Permandian Air Panas Nusantara di Kabupaten Mamasa

Bismillahirrahmanirrahim

Permandian Air Panas Nusantara


Jika ke Kabupaten Mamasa tidak lengkap rasanya jika kita tidak mengunjungi permandian air panasnya. Ada tiga tempat yang saya tahu sebagai tempat permandian air panas di Mamasa, pertama di Kecamatan Sumarorong, kedua di kota Mamasa yang dinamakan permandian air panas nusantara dan ketiga di dusun Rante Katoan. 

Hanya dua tempat dari tiga tempat yang saya sebutkan diatas yang pernah saya kunjungi yaitu di permandian air panas nusantara dan di rante katoan. Sumber air panas sendiri adalah air yang keluar dari mata air panas yang dipanaskan secara alami oleh panas bumi. Biasayanya air yang keluar memiliki suhu diatas suhu normal tubuh manusia atau sekitar 37 derajat celsius. 

Permandian Air Panas Nusantara

Kabupaten Mamasa memiliki beberapa permandian air panas, salah satu yang menjadi lokasi permandian air panas favorit kami adalah permandian air panas Nusantara di Kota Mamasa. Biasanya kami kesana saat kami sedang ingin merilekskan badan yang kaku atau sedang pegal-pegal, karena berendam air panas membuat tubuh kami kembali rileks. Pilihan kami ke permandian air panas nusantara karena permandian air panas itu yang paling dekat dekat dengan tempat tinggal kami, yaitu sekitar 30 menit perjalanan.

Permandian air panas nusantara sendiri di resmikan oleh Bapak Bupati Mamasa, H. Ramlan Badawi pada tahun 2011 silam. Biaya masuk per orangnya termasuk murah yaitu cuma Rp.5.000,00 berapapun usianya, termasuk anak-anak. Tetapi ada biaya tersendiri untuk mereka yang ingin ke bagian permandian air panas VIP, yaitu kolam yang terpisah sendiri dengan air panas yang selalu diganti tiap rombongannya yaitu Rp.15.000, masih termasuk murah menurut saya. Tapi kami sekeluarga biasanya hanya ke permandian air panas umumnya saja, apalagi bocah kami D SAF (Kakak Fatih dan Adek Fayyad) masih selalu menggunakan kolam anak. 

Peresmian Permandian Air Panas
Peresmian Permandian Air Panas Nusantara Oleh Bapak Bupati Mamasa | Sumber: Dok Pribadi


5 Kolam Permandian Air Panas di Nusantara

Permandian air panas nusantara memiliki 5 kolam air panas, 1 kolam yang besar, 2 kolam sedang, 1 kolam anak dan 1 kolam khusus pelanggan VIP. Biasanya air panas di 4 kolam selain kolam VIP di ganti secara bergantian. Sehingga terkadang ketika kami datang akan ada 1 sampai 2 kolam yang suhunya masih sangat panas.

Kolam Besar
Kolam Besar | Sumber: Dok Pribadi

Kolam Sedang
Dua Kolam Sedang | Sumber: Dok Pribadi

Kolam VIP
Kolam VIP | Sumber: Dok Pribadi


Saya dan anak-anak bisanya menghabiskan waktu di kolam anak yang notabene punya suhu yang relatif hangat, sedangkan abah selalu mencari kolam yang masih agak panas. Kami sekeluarga sangat jarang menempati kolam yang besar karena kami takut anak-anak tidak terkentrol ke tengah kolam. Saat kami terakhir kesana hari Ahad yang lalu, 1 kolam sedang tidak terpakai karena sedang diisi air panas.

Kolam Anak
Kolam Anak | Sumber: Dok Pribadi

Pengunjung permandian air panas nusantara biasanya banyak di pagi hari sekitar jam 06.30-10.00, sedangkan kalau sore hari biasanya rame di jam 16.30-19.30. Karena memang di dua waktu tersebut waktu yang paling tepat untuk merendam tubuh dengan air panas.

Manfaat Berendam di Permandian Air Panas

Tak hanya untuk membersihkan dan menghangatkan badan, berendam air panas ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat beremdam air panas:

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Berendam air panas ternyata dapat melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah, selain itu ternyata juga dapat meningkatkan detak jantung sehingga berfungsi sama seperti saat kita sedang olahraga, maka tak heran jika kegiatan berendam di air panas ini juga ternayat sangat baik untuk kesehatan jantung.

Merilekskan Otot dan Meningkatkan Kualitas Tidur

Berendam air panas sangat bagus untuk merilekskan otot tubuh yang kaku, menghilangkan beban pikiran, dan meredakan nyeri sendi sehingga dapat memberikan ketenangan pada seluruh tubuh dan menciptakan tidur yang berkualitas.

Mengurangi Stress

Beberapa penelitian mengatakan bahwa dengan berendam di air panas, seseorang dapat mengelolah emosi negatif yang membuat depresi hingga menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan adanya penurunan hormon stress serta keseimbangan pada serotonin yang membantu mengatur pikiran dan perasaan seseorang.

Manfaat Berendam Air Panas

Penutup

Kabupaten Mamasa adalah kabupaten dataran tinggi yang memiliki suhu udara yang dingin, permandian air panas menjadi primadona untuk kami sekeluarga yang notabene adalah perantau dari daerah dataran rendah yang panas karena bisa menghangatkan badan kami di suhu dingin Mamasa. Selain menjadi solusi untuk merilekskan badan, permandian air panas ternyata juga memilki beberapa manfaat untuk kesehatan di antaranya meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kulaitas tidur dan mengurangi stress. Masyaa Allah.



Referensi:

https://rheem.id/blog/manfaat-berendam-air-panas/

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕