7 Pola Hidup yang Berubah di Ramadhan

Bismillahirrahmanirrahim

7 Pola Hidup yang Berubah di Ramadhan

Bagaimana ramadhan kita sejauh ini? Tanpa terasa waktu berlalu begitu cepat, hari ini sudah menjadi hari 17 ramadhan, Masyaa Allah. Kita sudah melewati setangah bulan dengan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lain yang kita usahakan di bulan mulia ini.

Adakah ramadhan sudah mengubah diri kita? Berubahkah polah hidup kita? Semoga perubahan yang kita lakukan senantiasa ke arah yang lebih baik, Aamiin. 

Apa saja pola hidup yang berubah di bulan Ramadhan ini?

Di bulan ramadhan ini tentunya kita sedang menjalani pola hidup baru yang berbeda dengan bulan-bulan di luar ramadhan, diantara:

Bangun di sepertiga malam

Ternyata kita mampu untuk bangun di sepertiga malam--sekitar jam 3 dan 4 pagi, tentunya tujuan kita untuk bangun di dini hari adalah untuk melaksanakan sahur. Tapi alangkah lebih baiknya lagi jika sebelum melaksanakan sahur kita menyempatkan diri untuk mendirikan minimal 2 rakaat sholat tahajjud, dan setelahnya memunajatkan doa yang selama ini ada dalam benak kita.

Melaksanakan sholat sunnah

Tentunya selama di bulan ramadhan ini ada banyak sholat sunnah yang lebih sering kita laksanakan ketimbang di bulan ramadhan, contohnya melaksanakan sholat tahiyatu masjid, dan sholat-sholat rawatib. 

Sholat berjamaah di masjid

Siapa disini yang ketika ramadhan tiba semakin rajin melaksanakan sholat di masjid? Baik lelaki maupun perempuan semuanya semakin rajin melaksanakan sholat berjamaah di masjid. Minimal dalam pelaksanaan sholat tarawih. 

Semakin sering membaca Al-Qur'an

Di hari ke 17 ramadhan ini, adakah yang sudah khatam Al-Qur'an? Atau minimal sudah membaca lebih dari setengah Al-Qur'an. Saya harap semuanya sudah minimal berada di jus 17. Bulan ramadhan adalah bulannya Al-Qur'an, jadi di bulan ini hendaknya kita semakin sering bermua'amalah dengan Al-Qur'an. 

Jika ternyata kita belum sampai pada pertengahan Al-Qur'an, yuk masih ada waktu sebelum ramadhan berakhir, ayo kita sama-sama berjuang lebih keras lagi dalam membaca dan mentaburi Al-Qur'an. Ramadhan ini hendaknya membuat pola hidup yang berbeda, fokus dengan ibadah, fokus untuk berinteraksi dengan Al-Qur'an

Semakin banyak bersedekah

Rasulullah adalah orang yang paling dermawan dan kedermawan beliau berada di titik puncak ketika di bulan ramadhan. Kedermawanan rasulullah lebih luas cakupannya di banding angin yang berhembus. Seyogyanya seorang muslim memiliki pola hidup yang berdea, konsep hidup yang berbeda.

Karena di bulan ramadhan ada banyak orang yang butuh untuk mencukupi kebutuhannya, karena di bulan ini sebagaian manusia sibuk dengan ibadah sehingga memangkas waktu untuk mencari nafkah, sehingga hendaknya kita membantu orang-orang yang seperti ini. 

Menghidupkan qiyamul lail

Sholat tarawih adalah sholat yang secara khusus dilaksanakan pada bulan ramadhan. Sholat tarawih masuk ke dalam rangkaian qiyamul lail yang dilaksanakan stelah pelaksanaan sholat isya. Dengan rutin melaksanakan sholat tarawih, berarti kita juga sedang merutinkan diri untuk melaksanakan qiyamul lail.

Mendengarkan kajian setiap hari

Saat melaksanakan sholat isya yang dirangkaiankan dengan sholat tarawih di masjid, biasanya masjdi mengedakan sesi ceramah untuk mengisi kekosongan di antara sholat isya dan tarawih. Dengan rutin mendengarkan ceramah setiap hari, maka kita juga sedang membiasakn diri untuk mendengarkan kajian setiap hari.

Penutup

Ternyata kita mampu mengubah pola hidup menjadi lebih baik di bulan ramadhan ini. Kita mampu untuk melaksanakan semua ibadah di bulan ramadhan, baik itu ibadah sunnah terlebih lagi ibadah wajib. Kita ternyata juga mampu menyempatkan waktu kita untuk membaca Al-Qur'an dan bangun di sepertiga malam. Masyaa Allah.

Tinggal bagaimana kita mempertahankan pola hidup ini hingga keluar dari bulan ramadhan. Saya berharap kita semua bisa terus mempertahankan pola hidup yang telah kita bangun selama 30 hari di ramadhan ini, hingga setahun yang akan datang. Dan Insyaa Allah kita termasuk kedalam golongan orang-orang yang ibadahnya diterima oleh Allah, Aamiin.

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕