Jangan Jadi Orang yang Merugi!

Bismillahirrahmanirrahim

Jangan Jadi Orang yang Merugi!

Puasa ramadhan wajib bagi setiap muslim sesuai dengan firman Allah dalam Al-Qur'an di surah Al-Baqarah:185. Sebagian ulama mengatakan bahwa Ramadhan adalah bulan Al-Qur'an makanya para salafuh salih saat masuk di bulan ramadhan sibuk dengan Al-Qur'an, bahkan ada beberapa ulama yang bisa mengkhatamkan Al-Qur'an sampai 10 kali.

Bulan ramadhan memotivasi kita dalam menghatamkan Al-Qur'an karena memang bulan ramadhan adalah bulan Al-Qur'an. Sunnahnya adalah kita banyak mengkhatamkan Al-Qur'an di bulan ini. Yang selanjutnya adalah mentadabburi dan menghafalkannya, yang terakhir adalah mengamalkannya.

Islam dibangun diatas 5 perkara--rukun islam, yang pertama adalah syahadat, mendirikan sholat, menunaika zakat, berpuasa di bulan ramadhan, dan haji bagi orang yang mampu. Islam dan kaidah agama ini ada 3, yaitu kesaksian bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah, sholat lima waktu dan berpuasa ramadhan. Maka siapa saja yang mengakui sebagai seorang muslim hendaknya mengamalkan kaidah agama ini dan mengamalkan 5 rukun islam.

Keutamaan Ramadhan

Bulan ramadhan berbeda dengan bulan lainnya, ada sebuah hadist yang mengatakan bahwa sholat lima waktu ke sholat lima waktu berikutnya, jum'at ke jum'at berikutnya serta ramadhan ke ramadhan berikutnya adalah penghapus dosa diantara kedua waktu tersebut.

Allah memberikan jaminan kepada setiap ummatnya bahwa barangsiapa yang berpuasa di bulan ramadhan dengan penuh keimanan, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni. Selain itu amalam puasa ramadhan kita kelak akan datang di hari kiamat untuk membantu orang-orang yang menjalankannya.

Pada malam pertama bulan ramadhan semua setan dibelenggu, pintu neraka di tutup dan pintu syurga di buka, Allah menjanjikan kepada ummatnya bahwa mereka akan dibebesakan dari api neraka di setiap malam-malam ramadhan.

Jangan Jadi Orang yang Rugi

Karena keutamaan dari bulan ramadhan ini, maka Rasulullah dalam sebuah hadist mengatakan bahwa sungguh merugilah mereka yang Allah sampaikan umurnya di bulan ramadhan tetapi mereka keluar dari bulan mulia ini tanpa sedikit dosa mereka diampuni, Naudzubillah.

Maka ayo kita sama-sama pergunakan kesempatan ini, kesempatan di bulan mulia ini, dimana di bulan ini Allah sedang mengobral pahala, semua amalan kebaikan kita sedang di lipat gandakan baik secara kualitas mapun kuantitas, gunakan sebaik mungkin dalam beribadah kepada Allah.

Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Ibadah Kita

Ramdhan sudah hari ke-sepuluh dihari ini, kita masih punya waktu 2 pertiga bulan untuk terus memperbaiki kualitas dan kuantitas ibadah-ibadah kita. Perbaiki puasa kita, hindari hal-hal yang dapat memakruhkan puasa yang kita lakukan. Perbaiki kualitas sholat fardhu kita dan tingkatkan dengan sholat-sholat sunnah, terutama sholat yang khusus dilaksanakan di bulan ramadhan yaitu sholat tarawih. Hidupkan malam-malam ramadhan dengan qiyamul lail.

Jadikan Ramadhan Kali Ini Sebagai Ramadhan Terbaik

Bagaimana jika seandainya tahun ini adalah ramadhan terakhir kita?

Pertanyaan itu yang sering saya tanyakan pada diri saya pribadi. Bagaimana jika seandainya tahun ini adalah ramadhan terakhir saya? Lalu saya belum memaksimalkan ibadah saya, sholat masih malas-malasan, puasa seenak jidat--kalau mau puasa yah puasa kalau lagi malas yah bolong. Sholat tarawih di skip, sholat tahajjud tidak pernah. Al-Qur'an tidak pernah disentuh, Naudzubillah. Maka tentunya saya adalah termasuk kedalam orang yang merugi tadi, yang dosanya tidak terampuni dan ternayat sudah tidak mempunyai kesempatan untuk panen pahala karena ini adalah ramadhan terakhir.

Maka ayo sama-sama--nasehat ini untuk saya pribadi dan untuk teman-teman yang kebetulan membaca artikel ini. Ayo sama-sama jadikan ramadhan kali ini sebagai ramadhan terbaik kita. Tingkatkan kualitas dan kuantitas ibadah, sering-sering bermua'amalah dengan Al-Qur'an dan terakhir kejar malam lailatul qadar yang malamnya lebih baik dari seribu bulan--lebih dari 83 tahun.

Sehingga Insyaa Allah kita keluar dari bulan ramadhan di hari Idul Fitri dengan jiwa kembali fitri, semua dosa kita telah terampuni, dan semua amalan ibadah kita selama bulan ramadhan ini diterima disisi Allah, Aamiin. 



Referensi:

Basalamah, Khalid. 2023. Orang yang Merugi di Bulan Ramadhan. Diupload By Menuju Baik. Link: https://www.youtube.com/watch?v=78UABzhTiCI

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕