Amalan di Malam Lailatul Qodar

Bismillahirrahmanirrahim

Amalan di Malam Lailatul Qodar

Sebenarnya saya mau menulis ini di hari ke 22, menjelang malam ke 23. Karena di bulan ramadan tahun ini, malam ke 23 bertepatan dengan malam Jum'at yang oleh kebanyakan ulama mengatakan apabila malam ganjil bertepan dengan malam Jum'at maka besar kemungkinan bahwa malam tersebut adalah malam lailatu qodar. Tapi qadarallah, saya begitu disibukkan dengan hal-hal domestik, sehingga saya lupa menuliskannya di hari itu.

Tapi bukan berarti kita menyia-nyiakan kesempatan untuk beribadah di sisa bulan ramadan ini dengan amalan ibadah terbaik kita. Masih ada sekitar 5 hari lagi dan 5 malam lagi untuk terus mengejar malam lailatul qodar.

Malam lailatul qodar adalah malam yang istimewa bagi umat manusia--khusunya bagi umat muslim. Malam itu dijelaskan bahwa lebih baik daripada 1000 bulan atau setara dengan 83 tahun lebih dan juga merupakan malam yang penuh dengan berkah dan ampunan. 

Oleh karena itu di malam itu sebaiknya melakukan banyak amalan, karena setiap amalan yang kita kerjekan akan dianggap setara dengan amalan selama 1000 bulan. Adapun amalan-amalan yang bisa kita kerjakan untuk mengejar kemuliaan di malam lailatul qodar adalah:

Sholat Malam = Qiyamul Lail

Sholat malam merupakan amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan di malam lailatul qodar. Dalam banyak hadist disebutkan bahwa Rasulullah memperbanyak sholat di malam-malam terakhir bulan ramadan, terutama pada malam lailatul qodar. Sholat malam ini bisa dilakukan dengan melaksanakan sholat tarawih--yang khusus merupakan amalan di malam bulan ramadan, sholat tahajjud dan juga sholat witir.

Membaca Al-Qur'an

Membaca Al-Qur'an juga merupakan amalan yang sangat dianjurkan untuk diperbanyak di malam lailatul qodar. Membaca Al-Qur'an pada malam lailatul qodar lebih baik dari membaca Al-Qur'an selama seribu bulan. Oleh karena itu pada malam-malam terakhir ramadan ini perbanyaklah membaca Al-Qur'an.

Berdoa

Berdoa juga merupakan amalan yang sangat dianjurkan di malam lailatul qodar. Malam lailatul qodar adalah malam yang penuh berkah dan ampunan, sehingga disarankan untuk memperbanyak doa di malam itu. Berdoa dapat kita lakukan dengan memohon ampunan, memohon kebaikan, dan memohon hajat yang sangat kita inginkan.

Bersedekah

Bersedekah juga merupakan amalan yang sangat dianjurkan di malam lailatul qodar. Bersedakah di malam ini dainggap lebih baik daripada bersedakah di seribu bulan lainnya, karena keutamaan dari bulan ramadan dan pelibat gandaan amalan di malam ini. Oleh karena itu, sangat disarankan agar memperbanyak sedekah di malam-malam terakhir bulan ramadan khusunya di malam lailatul qodar.

Mengikuti Kajian Agama

Mengikuti kajian agama juga merupakan amalan yang sangat dianjurkan di malam lailatul qodar. Dalam kajian agama, kita bisa memperoleh ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat untuk kehidupan dunia dan akhirat kita. Oleh karena itu, sangat disarankan agar memperbanyak mendengarkan kajian di malam-malam terakhir bulan ramadan khusunya di malam lailatul qodar. Mendengarkan kajian ini bisa kita lakukan dengan serius mendengarkan ceramah agama di setiap malam sesudah sholat Isya dan sebelum terawih di masjid.

Berdzikir Mengingat Allah

Berdzikir dengan mengingat Allah juga merupakan amalan yang sangat dianjurkan di malam lailatul qodar. Malam lailatul qodar adalah malam yang penuh berkah dan ampunan, sehingga disarankan untuk memperbanyak dzikir di malam itu. Berdzikir dengan mengingat Allah ini bisa kita lakukan dengan banyak membaca tasbih, tahmid dan takbir.

Mengerjakan Amal Kebaikan

Mengerjakan amal kebaikan juga merupakan amalan yang sangat dianjurkan di malam lailatul qodar. Amalan baik ini bisa berupa membantu sesama, memberi makanan kepada orang yang membutuhkan atau melakukan kebaikan lainnya.

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕