Amalan Wanita di Bulan Ramadhan

Bismillahirrahmanirrahim

Amalan Wanita di Bulan Ramadhan

Hikmah Allah menjadikan sebagian tempat lebih mulia dibanding tempat lainnya, maka Allah menjadikan Mekkah dan Madinah sebagai tempat mulia di muka bumi ini, dengan hikmahnya pula Allah memilih 3 masjid yang termulia yaitu masjidil haram, masjid nabawi dan masjidil aqsa sehingga sholat di tempat tersebut memiliki kemuliaan.

Diantara hikmah itu pula Allah menjadikan bulan Ramadhan sebagai pimpinan para bulan, karena di bulan inilah Allah turunkan Al-Qur'an, dan diantara malamnya dipilih juga malam terbaik yaitu malam lailatul qadar. Bulan Ramadhan adalah tempat kita mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya, maka tak heran jika banyak para salaf yang begitu meninggalkan bulan Ramadhan, mereka kembali berdoa untuk memohon agar mereka dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan.

Keutamaan Bulan Ramadhan

Adakah diantara kita sekarang ini yang sejak 6 bulan yang lalu bangun sholat tahajjud lalu beroda dan memohon agar kembali dipertemukan dengan ramadhan? Jawab dengan jujur, mungkin tidak banyak dari kita yang melalukakannya padahal doa inilah yang menunjukkan penghargaan kita terhadap ramadhan. Kita sangat membutuhkan moment ramadhan ini, begitu banyak dosa yang telah kita lakukan, dan di bulan ramadhan inilah kita bisa menghapus dosa-dosa yang kita lakukan, karena bulan ini adalah bulan ampunan dan bulan dilipat gandakannya pahala.

Banyak orang yang berubah jalan hidupnya karena perjumpaannya dengan bulan ramadhan, pada bulan ini dibukalah pintu-pintu syurga, ini adalah isyarat kemudahan kita untuk memasuki syurga, dan pintu nereka di tutup yang menujukkan bahwa Allah lagi mengobral pahala dan menyebar rahmat. Pada bulan ini syaithan sedang dibelenggu, sehingga dapat memudahkan kita untuk beribadah kepada Allah.

Setiap malam Allah akan mencatat hambanya yang dibebaskan dari neraka jahannam di malam ramadhan. Pada bulan ramadhan ini juga pahala dilipat gandakan oleh Allah, maka barang siapa yang berjumpa dengan ramadhan tetapi dosanya tidak diampuni oleh Allah, maka sungguh celakalah orang tersebut.

Wanita di Bulan Ramadhan

Hendaknya saat memasuki bulan yang mulia ini--bulan ramadhan, kisa memasukinya dengan persiapan yang sebaik-baiknya. Bulan ramadhan ini paling lama 30 hari, dan 30 hari ini berlalu sangatlah cepat, kita akan mendapati bahwa perasaan kita baru saja memasuki bulan ramadhan, ehhh tau-tau besoknya kita sudah mau berlebaran.

Bulan ramadhan itu sangat sebentar, maka persiapkan diri kita dengan sebaik-baiknya, jangan jadikan ramadhan kita saat ini seperti ramadhan sebelumnya, ramadhan kali ini harus lebih baik dari ramadhan sebelumnya. Untuk mendapatkan kebaikan ramadhan yang terbaik, maka buat rencana dengan sebaik-baiknya. Jika kita telah berazzam untuk memberikan yang terbaik di bulan ramadhan kali ini, Insyaa Allah kita akan diberikan kemudahan oleh Allah untuk melaksanakannya.

Contoh planning sederhana, tahun ini kita ingin untuk khatam Al-Qur'an minimal 2 kali--2 jus setiap hari. Maka mulai dari sekarang kita harus berdoa agar Allah memudahkan rencana kita untuk khatam di bulan ramadhan ini. Kalau kita ingin khatam 2 kali dalam sebulan, maka minimal kita bisa menyelesaikan 4 lembar tiap selesai sholat fardhu--maka tiap hari kita bisa menyelesaikan 2 jus dalam sehari.

"Bacalah Al-Qur'an karena pada hari kiamat Ia akan datang memberikan syafaat kepadamu"

Jangan bangga dengan banyak informasi dan banyaknya ilmu dunia yang kita dapatkan--apalagi jika ilmu tersebut tidak memberikan manfaat bagi orang lain, tetapi banggalah jika kita dapat bermu'amalah dengan baik dengan Al-Qur'an karena kelak di hari kiamat ialah yang memberikan syafaat kepada kita.

Saat membaca Al-Qur'an, sebaiknya kita menonaktifkan internet kita, sehingga kita bisa berkonsentrasi dalam membaca Al-Qur'an. Bulan ramadhan ini konsentrasilah dengan Al-Qur'an, perbanyak mu'amalah dengan Al-Qur'an. Manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya di bulan ramadhan ini, karena setiap detik di bulan ramadhan ini penuh kebaikan.

"Orang yang suka membaca Al-Qur'an adalah orang yang berbahagia"

Maka itulah pentingnya punya target di bulan ramadhan ini, ada baiknya juga setiap target yang kita berikan kita komunikasikan dengan suami sehingga suami juga tahu target ramadhan kita, sehingga alangkah baiknya jika beliau juga memberikan dukungan terhadap target-target ramadhan kita.

Tujuan utama kita berpuasa adalah untuk mendapatkan ketaqwaan, maka seseorang yang berpuasa tidak boleh sama dengan hari-harinya di luar berpuasa. Saat kita sedang berpuasa argo pahala kita sedang berjalan, maka jaga kondisi kita saat sedang berpuasa, sehingga sepanjang hari saat kita berpuasa pahala senantiasa mengalir kepada kita.

Saat sedang berpuasa, mata, penglihatan dan pendengaran kita juga hendaknya juga ikut berpuasa. Hindari orang yang berghibah dan hindari tontonan yang tidak berfaedah. Betapa banyak orang yang berpuasa tapi tidak mendapatkan apa-apa kecuali hanya lapar dan haus, karena yang berpuasa hanya mulutnya tetapi hati, mata, penglihatan, pendengaran dan lisannya tidak ikut berpuasa.

Istri dan Ibu di Bulan Ramadhan

Ada ibadah selain baca Al-Qur'an dan sholat malam yaitu berhikmah kepada keluarga--kepada suami dan anak-anak. Bulan ramadahan adalah bulan ibadah, dan taat kepada suami dan anak-anak juga merupakan salah satu ibadah terbaik yang menjadi ibadah unggulan bagi para wanita.

Jadilah sebagai istri dan ibu yang menjadi penggerak cahaya di dalam keluarga kita. Semangati suami agar di bulan ramadhan ini menjadi orang yang lebih dermawan, lebih banyak bermu'amalah dengan Al-Qur'an, semangati anak untuk lebih banyak bermuamalah dengan Al-Qur'an, dan senantisa melakukan kebaikan di bulan mulia ini.


Hindari Berlama-lama di Tempat Perbelanjaan

Sempatkan melakukan food prep sebelum memasuki bulan ramadhan, atau sebelum 10 hari terakhir ramadhan, sehingga waktu kita tidak terbuang terlalu sering ke pasar untuk berbelanja atau terista dengan menghabiskan waktu berlama-lama di dapur--hal ini tidak salah tetapi hakikat ramadhan bukan se-enak dan secantik apa makanan yang kita hidangkan, tetapi hakikat ramadhan adalah bagaimana kita menggunakan setiap detik untuk senantiasa beribadah keapda Allah, dengan food prep kita bisa lebih menghemat waktu sehingga saat ingin makan sisa mengambil dan menyajikan makanan dengan cepat. 

Jangan gunakan 10 hari terakhir di bulan ramadhan dengan berlama-lama berbelanja di pasar untuk keperluan belanja baju lebaran. Hendaknya beli baju lebaran di waktu-waktu sekarang ini, sebelum 10 hari terakhir, sehingga di 10 malam terakhir kita bisa fokus mengejar lailatul qadar.

Haid dan Nifas di Bulan Ramadhan

Haid dan nifas adalah kodrat seorang wanita, diantara kabar gembira bagi wanita yang haid, jika sebelum haid mereka senantiasa terbiasa melaksanakan ibadah maka saat mereka sedang haid, ibadah tersebut tetap tercatat sebagai sebuah ibadah untuknya--jika mereka sebelum haid membiasakan ibadah tersebut.

Ibadah Bagi Wanita Haid

Ibadah yang bisa dilaksanakan wanita haid

  1. Berdzikir--termasuk dzikir pagi dan petang
  2. Wanita haid boleh membaca Al-Qur'an tetapi tidak boleh menyentuh Al-Qur'an, kita bisa membaca Al-Qur'an menggunakan aplikasi HP
  3. Perbanyak mendengarkan murottal
  4. Pebanyak mendengar kajian
  5. Perbanyak silaturahmi--menelpon orang tua
  6. Perbanyak doa, terutama di malam bulan ramadhan

Penutup

Bulan ramadhan adalah bulan yang sangat mulia, Allah memuliakannya diantara 12 bulan yang lainnya. Kita sebagai wanita juga adalah makhluk yang begitu mulia, Allah mengkodratkan kita berperan sebagai istri dan ibu, yang dibalik semua tugas rumah tangga yang juga menyita waktu kita di bulan ramadhan ini ternyata Allah juga menilai kegiatan tersebut sebagai ibadah. Jadi niatkan bangun di awal sahur untuk menyiapkan makanan sahur kepada keluarga sebagai ibadah, niatkan juga hal yang sama saat kita sedang menyiapkan makanan berbuka puasa untuk keluarga.

Satu hal lagi yang menjadi kegalauan wanita adalah kesempatan untuk berubadah yang terpotong karena haid ataupun nifas, maka hal ini janganlah menjadi beban, sebab masih banyak amalan lain yang bisa kita maksimalkan saat sedang haid ataupun nifas. Terakhir, semangat buat semua wanita yang sedang bergumul untuk kebahagiaan keluarganya di bulan ramadhan ini, semoga kita semua termasuk kedalam wanita-wanita yang dimuliakan Allah dengan dihapuskannya semua dosa kita di bulan yang mulia ini, Aamiin.


Referensi:

Andirja, Firanda. Wanita di Bulan Ramadhan. Diapload By Firanda Andirja Tanggal 15 Mei 2018. Link: https://www.youtube.com/watch?v=wlGCfT5_wME&t=4128s

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕