7 Langkah Penerapan Metode Pomodoro dalam Menulis

Bismillahirrahmanirrahim

Melatih untuk bisa memanejemen waktu dengan baik

Saya bukan orang yang bisa mengerjakan sesuatu sampai tuntas dengan sekali duduk--menulis misalnya, saya tidak bisa langsung menyelesaikan sebuah tulisan dengan hanya sekali duduk, perlu waktu bagi saya untuk memilih kata, dll, dan biasanya di tengah aktivitas menulis, saya teralihkan dengan hal lain yang membuat tulisan saya tidak selesai, hehehe.

Untuk mengatasi kelemahan yang satu itu, saya mencari waktu terbaik untuk menulis di mana saya tidak akan terdistraksi dengan apapun, dan waktu terbaik itu saya dapatkan di waktu malam sebelum subuh serta mulai menerapkan teknik pomodoro ketika menulis.

Apa itu pomodoro? Saya sendiri baru mengenal teknik ini sekitar 2 bulanan yang lalu ketika melihat salah seorang sahabat saya membagikan cara belajarnya dengan metode ini, karena penasaran akhirnya saya mulai mencari tahu bagaimana cara kerja metode ini dan menerapkannya, Alhamdulillah ternyata memang sangat bagus untuk diterapkan dalam menyelesaikan semua pekerjaan.

Metode Pomodoro

Metode pomodoro ditemukan oleh Francesco Cirillo seorang mahasiswa asal italia yang mengalami kesulitan dalam belajar--kurang bisa fokus. Pada akhir tahun 1980-an ia akhirnya mengubah metode belajarnya dengan menggunakan interval waktu, dalam melaksanakan metode belajar barunya ini ia membutuhkan alat bantu berupa timer dengan interval berupa istirahat, sehingga dengan menerapkan metode ini ia bisa membuat kondisi fisik dan psikisnya tetap terjaga.


Langkah-langkah dalam Menerapkan Metode Pomodoro

Metode pomodoro ini bisa diterapkan ketika kita hendak belajar atau mengerjakan tugas dan dalam hal ini saya menerpkannya untuk menyelesaikan sebuah tulisan. Dalam menerapkan metode pomodoro ketika menulis, saya harus memperhatikan tujuh langkah berikut ini:

Langkah-langkah dalam Menerapkan Metode Pomodoro

1. Menyiapkan Bahan Tulisan

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah bahan tulisan, dalam hal ini menyiapkan tema dan referensi dari apa yang hendak kita tulis.

2. Menyiapkan Perlengkapan Menulis

Untuk hal ini saya menyiapkan laptop yang biasa saya gunakan dalam mengetik, sebuah buku catatan kecil dan pulpen untuk menuliskan inti dari referensi yang telah saya dapatkan. Menyiapkan perlengkapan ini termasuk menyediakan minuman sebagai teman menulis, heheh.

3. Mengatur Timer Selama 25 Menit

Timer yang biasa saya gunakan adalah timer online dari google search, karena menurut saya penggunaannya lebih praktis karena langsung di laptop yang juga saya gunakan menulis.

4. Menulis dengan Fokus Hingga Timer Berbunyi

Setelah menyetel timer, kita harus fokus mengerjakan apa yang ingin kita kerjakan--yang ingin saya kerjakan adalah menulis, jadi saya harus fokus dalam menulis di 25 menit ini. Jangan terdistraksi dengan hal-hal apapun apalagi sambil nyambi dengan membuka medsos, hahaha.

5. Menghentikan Kerjaan Saat Timer Telah Berbunyi

Setelah timer berbunyi segera hentikan apapun yang kita kerjakan dan tuliskan, walaupun tulisan kita belum selesai. Jika waktu 25 menit tersebut telah habis kita harus berhenti untuk memberi jeda kepada tubuh dan pikiran kita.

6. Beristirahat Selama 5 Menit

Kemudian atur kembali timer selama 5 menit dan berikan waktu kepada tubuh dan pikiran untuk beristirahat--bisa dengan jalan sebentar, merilekskan tubuh, atau kalau saya yah buka media sosial, dan scrolling youtube hehehe.

7. Setelah empat kali mengulang hal yang sama--menulis-istirahat-menulis-istirahat-menulis-istirahat-menulis-istirahat, kita boleh memperpanjang waktu istirahat menjadi 30 menit.

Cuma biasanya dalam mengerjakan sebuah tulisan saya hanya mengulangnya sampai 2 kali, sehingga waktu yang saya gunakan secara keseluruhan dalam menulis yaitu 60 menit, 50 menit (2 x 25) menulis dan 10 menit (2 x 5) beritirahat.

Manfaat Menerapkan Pomodoro

Selama menerapkan metode pomodoro dalam menulis ini saya mendapatkan banyak sekali manfaat diantaranya:

Memaksa saya untuk berkonsentrasi dalam menulis

Seperti yang saya jelaskan di awal, biasanya ketika menulis saya selalu terdistraksi dengan apapun, tetapi setelah menerapkan metode ini saya bisa menjadi lebih fokus dan berkonsentrasi dalam menyelesaikan tulisan, sehingga setelah 2 tahap pomodoro tulisan saya sudah bisa dipastikan selesai, Alhamdulillah.

Bye-bye Menunda

Hehehe ... salah satu manfaat dari metode pomodoro ini adalah, saya jadi lebih termotivasi untuk menyelesaikan tulisan, sehingga tidak ada lagi istilah "menunda" dalam menulis.

Melatih untuk bisa memanejemen waktu dengan baik

Dengan penggunaan timer dan memberikan interval waktu menulis dan istirahat, saya jadi belajar banyak bagaimana cara memanajemen waktu dengan baik, dan memanfaatkannya semaksimal mungkin, Masyaa Allah.

Manfaat Menerapkan Pomodoro

Penutup

Sebagai orang yang susah berkonsentrasi, dengan menerapkan metode pomodoro ini saya sangat terbantu dalam menyelesaikan sebuah tulisan, Alhamdulillah. Karena saya menjadi fokus dengan apa yang sedang saya kerjakan sehingga meminimalisir segala gangguan yang ada, dan satu hal lagi mungkin yang sangat membantu kesuksesan penerapan metode ini adalah pemilihan waktu, yaitu waktu ketika semua anak-anak sedang tidur sehingga 1 jam dalam menulis dengan bantuan penerapan metode pomodoro bisa menjadi lebih efektif dan produktif.


Referensi:

sekolah.mu (2022). Lebih Fokus Belajar dengan Metode Pomodoro. https://www.sekolah.mu/blog/umum/lebih-fokus-belajar-dengan-metode-pomodoro

2 comments

Terima kasih sudah berkunjung. Komentar kalian sangat berarti untuk saya dan blog ini 💕
  1. Halo kak ...
    Bermanfaat sekali artikel tentang Metode Podomoro terutama buat saya yang kesulitan fokus dan suka menunda-nunda saat menulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ... Manfaatnya banyak banget memang pomodoro ini 💕 Aku juga suka kurang fokus 😅

      Delete