[Review Buku] Simple Diet for Muslimah: Diet Antiribet dan Hemat Budget

Post a Comment
Bismillahirrahmanirrahim

simple diet for muslimah

Judul: Simple Diet for Muslimah: Diet Antiribet dan Hemat Budget
Penulis: Muyassaroh
Tahun Terbit: 2021
Penerbit: Gramedia
Jumlah Halaman: 252 Halaman
Nomor ISBN: 978-623-00-1338-6

Kapan terakhir saya pinjam buku di Ipusnas? Sejak kenal dan sering pinjam buku fisik di perpustakaan Mamasa, saya jadi lupa tentang Ipusnas, hehehe. Saya kembali membuka Ipusnas karena sejujurnya lagi mager banget buat baca buku fisik--masih ada tiga buku antologi saya yang masih dalam kardus dan belum diunboxing, tapi entah kenapa saya seperti tidak punya mood untuk membaca buku itu, maka untuk mendukung kemageran saya, tapi saya masih mau baca buku jadilah saya meluncur ke Ipusnas. 

Kelebihan dari membaca buku di ipsunas adalah karena bukunya dalam bentuk e-book, jadi bisa dibaca walau dalam posisi rebahan, hahahaha ... kaum rebahan yang mau baca buku dimanjakan sekali rasanya.  Kebetulan awal tahun ini saya sedang berazzam untuk menurunkan berat badan--semoga berhasil, hehehe. Jadilah buku yang saya cari yah buku tentang diet--niatnya buat menambah semangat saya dalam berdiet.

BLURP

simple diet for muslimah

Diet sehat yang dijalankan oleh muslimah zaman sekarang seharusnya tidak jauh-jauh dari pola makan Rasulullah. Apa yang beliau contohkan, itulah yang terbaik. Lantas sebagaian orang ragu, bagaimana seseorang bisa menurunkan berat badan hanya dengan berpuasa? Mengapa saat ramadan, berat badan kebanyakan orang bukannya turun, malah justru bertambah?

Diet itu simple. Tidak harus mengkonsumsi sebaskom salad sayuran setiap hari atau dilarang makan satu slice pizza sekali-kali. Diet yang nyaman harusnya fleksibel dan bisa diterapkan oleh semua orang dengan mengkonsumsi makanan yang ramah di kantong. Simple Diet for Muslimah berisi penjelasan mulai dari pandangan diet dalam islam, tip-tip diet yang tidak menyiksa, gaya hidup masa kini, pola hidup ala Rasulullah, sampai pandangan medis  terhadap puasa. Selain itu ada juga beberapa resep yang bisa kalian coba untuk awal diet yang menyenangkan ini.

Masyaa Allah, simple diet bisa dengan mudah di coba oleh semua orang yang ingin menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan. Semoga kesehatan yang Allah anugrahkan dapat kita maksimalkan untuk menambah tabungan pahala sebagai bekal akhirat kita kelak. Aamiin.

Diet Simpel untuk Muslimah

Buku ini terdiri dari 10 bab yang membahas tuntas mulai dari pengenalan diet itu sendiri, diet dalam pandangan islam, gaya hidup masa kini, prinsip makanan dalam islam, sehat ala Rasulullah, manfaat puasa dari kacamata medis, lalu ajakan penulis untuk kembali ke alam, serta tips dan trick agar diet kita anti gagal.

Buku ini cukup lengkap, karena sebelum membahas tentang diet itu sendiri, kita diajak dulu untuk berkenalan tentang diet. Setelah kita tahu secara ringkas tentang diet itu apa, ada juga tentang jenis-jenis diet. Ada banyak jenis-jenis diet yang dibahas di buku ini seperti diet keto, diet OCD atau sekarang lebih dikenal sebagai diet IF atau Intermitten Fasting, diet plain--yang makanannya serba tidak berbumbu, diet kenyang ala artis Dewi hudges, diet food combining, dan terakhir diet Mayo. Tapi selain diet yang disebutkan diatas--dalam buku oleh penulis, ada banyak jenis diet lain di dunia ini. Saya sendiri saat ini sedang menjalankan jenis diet IF atau intermitten fasting.

Diet dalam Pandangan Islam

Sebagai seorang muslimah, kita hendaknya menjalankan sunnah yang telah diajarkan oleh Rasulullah, sehingga kita bisa menjadi manusia yang sehat, bukan muslimah yang lemah karena kelalaian menyantap berbagai makanan. Makanan yang enak di lidah yang lezatnya hanya bertahan beberapa saat saja, sedangkan efek sampingnya bisa bertahan lama bahkan menyebabkan kita menjadi sakit dalam waktu yang tidak pernah bisa dipresiksi.

Kesehatan adalah amanah yang kelak akan dimintai pertanggung jawaban juga di akhirat. Jangan menyiakan sampai akhirnya datang waktu sakit dimana kita akan menjadi serba kepayahan dalam menjalankan ibadah kepada Allah. 

Penutup

Semoga Allah melimpahkan kesehatan kepada kita semua. Semoga dengan membaca buku ini semangat diet saya bisa terus terbarui. Diet bukan semata karena alasan "ingin kurus" tetapi karena "ingin lebih mensyukuri nikmat kesehatan yang Allah berikan"

Saya sendiri menerapkan diet santuy, heheheh ... bukan diet ketat yang anti makan-makan club yang semuanya di pantangin. Allah sendiri tidak mengharamkan memakan makanan apapun kecuali makanan yang telah Allah haramkan dalam Al-Qur'an, tetapi yang pelu kita ingat untuk tidak berlebih-lebihan, Rasulullah sudah mengingatkan kita dalam hal berlebih-lebihan ini.

Jadi diet itu dibawa santai saja ... mau makan nasi, makan mie, makan roti, makan bakso, dll, semuanya bisa dimakan, tapi tentunya dengan porsi yang tepat. Selain itu saya juga menerapkan diet Defisit Kalori dengan memantau kebutuhan kalori harian agar tetap seimbang. Salam sehat semuanya!
Fitrah Alimuddin
Seorang Istri, Ibu dan Pendidik yang akan senantiasa belajar.

Related Posts

Post a Comment