menyempatkan waktu untuk membaca tulisan saya di blog ini. Belajar untuk memberikan yang terbaik pada setiap tulisan dengan terlebih dahulu mengkaji lebih dalam mengenai topik yang hendak saya tulis, belajar lebih baik untuk mengasah keterampilan saya dalam hal menulis maupun keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan blog ini--SEO dan hal lainnya. Setiap proses belajar ini membuat saya semakin bertumbuh dan berkembang sebagai individu yang lebih terampil dan Insyaa Allah memiliki pengetahuan yang luas.

Bermanfaat Untuk Orang Lain

Seperti qoute yang saya ambil untuk membuka tulisan ini, bahwa "Blogger adalah pahlawan literasi tanpa tanda jasa", maka saya berharap dengan konten-konten yang saya tulis dalam blog ini, mampu bermanfaat untuk orang lain, maka saya sebisa mungkin memilah setiap bahasan yang hendak saya tulis, "Apakah hal ini akan bermanfaat?" atau "Apakah kelak konten yang saya tulis dapat menjadi wasilah saya di akhirat?". 

Salah satu impian saya adalah bisa memberikan manfaat untuk sebanyak-banyak manusia, maka cita-cita utama saya adalah menjadi seorang guru--yang Alhamdulillah telah terwujud, dan salah satu upaya saya adalah dengan memberikan manfaat melalui tulisan-tulisan yang saya tulis. Maka kelak saya bisa dengan bangga mengatakan bahwa saya adalah salah satu dari pahlawan tanpa tanda jasa itu. Dan dengan bangga pula saya akan mengatakan bahwa saya adalah seorang blogger.

Infografis IndiHome
Infografis By Fitrah Alimuddin | Sumber: Pribadi | Diedit menggunakan canva

Penutup

Saya ingin berterima kasih sekali lagi pada Internet Provider IndiHome dari Telkom Indonesia yang telah mampu menjangkau pelosok-pelosok negeri terutama di desa tempat saya tinggal--Desa Malabo, Kab Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat. Karena dengan datangnya jaringan internet yang stabil ini, saya tidak lagi harus menempelkan handphone saya pada dinding tembok untuk mendapatkan internet yang stabil, hehehe.

Dengan datangnya IndiHome ini juga saya seakan kembali ditarik pada dunia yang begitu saya cintai, yaitu dunia menulis dan dunia blogging, ditandai dengan semakin aktifnya saya dalam menulis di blog ini, dan juga semakin sering mengikuti even lomba menulis--yang tentunya tidak akan saya dapatkan jika saya tidak memiliki akses internet yang baik untuk mendapatkan informasi tersebut.

Sekali lagi terima kasih kepada IndiHome karena dengan bersama IndiHome saya menjadi pribadi yang lebih produktif dengan mengkreasikan diri melalui konten-konten yang menarik dan tentunya saya harapkan dapat bermanfaat untuk diri saya dan orang lain yang membacanya. Karena saya adalah seorang blogger yang dengan bangga menyatakan diri sebagai pahlawan literasi tanpa tanda jasa.



Referensi

[1] Hostinger.co,id. 2023. Apa Itu Blog? Pengertian Blog, Blogger dan Blogging. Diakses pada tanggal 11 Mei 2023. Link: https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-blog

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕