5 Kemampuan yang Sebaiknya Dimiliki Anak Sebelum Masuk Sekolah Dasar

Bismillahirrahmanirrahim

5 Kemampuan yang Sebaiknya Dimiliki Anak Sebelum Masuk Sekolah Dasar
Sumber Gambar: Canva

Saya memiliki seorang anak yang tahun ini Insyaa Allah akan memasuki jenjang Sekolah Dasar, sebagai seorang ibu dan sekaligus juga sebagai seorang pendidik di SD, saya merasa memiliki tanggung jawab yang besar terhadap anak saya sendiri tentang kesiapannya dalam memasuki jejang sekolah dasar.

Walau pada dasarnya saya masih disergap beberapa keraguan tentang kesiapan Kakak Fatih--anak saya, tapi sebagai seorang ibu saya harus terus mempersiapkan kematangan anak saya agar siap mengikuti pembelajaran di sekolah kelak.

Kemampuan yang Sebaiknya Dimiliki Anak Sebelum Masuk SD

Sebelum memasuki sekolah dasar, ada beberapa kemampuan yang sebaiknya dimiliki oleh anak agar dapat mengikuti pembelajaran dan bergaul dengan baik dengan teman sebayanya. Adapun beberapa kemampuan yang sebaiknya dimiliki anak sebelum masuk sekolah dasar:

Kemampuan Bahasa

Kemampuan bahasa ini merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki anak sebelum memasuki sekolah dasar. Anak perlu mampu mengucapkan setiap kata dengan benar dan jelas, serta mampu memahami mkana dari setiap kata yang ia dengar ataupun ucapkan. Anak-anak yang memiliki kemampuan bahasa yang baik akan lebih mudah memahami intruksi guru sehingga dapat berkomunikasi dengan baik dengan teman-teman di sekolahnya kelak.

Kemampuan Sosial-Emosional

Anak sebaiknya memiliki kemampuan sosial dan emosional yang baik agar kelak ia dapat bergaul dengan teman sebayanya sehingga diharapkan mampu mengatasi setiap stress dan kecemasan yang mungkin akan timbul di lingkungan sekolah. Anak juga perlu belajar mengontrol emosi, mengembangkan rasa empatinya dan mampu menyelesaikan konfilk yang mungkin kelak akan terjadi antara dirinya dan teman sebayanya.

Kemampuan Motorik

Kemampuan motorik terbagai atas dua yaitu kemampuan motorik halus dan kemampuan motorik kasar. Kedua kemampuan motorik ini sangat penting untuk dimiliki anak sebelu memasuki jenjang sekolah dasar. Kemampuan motorik halus sangat diperlukan pada beberapa kegiatan belajar seperti menulis, menggambar dan menggunakan alat tulis serta menggunting. Sedangkan kemampuan motorik kasar diperlukan untuk kegiatan atau aktivitas di luar ruangan seperti berlari, melompat dan bermain.

Kemampuan Kognitif

Kemampuan koginitif yang baik pada anak dapat membantunya dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah. Kemampuan kognitif ini meliputi kemampuan memahami konsep, memecahkan masalah dan membuat keputusan yang tepat terkait masalah yang ia hadapi.

Kemampuan Berpikir Kritis

Kemam[uan berpikir kritis sangat penting dalam mengembangkan kemampuan intelektual anak. Anak yang memiliki kemampuan berpikir kritis akan banyak bertanya dan menganalisis informasi yang diberikan kepadanya.

Penutup

Perlu digaris bahwahi bahwa setiap anak lahir dengan kemampuan yang berbeda-beda atau yang biasa kita dengar dengan istilah mulitple inteligence yang juga memiliki tingkat berkembangan yang berbeda-beda pula, sehingga tidak semua anak memiliki kemampuan yang sama siapnya sebelum mereka memasuki sekolah dasar. Namun, kita sebagai orang tua--khusunya saya sebagai seorang ibu, dapat membantu anak dalam mengembangkan setiap kemampuan yang ia meiliki dengan terus berusaha memberikan stimulasi dan dukungan yang tepat.

2 comments

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini ๐Ÿ’•
  1. Anak saya baru 10 bulan tapi udah mikir gimana kalau dia sekolah nanti. Harapan nya anak bisa bergaul baik dengan teman-temanya dan bisa memahami pelajaran dengan baik juga. Tugas ibu emang lumayan berat ya, kudu telaten mengajari anak๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul Mbak, harapannya memang ndak jauh dari kemampuan anak bersosialisasi dan kemampuannya dalam mengikuti pelajaran disekolab.

      Delete