Memaknai Arti Sebuah Rumah: Tempat Ter-nyaman Bagi Keluarga

Bismillahirrahmanirrahim

Memaknai Arti Sebuah Rumah Sebagai Tempat Ter-nyaman Bagi Keluarga

Rumah adalah tempat ter-nyaman bagi sebuah keluarga yang menempatinya. Maka tidak heran jika banyak orang yang mengatakan bahwa rumah adalah keluarga ataupun kebalikannya keluarga adalah rumah. 

Rumah  adalah tempat semua anggota keluarga berkumpul, tinggal dalam satu atap yang sama, berbagai kehangatan, keceriaan, kenyamanan, bahkan kesedihan bersama. Rumah bukan hanya sebagai tempat yang paling aman tetapi juga yang paling nyaman bagi semua penghuninya. 

Maka rumah tanpa keluarga di dalamnya bukanlah sebuah rumah. Rumah adalah tempat kembali yang paling kita rindukan kemanapun kita berada, sebab rumah adalah tempat di mana semuanya bermula. Rumah adalah tempat semua kenangan berkumpul, menyebut kata "rumah" sendiri bagi sebagian orang sangatlah menyentuh relung terdalam hati mereka. Ahh ... Saya sendiri pun sedang merindukan arti "rumah" yang sesungguhnya. Rumah dengan semua anggota keluarga yang lengkap sedang bersendau gurau di dalamnya dengan penuh kehangatan.
 

Lantas Bagaimana Membuat Rumah Menjadi Tempat yang Nyaman bagi Semua Anggota Keluarga?

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menciptakan suasana yang nyaman bagi semua anggota keluarga yang ada di dalamnya. Kenyamanan sendiri dapat dibedakan menjadi empat jenis yaitu kenyamanan fisik, kenyamanan psikospiritual, kenyamanan lingkungan dan kenyamanan sosiokulutral [1]. Dari ke-empat jenis kenyamanan ini, masing-masing memiliki cara tersendiri agar menciptakan suasana nyaman yang kita impikan.


Kenyamanan Fisik

Kenyamanan Fisik
Sumber Gambar: Olymplast

Kenyamanan fisik tiap anggota keluarga yang berada dalam rumah tersebut sangat berkaitan dengan kondisi fisik tiap anggota keluarga yang menghuni rumah tersebut. Dari segi fisik ini termasuk kenyamanan lima panca indra manusia, yaitu indra penciuman, visual, sentuhan, rasa, dan pendengaran.

Memberikan kenyamanan visual dapat dengan memberikan ornamen-ornamen dalam rumah yang dapat memanjakan mata penghuni maupun tamu yang datang ke rumah, bisa dengan lukisan yang indah, perabotan rumah tangga dengan warna yang cantik dan memanjakan mata. Ataupun perintilan-perintilan rumah lainnya yang dapat membuat kita nyaman dalam memandang si-isi rumah.

Memberikan kenyamanan penciuman dapat di lakukan dengan memberikan wewangian di tiap sudut/ruangan dalam rumah. Ada banyak jenis pengharum ruangan yang dapat kita jumpai di pasaran, kita bisa memilih yang sesuai dengan selera dan kebutuhan tiap ruangan dalam rumah.

Memberikan kenyamanan sentuhan dan rasa bisa diberikan dengan menggunakan perabotan rumah tangga yang nyaman dan aman di sentuh dan tidak membahayakan setiap anggota keluarga yang menghuni rumah. Perabotan rumah tangga terbaik yang bisa memberikan kenyamanan fisik maksimal bagi keluarga kita bisa berupa furniture plastik dengan kualitas terbaik yang aman dan indah di pandang mata.

Memberikan kenyamanan pendengaran dapat di lakukan dengan sesekali memutar musik yang di sukai oleh semua anggota keluarga yang menghuni rumah, atau bagi yang muslim bisa memutar murottal penyejuk hati, selain memberikan kenyamanan pada indra pendengaran, musik atau murottal yang kita putar juga dapat menenangkan hati dan pikiran.


Kenyamanan Psikospiritual

Kenyamanan Psikospiritual
Sumber Gambar: Olymplast

Kenyamanan psikospiritual berkaitan dengan kenyamanan hati dan ketenangan jiwa. Untuk dapat memberikan kenyamanan psikospiritual kepada penghuni rumah, harus memperhatikan apa-apa saja yang dapat memberikan kenyamanan hati dan ketenangan jiwa bagi anggota keluarga.

Keharmonisan tiap anggota keluarga sangat memberikan andil besar bagi kenyamanan hati dan ketenangan jiwa anggota keluarga, maka upayakan agar keluarga kita termasuk kedalam keluarga yang harmonis. Untuk mencapai tingkatan keluarga harmonis ini memang memerlukan usaha yang luar biasa terlebih bagi orang tua yang menjadi penggerak keharmonisan dalam keluarga. 

Salah satu cara agar membangun keharmonisan ini adalah menentukan waktu untuk bermain atau bersendau gurau dengan anggota keluarga, menyisipkan 1-2 jam tiap hari saat semua anggota keluarga sudah pulang kerumah misalnya. 

Bagi yang muslim mungkin waktu yang di gunakan untuk membangun keharmonisan ini adalah saat kultum keluarga di subuh atau magrib. Atau bisa dibangun dengan melaksanakan sholat berjama'ah atau tadarrus bersama.

Ada banyak jalan yang dapat kita tempuh untuk membangun keharmonisan keluarga dan ada banyak tempat dimana kita bisa belajar menyelami ilmu tentang keluarga ini. Mari kobarkan semangat belajar bagi sang penggerak keharmonisan keluarga, terutama untuk para orang tua di luar sana.


Kenyamanan Lingkungan

Kenyamanan Lingkungan
Sumber Gambar: Olymplast

Memperhatikan kenyamanan lingkungan rumah salah satunya dengan selalu memperhatikan kebersihan dan kerapian rumah. Untuk menjaga kerapian rumah saya selalu mempercayakan pada Olymplast Juaranya Rapikan Rumah. Kerapian ini bisa dilihat dari penampilan rumah yang tertata apik sesuai dengan tempatnya masing-masing, dan untuk memudahkan kita dalam merapikan perabotan rumah tangga percayakan pada Olymplast Juaranya Rapikan Rumah

Ada banyak perabotan rumah tangga yang punya kualitas terbaik dan memikili nilai estetik yang tinggi yang bisa membantu kita dalam merapikan tampilan rumah. Dengan memilih perabotan rumah tangga dari Olymplast kita tidak hanya membuat rumah menjadi tempat ter-nyaman tetapi tampilan rumah juga akan memanjakan mata.

Olymplas adalah pelopor furniture plastik berkualitas terbaik di Indonesia, kita bisa memilih banyak furniture yang sesuai dengan konsep rumah yang kita miliki yang tentunya dapat memberikan kenyamanan fisik maksimal bagi semua penghuni rumah.

Dengan memperhatikan kebersihan dan kerapian rumah, secara otomatis dapat memberikan kenyamanan bagi semua anggota keluarga yang kita cintai. Lingkungan rumah yang bersih dan rapi adalah rumah yang nyaman dan aman bagi anggota keluarga. Maka setiap anggota keluarga pasti akan mengatakan bahwa "Rumah adalah Keluarga" "Rumah adalah tempat kembali yang paling nyaman".


Kenyamanan Sosiokultural

Kenyamanan Sosiokultural

Satu hal yang tidak kalah penting adalah kenyamanan sosiokultural. Kenyamanan sosiokultural ini berkaitan dengan hubungan kita dengan lingkungan sosial dimana keluarga kita berada, maksudnya hubungan kita dengan sesama anggota keluarga, dan hubungan kita dengan lingkungan masyarakat tempat kita tinggal atau dalam hal ini biasa di sebut dengan istilah "tetangga".

Kenyamanan dalam sebuah rumah bukan hanya berasal dari "dalam" rumah itu sendiri, tetapi juga berasal dari "luar" rumah, dalam hal ini adalah lingkungan tetangga yang kita miliki. Saat menempati lingkungan tertentu ada baiknya kita juga berusaha semaksimal mungkin agar dapat membangun hubungan positif yang baik dengan lingkungan tetangga yang kita miliki.

Salah satu cara agar dapat membangun hubungan yang baik dengan tetangga adalah dengan sering bertegur sapa, saling tolong-menolong dan menghargai, saling berbagi makanan atau barang yang di butuhkan dan yang tak kalah penting adalah gabung dengan komunitas yang ada di lingkungan tetangga kita contohnya bagi ibu-ibu bisa gabung dalam Majelis Taklim atau arisan RT/RW/Kompleks.

Jadi apa makna rumah buatmu?

Buat saya sendiri seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa rumah adalah tempat ter-nyaman bagi semua anggota keluarga rumah tersebut. Rumah adalah keluarga dan keluarga adalah rumah. "Keluarga" dan "Rumah" adalah dua kata yang tidak bisa dilepaskan satu sama lain. Rumah adalah tempat kembali dimana semua kenangan berkumpul. Ahh ... ada banyak kata yang dapat mendefinisikan arti "rumah" itu sendiri.

"Kalau kalian mengartikan rumah itu sebagai apa? Apa makna rumah bagi kalian?"
 

Catatan Kaki

[1] https://gustinerz.com/konsep-tipe-kenyamanan-menurut-teori-kolcaba/

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕